7 Cara Tepat Merawat Kaos Polos Favorit Kamu

7 Cara Tepat Merawat Kaos Polos Favorit Kamu

Kaos polos tidak pernah absen menjadi salah satu kamulan dalam berpenampilan. Simple, murah dan mudah didapat menjadikan kaos ini tetap menjadi item favorit sepanjang masa. Lebih dari itu kaos polos ini memang nyaman dipakai dan membuat penampilan tetap menarik dilihat. Namun ukuran nyaman dan tidak nyaman ini biasanya juga dipengaruhi oleh bahan kaos itu sendiri.

Bahan kaos polos memang bervariasi. Namun yang paling banyak dicari adalah 100% cotton. Kain jenis ini tidak membuat gerah saat memakainya karena dapat menyerap keringat dengan baik. Tapi, meski menjadi kaos kamulan, kaos polos ini juga harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan bahannya tidak rusak. 

Inilah cara merawat kaos polos favorit kamu.

1. Pisahkan dengan pakaian lain

Kaos polos adalah kaos yang hanya menggunakan satu warna. Jadi untuk menghindari resiko kelunturan pakaian lainnya, kamu harus memilah dan memisahkan kaos polos dengan pakaian lainnya.

Apalagi jika kaos berwarna putih dimana lebih mudah kotor dan terlihat mencolok ketika kelunturan. Jadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jangan mencuci kaos polos dengan jenis-jenis pakaian lainnya ya.

2. Rendam secukupnya

Mungkin kamu adalah tipe orang yang tidak merasa lega jika mencuci tanpa merendam pakaian lebih dulu. Tidak masalah asal kamu tahu persis durasi untuk merendam pakaian tersebut. Sama halnya ketika mencuci kaos polos ini, kamu tidak boleh merendamnya terlalu lama agar serat kain tidak rusak. 

3. Jangan pakai pemutih kecuali terpaksa

Pemutih menjadi pilihan untuk membuat kaos polos putih menjadi kinclong seperti baru. Tapi, penting untuk diketahui bahwa pemutih ini dapat membuat kaos menjadi tipis dan kasar. Jadi sebaiknya kamu tidak perlu menggunakan pemutih, kecuali benar-benar terpaksa seperti karena ada noda membandel pada kaos.

4. Hindari menyikat kaos

Merawat kaos polos murah ini juga termasuk dalam cara mencucinya. Biasanya sikat cuci menjadi kamulan untuk menghilangkan noda membandel pada kaos atau pakaian. Tapi kali ini kamu tidak perlu menggunakannya untuk menyikat kaos. 

Mengapa? Sebab kaos umumnya terbuat dari kain katun dengan tekstur yang lembut. Jadi saat kamu menyikatnya, ini akan membuat serat dan tekstur kaos menjadi rusak. Oleh karena itu kucek dan peras secukupnya supaya kualitas kain kaos tetap bagus.

5. Jangan dijemur menggantung

Selama ini kebanyakan orang menjemur kaos atau pakaian dengan hanger. Tapi untuk kaos ini tidak disarankan dijemur menggantung. Kaos yang digantung dengan hanger akan membuat bagian kerah atau leher kaos menjadi melar. Hal ini mengingat kaos menjadi berat ketika basah. 

6. Menjemur terbalik

Sama seperti ketika menjemur jenis lainnya, untuk kaos polos juga harus dijemur dengan terbalik. Terbalik disini maksudnya adalah bagian dalam menghadap ke luar dan sebaliknya. Tujuannya menjemur terbalik ini ialah untuk menjaga kualitas warna kaos agar tidak pudar karena terkena sinar matahari.

7. Cuci pakai tangan

Sedikitnya waktu luang membuat kamu lebih memilih mencuci dengan mesin cuci. Padahal aktivitas ini justru membuat pakaian mudah rusak. Apalagi jika kamu mencuci kaos polos dengan mesin cuci, tekstur halus dan lembut kain katun ini bisa berubah menjadi kasar. Tidak ingin kaos favorit kamu rusak bukan? Jadi cucilah kaos secara manual ya.

Itulah 7 cara merawat kaos polos favorit kamu supaya tetap awet. Meski kaos polos ini cenderung dijual dengan harga murah, bukan berarti kamu boleh asal-asalan ketika merawatnya. Untuk itu jangan lupa terapkan hal-hal di atas agar kaos polos kesayangan berumur panjang.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar