Meningkatkan Kesadaran Pentingnya SDM Unggul Demi Indonesia Produktif

SDM Unggul Demi Indonesia Produktif

Pemerintah saat ini memperhatikan dengan serius tentang pembangunan SDM di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk menciptakan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera. Kadin Indonesia mendukung penuh langkah pemerintah untuk menciptakan SDM yang unggul. Dengan cara ini, maka SDM bisa memenuhi permintaan dunia Industri saat ini.

Penciptaan SDM yang unggul tidak semata mata merupakan tugas pemerintah, namun hal ini merupakan tugas semua pihak. Dalam permasalahan perdagangan, Kadin menjadi wadah untuk menampung segala aspirasi wirausaha. Dengan penanaman jiwa usaha pada setiap orang, maka Indonesia bisa menjadi lebih produktif dan lebih maju.

Pembangunan SDM, Fokus Pemerintahan Jokowi

Setelah sebelumnya fokus membangun infrastruktur, pada periode kedua ini Jokowi memutuskan untuk fokus pada pembangunan SDM. Hal ini disampaikan dalam Rembuk Nasional Pendidikan pada tahun lalu. Jokowi mengatakan bahwa banyak negara maju yang ternyata tidak memiliki SDA sekaya yang Indonesia miliki saat ini.

Indonesia terkenal dengan kekayaan SDA yang sangat berlimpah, namun hal ini tidak cukup jika SDM tidak mampu mengelolanya. Bagaimana SDA ini bisa diolah dengan baik sehingga mampu memberikan nilai ekonomis, oleh sebab itu dibutuhkan SDM yang kompeten. Pemerintah juga sudah menyediakan wadah pengembangan UKM di berbagai tempat.

Kadin Indonesia turut ambil bagian dalam pengembangan UKM dengan memberikan pelatihan dan menjadi wadah berkumpul. Tentu bukan hal yang mudah jika seseorang ingin melakukan usaha. Namun dengan bantuan yang tepat kegiatan berwirausaha tentu akan menjadi salah satu tombak perekonomian yang baik. 

Pentingnya SDM yang Unggul

Seperti diketahui, banyak negara maju di seluruh dunia yang ternyata tidak memiliki SDA yang kaya. Namun mereka mampu memanfaatkan SDM dengan sangat baik sehingga mampu menjadi yang terbaik. Indonesia sebenarnya tidak kekurangan SDA maupun SDM. Namun, kualitas SDM kita memang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. 

Menyadari hal ini, sebenarnya Indonesia sudah memiliki banyak kelebihan seperti SDA dan jumlah tenaga kerja. Namun, kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri masih kurang. Maka dari itu, semua pihak perlu menyadari pentingnya SDM yang unggul untuk membuat Indonesia lebih maju lagi. SDM yang unggul adalah kunci kesuksesan negara. 

SDM tidak hanya unggul, namun juga harus berpikiran cerdas dan kreatif. Masyarakat Indonesia diharapkan mampu membuat berbagai inovasi terkait dengan berbagai hal yang ada. Kepekaan terhadap lingkungan membuat orang orang akan lebih kreatif dan menemukan solusi untuk berbagai permasalahan yang ada. 

Menciptakan Indonesia Produktif melalui pembangunan SDM

Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi yang kuat jika Indonesia lebih produktif lagi. Tingkat pengangguran rendah serta jumlah wirausaha yang terus berkembang menjadi salah satu indikatornya. Oleh karena itu, Kadin mengajak seluruh masyarakat untuk dapat melakukan usaha sendiri. Dengan berwirausaha, maka perekonomian dapat meningkat.

Menjadi negara yang produktif tentu harus memanfaatkan SDM yang ada, tentu SDM yang berkualitas. Dengan SDM unggul ini, Indonesia bisa memanfaatkan kekayaan yang ada untuk kepentingan masyarakat. Indonesia bisa mandiri dan tidak bergantung kepada negara negara lain untuk memenuhi kebutuhan sendiri. 

Masyarakat, pemerintah dan semua pihak tentu harus menyadari pentingnya SDM ini dan menciptakan Indonesia lebih produktif. Kadin Indonesia memiliki tugas untuk mengoptimalkan bisnis dan wirausaha yang ada di Indonesia. Semakin berkembangnya wirausaha, maka tingkat pengangguran lebih rendah dan kesejahteraan lebih terasa. 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar