Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Kamis, 28 Januari 2021

Kamis, Januari 28, 2021 | ,    Berkomentar
6 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Gratis 2021

Aplikasi perekam layar PC menjadi salah satu aplikasi yang seringkali terlupakan untuk diinstal oleh sebagian besar pengguna komputer. Padahal aplikasi yang satu ini fungsinya cukup penting untuk beberapa kesempatan seperti membuat video tutorial, merekam game, presentasi, dan keperluan lainnya. 

Saat ini ada banyak aplikasi perekam layar PC yang bisa digunakan, dimana masing masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Bingung mau pilih aplikasi perekam layar PC yang mana? Jangan khawatir, berikut dibawah ini ada rekomendasi 6 aplikasi perekam layar PC terbaik dan gratis yang bisa dicoba ditahun 2021 ini, diantaranya yaitu : 

1. Open Broadcaster Software (OBS Studio) 

Open Broadcaster Software atau biasa disebut OBS Studio merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC terbaik tanpa watermark. Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform, sehingga kamu bisa memasangnya di Windows, OSX, atau GNU/Linux. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk merekam video atau broadcast video ke berbagai situs online secara langsung (live streaming). 

2. TinyTake

Aplikasi perekam layar PC yang dikembangkan oleh developer MangoApps ini meski gratis tetapi dibekali fitur fitur menarik dan bermanfaat. Seperti ada opsi untuk merekam seluruh layar atau area tertentu saja, zoom in/zoom out, fitur anotasi, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi sayangnya untuk versi gratis dari TinyTake ini hanya mampu merekam layar hingga durasi 5 menit saja, sedangkan untuk versi berbayar mampu merekam layar hingga 120 menit. 

3. Action !

Action ! adalah aplikasi perekam layar PC terbaik yang mampu melakukan streaming secara real time dan merekam video yang sangat baik pada resolusi HD. Aplikasi ini memiliki fitur esensial seperti merekam video atau suara. Di aplikasi canggih ini juga bisa ditemukan fitur unik lainnya. Selain itu ada juga fitur untuk mengambil gambar secara cepat atau screenshot yang cocok digunakan oleh mereka yang ingin mengambil gambar untuk membuat tutorial. 

4. WM Capture

Aplikasi WM Capture memiliki kelebihan dimana penggunanya bisa dengan mudah merekam video pada bagian layar tertentu dan memiliki fitur schedule recording. Dengan begitu, pengguna bisa menjadwalkan kapan layar PC memulai rekaman. Sehingga pengguna bisa mengatur supaya aplikasi perekam layar PC ini berjalan otomatis, jadi pengguna tidak perlu repot repot lagi menekan tombol Record. 

5. XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster ini sesuai dengan namanya merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC yang paling mudah dan populer digunakan banyak gamer. Kelebihan yang ditawarkan aplikasi gratis ini adalah memiliki fitur streaming yang bisa diandalkan. Aplikasi ini mampu melakukan streaming saat kamu sedang bermain game dengan lancar dan sangat stabil. Dengan hanya menekan satu tombol saja, kamu sudah mulai bisa merekam. Menariknya lagi, aplikasi ini akan mengonfigurasi pengaturan yang sesuai dengan PC yang digunakan. 

6. ShareX

Aplikasi ShareX ini pastinya disukai oleh mereka yang tengah mencari aplikasi perekam layar PC tanpa watermark. Aplikasi open source ini menyediakan berbagai macam fitur pendukung seperti fitur anotasi hingga berbagai cara perekaman layar yang sangat beragam. Selain itu juga aplikasi perekam layar PC Windows 10 ini memungkinkan para penggunanya bisa merekam layar tanpa batas waktu serta menyimpannya kedalam format GIF. 

Selain itu masih ada aplikasi perekam layar PC terbaik dan gratis lainnya yang bisa dicoba ditahun 2021 yaitu DXTory sebuah aplikasi perekam layar PC ringan dengan antarmuka dan pengaturan yang sangat sederhana. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar