Bingung Kenapa Aki tekor terus? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya

Aki motor
sumber : google.com
Accu akumulator adalah salah satu bagian terpenting sepeda motor. Aki digunakan sebagai tempat menyuplai urusan kelistrikan pada motor. Jika aki mengalami kerusakan, maka tentunya akan berakibat pula pada motor kamu dan aktivitas juga akan terganggu.

Kamu yang biasanya akan menghidupkan sepeda motor hanya tinggal menekan tombol starter dibarengi dengan gas, karena masalah aki kini harus memutar tuas engkol yang berada di samping kanan sepeda motor, yang pasti membutuhkan banyak tenaga.

Terlebih lagi jika sepeda motor kamu berjenis matic, maka masalah aki motor matic  akan sangat merepotkan karena harus menurunkan standar tengah untuk dapat menghidupkan sepeda motor.

Salah satu cara yang mungkin akan kamu lakukan adalah mengganti aki nya dengan aki baru sehingga masalah akan selesai. Tapi percayalah, dengan begitu kamu menjadi tahu cara mengatasinya ketika suatu saat kamu mengalami hal tersebut kembali.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya dan merasa bingung mengapa bisa terjadi tekor pada aki? Apa yang menjadi penyebabnya? Lalu, bagaimana yang seharusnya kamu lakukan? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Kebersihan Aki Kurang terjaga

Kebersihan Aki Kurang terjaga
sumber : otospector.com
Masalah kebersihan menjadi masalah penting dimana saja, tidak terkecuali kebersihan aki motor matic. Karena aki bersifat kimia maka jika kebersihannya tidak terjaga akan dengan mudah berkarat dan meninggalkan plak/bekas. Sehingga hal ini membuat motor sulit di-starter dan terpaksa kamu harus menggunakan starter engkol.

Langkah yang bisa kamu lakukan yaitu, selain membersihkan bagian luar motor atau mencuci motor. Kamu juga harus membersihkan bagian mesin secara berkala, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas, taburan vaseline dan lap basah, sehingga bisa membersihkan dengan menjangkaunya sampai ke dalam tidak hanya bagian luar saja.

2. Lepas atau Rusaknya Pengikat dan sekrup

Lepas atau Rusaknya Pengikat dan sekrup
sumber : youtube.com
Aki sebagai penyuplai listrik pada sepeda motor dibantu oleh kabel untuk menyalurkan listrik ke setiap sudut sepeda motormu. Jadi, apabila pengikat atau sekrup mengalami lepas atau malah rusak tentu saja akan menghambat bahkan menghentikan aliran listrik pada motor kamu.

Dan, apabila tidak segera diatasi lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada aki motor. Untuk itu, lakukanlah pengecekan setiap hari sebelum kamu memakai sepeda motor.

Baca juga: Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Agar Mobil Tetap Awet

3. Kiprok Rusak

Kiprok rusak
sumber : otosae.com
Tahukah kamu apakah kiprok itu? Kiprok bisa dikatakan sebagai cas yang mengatur aliran listrik ke aki atau bisa disebut juga nyawanya aki. Jadi, bisa dibayangkan jika cas atau nyawanya saja rusak maka akinya pun akan mengalami gangguan. Untuk mengecek ada atau tidaknya kerusakan pada kiprok, kamu bisa mencoba dengan menghidupkan sepeda motor dan lampu.

Apabila setelah di gas dengan kecepatan 4000-5000 tegangan listrik berada dibawah 14 volt maka kemungkinan besar kiprok sepeda motor kamu mengalami kerusakan.

4. Kapasitas Listrik Berkurang

Kapasitas Listrik Berkurang
sumber : tribunnews.com
Jika sepeda motor kamu jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan dalam waktu yang lama bukan malah awet tapi akan merusak mesin meskipun tidak digunakan.  Kerusakan yang mungkin terjadi adalah akan berkurangnya muatan listrik pada aki. Pada umumnya, sepeda motor bermuatan listrik sekitar 3 ampere, dan memiliki tegangan 12 volt.

Sama hal nya dengan manusia, aki juga memiliki umur atau lama waktu pemakain yaitu sekitar 1 sampai 2 tahun. Jika sudah melebihi waktu tersebut mungkin saja aki motor matic kamu sudah tua atau sudah saatnya diganti. Jangan lupa saat ganti aki catat tanggalnya agar kamu tau estimasi waktu selanjutnya untuk menggantinya kembali.

5. Lampu Sepeda Motor Dimodifikasi

Lampu Sepeda Motor Dimodifikasi
sumber : kumparan.com
Demi menunjang penampilan sepeda motor kamu yang keren, tidak sedikit yang melakukan modifikasi pada lampu sepeda motor. Masalah yang mungkin muncul adalah aki motor cepat tekor, hal ini sangat mungkin terjadi apalagi aki motor matic. Penyebabnya karena lampu motor yang di modifikasi memerlukan aliran listrik yang banyak, sehingga mau tidak mau aki bekerja lebih ekstra.

Melakukan modifikasi agar sepeda motor terlihat keren memang menggembirakan tapi sesuaikan dengan kebutuhan, pertimbangkan pula muatan arus listriknya. Jangan sampai demi memenuhi keinginan kamu malah berakibat fatal membuat sepeda motormu rusak.

Itu tadi beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi mengenai aki motor matic. Lakukanlah pengecekan secara rutin agar masalah di atas tidak terjadi dan aki sepeda motor kamu tetap awet. Sekali-kali bawa sepeda motor kamu ke bengkel resmi atau bengkel langgananmu untuk mengecek kondisi semuanya.

Jika kamu tengah mengalami salah satu hal di atas, Tidak ada salahnya mencoba tips di atas meskipun terlihat mudah semoga saja bisa membantu, karena mengingat sangat pentingnya peran aki tidak ada salahnya mencegah daripada mengobati. Jika aki rusak maka semua fungsi sepeda motor akan terganggu dan selanjutnya mengganggu aktivitas kamu pula.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar