8 Fitur iPhone 8 dan iPhone X Ternyata Sudah Ada Lebih Dulu di Android


Apple resmi mengumumkan kehadiran iPhone X dalam acara yang digelar pada Selasa (12/9/2017) di Steve Jobs Theater, kampus Apple Park, Cupertino, Amerika Serikat.

Sebagai penanda ulang tahun ke-10 iPhone, sudah barang tentu iPhone X mengusung sejumlah inovasi baru yang sebelumnya tidak pernah ada di lini iPhone.

Desainnya pun tampak berbeda dibanding produk-produk terdahulu, dengan bagian layar yang nyaris tanpa bingkai dan punggung berlapis kaca.

Meski begitu, sebagian inovasi yang dibawa oleh iPhone X sebenarnya bukan barang baru, tapi sudah pernah hadir sebelumnya di ponsel-ponsel Android.

Apa saja fitur-fitur di iPhone X mencontek smartphone-smartphone flagship Android? Simak dalam daftar yang dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (13/9/2017) berikut ini.

1. Pemindai wajah

Selain sidik jari, bagian wajah belakangan populer dipakai sebagai kunci biometrik untuk mengamankan perangkat. Teknologi face scanning sudah diterapkan Samsung di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang meluncur pada Maret 2017.

Microsoft pun telah ikut menerapkan teknologi sejenis di ranah desktop melalui Windows Hello untuk para pengguna laptop.

Teknologi face scanning ala Apple semestinya lebih maju, karena didukung oleh perusahaan sekuriti biometrik RealFace awal tahun ini, namun kepintarannya mengenali wajah masih harus diuji.

2. Punggung berlapis kaca

Apple mempopulerkan tren smartphone dengan cangkang berbahan logam, namun pabrikan ini bukan yang pertama kali melapis punggung ponsel dengan kaca. Android LG G6 dan seri Samsung Galaxy sudah lebih dulu mengadopsinya.

Rancangan ini bukannya tanpa kelemahan. Selain rentan tergores, punggung smartphone yang berlapis kaca juga mudah kotor terkena noda sidik jari pengguna.

3. Wireless charging dan fast charging

Dua fitur ini sudah menjadi menu mainstream di kalangan smartphone Android. Apple akhirnya ikut nimbrung dan menerapkan teknologi serupa pada iPhone X.

Wireless charging praktis dan simpel, karena tak memakai kabel yang terhubung langsung ke perangkat. Sementara, fast charging mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai.

4. Layar bezel less

Xiaomi Mi Mix yang meluncur tahun lalu tampil mengejutkan karena mengusung konsep layar bezel less. Namun, sebenarnya konsep serupa sudah lebih dulu ditunjukkan Sharp lewat seri Aquos pada 2014.

Ponsel-ponsel flagship Android masa kini pun banyak mengusung layar bezel less. Tampilan iPhone X dalam hal ini mirip dengan Essential Phone, smartphone Android rancangan Google, karena memiliki panel atas yang menjorok ke dalam layar untuk menampung modul kamera depan.

5. Layar AMOLED

Selama bertahun-tahun, iPhone selalu memakai layar berjenis LCD, bukan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang lebih cerah dan fleksibel. Belakangan, pabrikan Android kelas menengah seperti Asus pun sudah mulai beralih ke AMOLED.

Apple lalu ikut serta. Layar AMOLED biasanya dibuat oleh duo pabrikan Korea, LG dan Samsung. Keduanya sudah sejak lama memakai layar OLED di produk masing-masing.

6. Augmented Reality (AR)

Seperti halnya layar bezel less, Augmented Reality (AR) adalah tren teknologi yang masih relatif baru di dunia smartphone. Dua pabrikan Android, yakni Lenovo (Phab 2 Pro) dan Asus (ZenFone AR) mulai menawarkan fitur AR ke konsumen mainstream. Lenovo sejak pertengahan 2016 lalu, sementara Asus pada awal 2017.

Apple sempat menunjukkan teaser teknologi AR besutannya pada konferensi WWDC 2017 beberapa bulan lalu. Ketimbang Virtual Reality, Apple memang lebih tertarik pada AR yang menggabungkan aneka grafis dan informasi komputer dengan dunia nyata.

7. Kamera ganda

Pada April 2014, HTC One M8 memperkenalkan konsep dua kamera yang bisa menyimulasikan efek Depth-of-Field (latar belakang yang buram) layaknya kamera DSLR. Semenjak itu mulai banyak bermunculan ponsel kamera ganda.


Smartphone kamera ganda pertama dari Apple adalah iPhone 7 Plus yang diperkenalkan genap setahun lalu, dengan memasangkan kamera dengan lensa wide angle dan kamera kedua berlensa short telephoto.

8. Tanpa tombol home

iPhone X tak memiliki ruang untuk tombol home fisik karena hampir seluruh bagian depannya terdiri dari layar. Fungsi tombol ini pun digantikan oleh gestur gerakan jari menyapu layar dari bawah, baik untuk membangunkan perangkat maupun kembali ke layar home.


Pabrikan-pabrikan Android belakangan juga telah banyak “melenyapkan” tombol home fisik dari muka perangkat, demi memperoleh tampilan layar yang lebih lebar. Terbaru adalah Samsung galaxy Note 8 dan Xiaomi Mi Mix 2.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar