Setelah Facebook, Instagram akan Lakukan Hal yang Sama Dengan WhatsApp


Oktober 2017 lalu, Instagram meluncurkan kemampuan cross-posting, yang memungkinkan pengguna mengunggah foto atau video Insta Stories secara langsung ke Facebook lewat Instagram.

Fitur serupa agaknya akan segera diterapkan untuk WhatsApp, karena Instagram diketahui tengah menguji coba fitur cross-posting Stories ke fitur serupa di WhatsApp, yakni Status.

Uji coba cross-posting foto/video Stories antara Instagram dan WhatsApp Status kabarnya melibatkan segelintir pengguna di beberapa negara, antara lain Brazil dan Portugis.

Tampilan antarmuka cross-posting Stories Instagram ke WhatsApp pun sudah mulai beredar di internet. Salah satunya bisa dilihat di foto di samping.

Nantinya, saat hendak mengunggah Stories di Instagram, pengguna akan diberikan opsi untuk "share" posting ke WhatsApp Status.

Pengguna tetap harus menekan "send" di WhatsApp untuk mengunggah Stories dari Instagram.

Begitu berada di WhatsApp, unggahan Stories akan diperlakukan menurut standar WhatsApp, yakni dilindungi dengan enkripsi dan bakal terhapus setelah 24 jam.

"Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman di Instagram, dan membuat pengguna lebih mudah berbagi momen," sebut seorang juru bicara Instagram ketika dimintai keterangan oleh TechCrunch, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (5/1/2018).

Sejak diperkenalkan pada 2016, Stories yang dijiplak dari Snapchat telah menjadi salah satu fitur terpopuler di Instagram dengan lebih dari 300 juta pengguna aktif harian, per November 2017.

Setelah Instagram, fitur foto/video Stories kemudian menyusul hadir di Facebook dan WhatsApp. Di WhatsApp, fitur ini diberi nama Status.

Dengan mengembangkan kemampuan cross-posting ke WhatsApp, Instagram mungkin berharap bisa meningkatkan trafik, sekaligus mendorong angka penggunaan fitur Status di WhatsApp.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar