Saat ini, Anda bisa temukan stiker label terbaik dengan lebih mudah. Soalnya, ada banyak perusahaan yang melayani print stiker label berkualitas seperti KDS Label yang sudah berpengalaman dalam menghasilkan label berkualitas tinggi. Menggunakan label dengan kualitas tinggi ini sangat penting, mengingat label memainkan peran penting dalam branding.

Bicara soal branding, tentu logo menjadi salah satu aspek penting yang juga perlu Anda perhatikan. Akan tetapi, mana yang lebih penting: label atau logo? Dan pertanyaan yang lebih utama: apa perbedaan antara label dan logo?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak dulu penjelasan di bawah ini. Selamat membaca!

Pengertian Logo

Logo adalah simbol yang digunakan untuk mengenali sebuah brand/merek atau perusahaan di mata masyarakat dengan menggunakan kombinasi warna, font, serta gambar. Dengan begitu, logo bisa menunjukkan identitas visual yang mewakili sebuah brand. 

Contoh penggunaan logo ini sangat mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika Anda melihat logo Coca-Cola berupa teks (font) berwarna merah, Anda bisa dengan mudah mengenalinya sebagai brand Coca-Cola.

Di samping itu, ketika Anda melihat logo berbentuk apel tergigit, Anda akan langsung mengenalinya sebagai logo Apple Inc., bahkan meskipun tidak ada teks yang menuliskan “Apple” di samping atau di bawah logo tersebut. Hal yang sama juga Anda alami ketika melihat logo Nike, kan?

Pengertian Label

Sementara itu, label merupakan sesuatu yang melekat atau menempel pada sebuah produk untuk memberikan beragam informasi mengenai produk tersebut. Dan pada label, logo brand atau perusahaan dari produk tersebut harus selalu tercetak dan terlihat dengan jelas.

Fungsi dari sebuah label sendiri sangat beragam. Akan tetapi, fungsi utamanya adalah untuk menyediakan informasi mengenai produk bagi konsumen maupun calon konsumen. 

Label juga dapat berfungsi sebagai elemen yang memengaruhi kesan pertama konsumen dan calon konsumen terhadap suatu produk. Oleh karena itu, umumnya label perlu memiliki desain yang secara visual menarik serta unik, dan pastinya dapat mengomunikasikan pesan dari brand tersebut.

Kesimpulan

Di titik ini, Anda barangkali sudah bisa menyimpulkan bahwa baik logo dan label sama-sama berperan penting. Tak hanya itu saja, keduanya juga memiliki tugas yang serupa, yaitu untuk mempromosikan suatu brand.

Hanya saja, bedanya logo merupakan penanda visual simbolis untuk perusahaan atau brand. Sementara itu, label digunakan untuk menyajikan informasi penting mengenai produk atau jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan atau brand.

Oleh karena itu, setelah Anda membuat desain logo yang unik dan menarik sebagai tanda identitas bisnis, Anda juga perlu pertimbangkan desain label yang sama-sama menarik dan juga informatif. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda memahami perbedaan serta peran label dan logo bagi bisnis dengan lebih baik, ya!