Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Agar Mobil Tetap Awet

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Agar Mobil Tetap Awet

Jika anda memiliki kendaraan, baik itu mobil untuk keperluan pribadi, kebutuhan kantor, untuk usaha seperti jasa sewa mobil atau untuk kebutuhan tour, tentu mengharapkan kondisi armada tersebut dalam keadaan prima dan layak untuk dipakai. 

Untuk itulah perlu perawatan khusus armada tersebut agar bisa merasa nyaman dan aman di perjalanan, sejumlah tips cara merawat mesin mobil, perlu anda lakukan untuk menjaga kondisi kendaraan agar tetap bagus dan prima, baik itu kendaraan yang masih baru, apalagi kendaraan bekas.

Jika tidak sanggup merawat mobil kamu, alangkah baiknya percayakan pada ahlinya, misalnya bengkel online atau pun bengkel terdekat rumah kamu. Namun agar mobil baru kamu selalu awet dan nyaman dipakai kapanpun. Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan diantaranya :

Jangan melebihi batas muatan

Setiap kali memuat penumpang atau barang ke mobilmu, sebaiknya kamu perhatikan batas muatan maksimalnya. Jangan sampai melebihi batas beban tonase yang sudah ditentukan pada mobilmu.

Perlu kamu tau, memuat beban yang berlebih bisa memperpendek umur komponen mesin dan onderdil mobil kamu. Kenapa? Karena ketika memuat beban di atas batas maksimal, mesin mobil akan dipaksa untuk bekerja lebih keras. Jadi hindarilah untuk membawa muatan yang melebihi batas muatan yang sudah ditentukan ya!

Gunakan posisi transmisi gigi secara tepat

Artinya sesuaikan transmisi gigi sesuai dengan kecepatan kamu menyetir. Gak mungkin juga kan kamu nyetir dengan kecepatan di atas 50 km/jam pakai posisi gigi 1 ataupun sebaliknya.

Pada intinya gunakan posisi gigi sesuai dengan batas kecepatannya. Supaya semua gigi percepatannya bisa bekerja dengan baik dan juga akan berpengaruh baik untuk bagian lainnya seperti kopling dan rem.

Kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang tidak rata

Memang, jalanan di Indonesia sudah banyak yang diaspal mulus sehingga memberi kenyamanan bagi pengguna jalannya. Tapi tidak semua daerah-daerah di Indonesia mempunyai jalanan yang mulus. Masih banyak yang belum diaspal, kalaupun sudah diaspal tapi gak sebagus dengan kualitas aspal di jalan-jalan protokol di kota-kota besar. Alhasil sering berakibat pada mengelupasnya aspal di jalan-jalan tersebut.

Tentu hal tersebut bisa menjadi masalah besar bagi penggunanya, tak terkecuali buat pengemudi mobil. Meskipun mobil baru masih mempunyai sistem suspensi yang bagus. Tetapi jika terus-menerus melewati jalan yang tidak rata ditambah melaju dengan kecepatan tinggi akan berakibat buruk bagi sistem suspensi mobil kita.

Bersihkan bagian tubuh dalam dan luar mobil

Merawat mesin supaya kinerjanya selalu normal merupakan hal yang sangat penting. Tapi kamu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian-bagian mobil baik interior maupun eksterior. Karena ini juga sama pentingnya dengan merawat mesin mobil.

Siapa sih yang gak pengen mobilnya setiap hari kelihatan seperti baru? Tiap pemilik pasti menginginkannya, termasuk kamu. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kebersihannya, dengan cara seperti membersihkan bagian bawah pintu, kap mesin, seluruh bagian luar maupun dalam mobil, atau spatbornya. Sehingga kamu akan selalu merasa nyaman ketika memakainya dan merasa kondisi mobil kamu selalu baru.

Lakukan servis secara teratur

Kalau sudah punya mobil baru jangan sampai lupa untuk diservis secara berkala. Karena hal ini adalah anjuran dari pabrikan mobil kamu. Pihak pabrikan ataupun penjual menganjurkan agar mobil diservis secara teratur atau berkala bukan tanpa alasan. Jika kamu malas untuk keluar rumah, hubungi saja bengkel mercy yang memiliki mekanik panggilan yang memungkinkan kamu untuk bisa melakukan perawatan dan perbaikan di mana pun. 

Salah satu alasannya adalah supaya kondisi mobil selalu dalam kondisi terbaik setiap akan dipakai. Dan ini akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin mobil kamu.

Posting Komentar untuk "Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Agar Mobil Tetap Awet"

banner
banner