Selasa, 01 Januari 2019

Manfaat Quinoa untuk Menjaga Kesehatan Diabetes!


Manfaat Quinoa untuk Menjaga Kesehatan Diabetes!

Manfaat Quinoa untuk Menjaga Kesehatan Diabetes! Penderita diabetes (penderita diabetes) harus benar-benar menjalani diet dengan meminta gula agar tetap normal. Tidak perlu bingung ketika meminta dokter mengurangi makan nasi. Alasannya, Anda dapat beralih ke quinoa, salah satu makanan terbaik untuk pasien diabetes yang sehat dan memenuhi kebutuhan. Apa manfaat quinoa bagi penderita diabetes?

Sekilas tentang Quinoa

Saat ini, Quinoa sangat populer sebagai pengganti beras. Banyak sekali Manfaat Quinoa bagi kesehatan sebab, Quinoa diduga memiliki nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, lebih bagi penderita diabetes. Sebenarnya, quinoa bukanlah kelompok biji-bijian, tetapi lebih untuk sereal pseudo. Ini yang merupakan tanaman yang diproses dan dikonsumsi sebagai sereal dan biji-bijian.

Namun, jika dilihat mengandung nutrisi, quinoa masih dianggap sebagai gandum utuh yang dapat digunakan sebagai makanan pokok alternatif, baik nasi putih, roti, atau pasta. Dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain, mengandung lebih banyak protein, antioksidan, mineral, dan serat. Quinoa juga bebas gluten, alias bebas gluten, sehingga sangat aman bagi Anda yang mengandung gluten dari gandum atau penyakit Celiac.

Manfaat Quinoa dalam Mengendalikan Diabetes

Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah musuh terbesar penderita diabetes. Semakin tinggi indeks glikemik dalam makanan, semakin cepat makanan dicerna dan gula darah meningkat. Masalah diabetes Anda semakin buruk.

Mengonsumsi quinoa dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu mengendalikan gula, terutama pada orang yang membutuhkan diabetes. Ini karena manfaat quinoa sendiri dilihat dari kasiatnya  memiliki indeks glikemik 53. Yang berarti cukup rendah dibandingkan dengan makanan pokok lainnya sehingga tidak akan membuat gula darah naik dengan cepat.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang konten tabungan. Setiap 100 gram kuinoa matang mengandung sekitar 21,3 gram karbohidrat. Sementara pada dosis yang sama, nasi putih mengandung sekitar 28,73 gram, yang lebih tinggi dari quinoa. Terlebih lagi, nasi putih adalah makanan lain yang memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga pengaruhnya terhadap peningkatan kadar gula sangat cepat.

Adakah Manfaat Quinoa Lainnya untuk Kesehatan Kita?

Manfaat quinoa tidak berhenti di situ saja. Dikutip dari Healthline, menurutnya makanan sehat ini dapat  mengandung semua jenis asam amino esensial. Ini membuat Kuinoa lebih kaya nutrisi karena kandungan proteinnya sangat lengkap dibandingkan biji-bijian lainnya. Kandungan serat yang tinggi dalam quinoa dapat mempercepat proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Tidak hanya membuat Anda cepat kenyang, itu juga dapat membuat Anda lebih mudah.

Panduan makan yang aman untuk penderita diabetes

Setelah mengetahui manfaat quinoa untuk penderita diabetes, Anda tidak perlu ragu untuk mengganti nasi putih dengan quinoa. Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan cepat, karena jika tidak Quinoa membuat Anda kenyang lebih cepat.

Dalam menyajikannya satu porsi quinoa ini bisa sebagai menu sarapan sehat, Anda hanya membutuhkan sepertiga cangkir atau sekitar 76 gram quinoa matang. Setiap porsi quinoa mengandung 15 gram gula yang aman untuk gula darah Anda.

Cara membuatnya sama ketika Anda memasak nasi. Cukup campurkan 1 cangkir quinoa dengan 2 gelas udara, lalu didihkan selama 10 hingga 15 menit sampai quinoa mengembang. Tanda bahwa quinoa dilepaskan adalah kulit ketika quinoa mulai terlepas dari biji-bijian.

Untuk membuatnya lebih lezat dan menggugah selera, tambahkan buah-buahan, sayuran, atau kacang ke dalam semangkuk quinoa. Jika Anda masih bingung harus makan banyak quinoa dalam sehari, mintalah bantuan ahli gizi untuk mengukurnya. Demikianlah ulasan yang  bisa Anda simak tentang manfaat quinoa ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca ulasan ini.

0 komentar:

Posting Komentar