Selasa, 08 Mei 2018

Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan

Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan

Bubur adalah makanan yang digemari oleh semua orang. Selain itu juga, bubur adalah makanan yang baik untuk percernaan. Dari banyak generasi bisa memakannya. Salah satu contohnya adalah untuk bayi. Bayi membutuhkan nutrisi lebih untuk tubuhnya. Selain ASI pada bayi usia 6 bulan memerlukan makanan pendamping atau makanan tambahan agar nutrisinya semakin tercukupi. Dalam hal ini, pendamping ASI disebut MPASI yang diberikan karena proses pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna.

Selain menambah nutrisi untuk bayi, hal ini berfungsi agar bayi bisa mengenal makanan selain ASI. Pertama adalah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya. Sebaiknya makanan untuk bayi merupakan buatan sendiri untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan. Berikut adalah bahan makanan yang dapat dipakai untuk membuat bubur Bayi 6 bulan.
  • Jambu Wortel. Cara membuatnya cukuplah mudah dengan menghaluskan jambu merah kemudian merebus wortel menggunakan air lalu tuangkan pada mangkok yang telah berisi jambu lunak lalu aduk lagi dan siap di sajikan pada bayi. Kombinasi buah jambu wortel tentu mempunyai kandungan yang lebih lengkap lagi misalnya saja vitamin A dan C, karbohidrat, Serat dan kalsium.
  • Brokoli Susu. Bayi perlu dibiasakan makan dengan sayur – sayuran untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Sayuran yang bisa dicoba adalah dengan brokoli. Apabila kesulitan dalam mencari sayuran brokoli bisa juga menggantinya dengan bayam ataupun daun sawi. Agar semakin bergizi dan enak dapat ditambahkan susu formula atau ASI pada bubur tersebut. Cara membuatnya dengan cara menghaluskan dan blender lalu tambahkan susu.
  • Pure Kacang merah. Kacang merah lebih mudah didapatkan ternyata nilai gizi nya lebih baik. Cara memasak bubur kacang merah dengan merebusnya hingga lunak dan saring untuk mendapatkan tekstur yang benar – benar lembut dan tambahkan susu untuk menambah nafsu makan si bayi.
  • Buah pisang. Pisang adalah buah yang mengandung nutrisi yang sangat tinggi untuk bayi. Selain itu juga, hampir semua orang menyukainya baik dan gampang untuk dicerna oleh perut. Nutrisi yang terkandung pada buah pisang antara lain vitamin A, fosfor, asam folat dan kalsium.
  • Wortel. Sejak dulu banyak yang merekomendasikan ini untuk proses pengenalan makanan pada bayi. Kandungan yang ada pada sayur ini ada sumber vitamin A dan mineral yang tinggi.
  • Buah pepaya. Buah pepaya begitu banyak mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu pepaya banyak mengandung nutrisi seperti zat besi dan asam folat untuk membantu proses perkembangan otak. Begitu juga kandungan kalsium dan zink yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada tulang.
  • Buah alpukat. Buah alpukat mengandung vitamin A & C, kalsium, dan magnesium. Nutrisi dalam buah alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bagi bayi.
  • Buah pir. Bayi disarankan untuk mengkonsumsi gula dan garam agar bisa bisa merasakan rasa alami. Nah hal tersebut bisa didapat dari buah pir. Buah pir memiliki kandungan cukup manis yang mana tidak perlu tambahan gula.
  • Bubur Susu. Bubur ini dapat dibuat sendiri dengan bahan tepung beras merah dan tambahan susu. Tepung beras merah mengandung lebih banyak nutrisi dibandingan bila kamu membuat bubur susu berbahan dasar beras putih.
  • Ubi Jalar. Ubi jalar merupakan makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, zat besi serta vitamin A, E, dan C untuk membatu proses pertumbuhan.

Itulah kesepuluh bubur yang bisa ibu buat untuk bayi usia 6 bulan. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar