Indonesia adalah salah satu negara yang sangat memperhatikan pendidikan bagi masyarakatnya. Bahkan di Indonesia fakultas kedokteran menjadi wadah yang memang didesain bagi masyarakat yang tertarik untuk mendalami ilmu kedokteran. Meskipun banyak yang mengatakan mahal, nyatanya di bawah ini ada beberapa universitas dengan biaya fakultas kedokteran termurah di Indonesia. 

Biaya Fakultas Bidang Kedokteran Termudah pada Universitas di Indonesia 

1. Universitas Tarumanegara (Sekitar 588 Juta)

Biaya universitas kedokteran yang bisa dikatakan menawarkan biaya cukup murah salah satunya adalah tarumanegara. Dimana universitas yang satu ini dikenal memiliki kualitas yang bagus, sehingga juga sebanding dengan biaya yang ditawarkan dengan harga yang tergolong bersahabat untuk ranah pendidikan.

Untuk rincian harga yang ditawarkan disini antara lain adalah dana sumbangan pengembangan pendidikan bakal dibanderol sekitar 350 juta rupiah. Lalu untuk dana per SKS aka di tarik sekitar 3 juta rupiah dan biaya penyelenggaraan pendidikan kurang lebih 25 juta rupiah. Sehingga untuk total biaya per semester di fakultas kedokteran ini akan dikenakan iuran sebesar 34 juta. Dan jika sudah selesai semua sekitar 588 juta.

2. Universitas Islam Indonesia (Sekitar 376 Juta)

Kini beralih di Universitas Islam Indonesia. biaya yang bakal anda keluarkan untuk pendidikan di kedokteran juga masih tergolong sangat bersahabat. Melihat kedokteran menjadi bagian yang favorit bagi generasi muda. dan tidak dipungkiri, bahwasannya UII ini masuk universitas terbaik di Indonesia.

Rincian biaya yang akan naa keluarga untuk pendidikan di fakultas kedokteran UII ini nanti antara lain biaya catur dharma kurang lebih sekitar 195 hingga 245 juta rupiah. Kemudian anda juga bakal dikenakan biaya pembinaan pendidikan sekitar 23 sampai dengan 42 juta rupiah. Lalu untuk estimasi biaya kuliah yang harus dikeluarkan hingga lulus yaitu sekitar 376 juta rupiah.

3. Universitas Pelita Harapan (634 juta)

Pasti sudah banyak yang tahu bukan dengan universitas pelita harapan? Jadi universitas yang satu adalah salah satu kampus swasta yang menawarkan rincian biaya fakultas kedokteran dengan harga yang terjangkau. Meskipun kenyataannya masih tergolong baru, namun fakultas kedokteran di Pelita Harapan ini sudah membangun jaringan dengan tingkat nasional hingga internasional. 

Jangan salah, untuk universitas swasta yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan keberadaan rumah sakit pendidikan yang diberi nama Rumah sakit Umum Siloam. Untuk lokasinya sendiri ada di kawasan Lippo Village tangerang Banten. Dan pastinya untuk praktek mahasiswa dari fakultas bidang kedokteran sudah difasilitasi sedemikian rupa.

Lalu bagaimana dengan rincian pendidikannya? Jadi untuk rincian pendidikan yang harus di keluarga dalam mengemban ilmu di fakultas pendidikan ini di mulai dari biaya pendaftaran sekitar 135 juta dengan biaya per semesternya sekitar 22 juta. Lalu untuk SKS kira-kira biaya yang dikeluarkan yaitu 900 ribu. Sehingga untuk total hingga lulus sekitar 634 juta rupiah.

4. Universitas YARSI (300 Juta)

Biaya untuk jenjang pendidikan di fakultas kedokteran termurah lainnya yaitu di universitas YARSI. Dimana untuk kampus ini sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas untuk menunjang pendidikan seperti skills lab, laboratorium ruang tutorial, RSU YARI, dan lainnya. Meskipun begitu untuk biaya hingga lulus masih tergolong murah sekitar 300 juta saja. 

Kesimpulan yang bisa diambil dari paparan di atas adalah, bahwasannya ada empat biaya fakultas bidang kedokteran termudah pada universitas di indonesia yang bisa menjadi pilihan. Keempat biaya tersebut mulai dari Universitas tarumanegara sekitar 588 juta hingga yang terakhir Universitas YARSI sekitar 300 juta saja.