wolipop.detik.com

Pernikahan menjadi dambaan bagi setiap orang yang masih berstatus lajang. Ya, jelas demikian, sebab membangun rumah tangga merupakan salah satu tujuan hidup bagi umat manusia. 

Dalam ajaran agama Islam, membina rumah tangga adalah bentuk ibadah yang paling panjang. Pasalnya, pernikahan itu berlaku untuk seumur hidup. Bagi calon pengantin baru, tentu saja mereka harus memanjatkan doa agar mendapatkan keberkahan. 

Bahkan doa untuk pengantin juga harus dipanjatkan oleh kedua orang tua, anggota keluarga lain, kerabat, sahabat, hingga tamu undangan. Nah, berikut di bawah ini ada beragam bacaan doa bagi pengantin beserta artinya:

  • Doa Untuk Pengantin 

"Barakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khayrin"

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.“ (HR. Abu Daud no. 2130)

  • Doa Setelah Akad Nikah

"Allahumma innii as aluka min khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi"

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.“ (HR. Abu Daud no. 2160).

  • Doa yang Harus Diucapkan Oleh Tamu Undangan 

"Allahummag fir lahum war hamhum wa baarik lahum fiiy maa rozaqtahum"

Artinya : “Ya Allah, ampunilah mereka sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad lV/187-188)

"Allahumma at’im man at’amaniiy wasqiman saqqoniiy"

Artinya : “Ya Allah, berikanlah makanan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055).

  • Doa Sebelum Berhubungan Intim

"Bismillah, Allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa"

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.“ (HR. Bukhari no. 6399 & Muslim no. 1434).

  • Doa Meminta Keturunan yang Soleh

"Robbi hab lii minash-shoolihiin"

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (QS. As-Shafat ayat 100).

Adab Malam Pertama Sesuai Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

1. Membersihkan Badan Terlebih Dahulu

Sebelum berhubungan intim, disarankan bagi pasangan suami istri untuk membersihkan badan atau mandi terlebih dulu. Pasalnya, pengantin baru telah berdiri seharian penuh untuk menyambut tamu undangan sehingga membuat tubuh terasa lelah. Dengan mandi terlebih dulu, maka kondisi tubuh menjadi lebih bugar, segar, dan wangi. 

2. Membersihkan Gigi

Ketika mandi, bagian gigi juga harus disikat dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi sampai bersih. Hal ini berlaku bagi pasangan suami dan istri sebelum berhubungan badan. 

3. Berdandan & Memakai Parfum

Poin yang satu dikhususkan bagi para istri setelah selesai mandi saat hendak berhubungan badan dengan suaminya. Dengan menghias diri dan menggunakan parfum, tentu saja si suami akan lebih tertarik pada sang istri. 

4. Menunaikan Sholat Sunnah Dua Rakaat

Pasangan suami istri dianjurkan menunaikan sholat sunnah sebanyak dua rakaat sebelum berhubungan badan. Hal ini dilakukan untuk membuat suasana lebih mencair dan tidak kaku. 

5. Adab-adab Lainya

  • Memberi salam kepada istri
  • Saling bercengkrama atau bergurau
  • Berdoa untuk sang istri
  • Membaca doa sebelum berhubungan intim. 

Nah, itulah beberapa adab malam pertama yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam