Tips AC Mobil Lebih Dingin, Otoklix Ulas Caranya

duitpintar.com

Kinerja AC atau air conditioner semakin lama akan semakin menurun performanya seiring bertambahnya usia kendaraan. Tak ayal jika penumpang mengeluh kalau AC di dalam mobil tidak lagi dingin. Nah, berikut ini adalah beberapa tips AC mobil lebih dingin.

Fungsi AC

AC merupakan komponen penting yang harus ada pada mobil. Pasalnya, part ini sangat vital untuk menunjang kenyamanan seluruh penumpang di dalam mobil saat berkendara. Tanpa AC, seluruh penumpang di dalam mobil bakal terkena suhu panas sehingga berkendara menjadi tidak nyaman.

Apabila AC sudah tidak dingin, bisa jadi ada komponen yang sudah rusak dan harus segera diganti. Jangan pernah mencoba mengganti komponen AC sendiri dan lebih baik membawa mobil ke bengkel sehingga bisa ditangani oleh mekanik handal. Tapi, ada sejumlah tips AC mobil lebih dingin. Berikut penjelasannya.

Menyalakan AC Setelah Menghidupkan Mobil

Tips AC mobil lebih dingin yang pertama yakni menyalakan AC saat pertama kali menghidupkan mobil. Pasalnya, semakin mesin mobil berputar, semakin cepat juga kompresor AC bekerja. Sehingga, AC mobil menjadi lebih cepat dingin.

Namun, jangan pernah membiarkan AC menyala terlalu lama maupun saat mobil tidak bergerak. Setelah AC menyala, sebaiknya mobil langsung segera dikemudikan agar gas buang AC tidak masuk ke dalam mobil yang membuat udara kabin menjadi tidak sehat.

Setel Suhu Paling Rendah

Seperti kita tahu, suhu yang rendah membuat udara di sekitar menjadi dingin. Maka itu, setelah menyalakan AC mobil sebaiknya atur suhu serendah mungkin. Biasanya, suhu terendah pada mobil berada di angka 16'C. 

Namun, ada juga mobil yang indikator suhunya berupa knop bar berwarna merah dan biru. Putar knop tersebut ke arah bar bergaris biru.

Jangan Pakai Mode Sirkulasi Ulang

Sebaiknya matikan mode sirkulasi ulang jika Anda membawa penumpang di kursi belakang. Pasalnya, sirkulasi ini hanya membuat udara dingin di kursi paling depan saja. Sementara kursi belakang mendapatkan udara yang panas. Sehingga, membuat sistem pendingin tidak bekerja maksimal.

Matikan Stop/Start Button 

Hampir semua mobil keluaran baru dibekali fitur start/stop otomatis. Nah, tips AC mobil lebih dingin berikutnya adalah menonaktifkan sistem tersebut. Selain untuk menghemat bahan bakat, dengan mematikan sistem ini bisa membuat kompresor AC mobil tidak bekerja saat mesin dimatikan.

Dalam cuaca yang sangat panas, Anda akan menyadari kurangnya udara sejuk dengan sangat cepat, terutama jika terjebak di lampu lalu lintas yang lama, atau lalu lintas yang hampir tidak bergerak. 

Filter AC dalam Kondisi Bersih 

Pastikan filter AC dalam keadaan bersih. Periksalah komponen tersebut secara. Filter yang kotor akan menghambat sirkulasi udara yang optimal, sehingga AC mobil tidak dingin. 

Pada mobil-mobil keluaran baru, filter ini relatif mudah untuk diperiksa. Jika Anda melihat banyak kotoran menumpuk di atasnya, itu saat yang tepat untuk membersihkan bagian tersebut. Anda dapat menghemat uang jika dapat mengganti filter sendiri. Di beberapa mobil modern, filter dapat diakses melalui belakang gloves.

Cara Membersihkan AC Mobil

Sebenarnya ada banyak cara untuk membersihkan AC mobil sendiri. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan AC mobil sendiri, bisa dilakukan di bengkel AC mobil terdekat dan terpercaya. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan AC mobil sendiri.

Matikan mobil dan parkir di tempat bersih

Cara membersihkan AC mobil yang pertama adalah memastikan kendaraan dalam kondisi mati. Demi keamanan dan keselamatan, mobil harus dalam kondisi mati. Pasalnya, saat membersihkan AC mobil kamu akan membersihkan bagian evaporator AC mobil. 

Seperti diketahui, bagian ini menjadi tempat mengalirnya udara sebelum diubah dari panas menjadi dingin. Setelah dibersihkan, kotoran-kotoran yang lolos dari filter udara akan tersaring dan berkumpul di komponen ini.

Selain itu, pastikan kendaraan di parkir di tempat bersih dan tidak berdebu. Karena pada saat membersihkan evaporator, udara di sekitar harus bersih sehingga tidak masuk bagian evaporator AC mobil.

Gunakan cairan pembersih khusus AC Mobil

Cara membersihkan AC mobil selanjutnya dengan menggunakan cairan khusus pembersih AC mobil atau AC cleaner. Saat membersihkan komponen AC mobil, terdapat bagian yang sulit dijangkau seperti kisi-kisi maupun evaporator AC. Untuk membersihkan bagian-bagian ini, ada beberapa komponen yang harus dicopot.

Maka itu, penggunaan cairan AC cleaner bisa dilakukan meski tidak sepenuhnya efektif membersihkan seluruh komponen AC mobil. AC cleaner banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merek dan jenis. Disarankan untuk memilih AC cleaner berbentuk semprot yang memiliki kandungan busa atau foam.

Bersihkan kisi-kisi dan filter AC mobil

Setelah memastikan dua langkah di atas, selanjutnya cara membersihkan AC mobil bisa memulai dengan membersihkan kotoran pada kisi-kisi AC mobil yang ada di kabin. Kamu bisa menyemprotkan bagian kisi-kisi dengan cairan AC cleaner agar kotoran di sela-selanya bisa rontok.

Setelah itu, bersihkan bagian filter AC mobil yang ada di bawah dashboard sebelah kiri atau di balik laci mobil. Setelahnya, buka bagian atas filter AC mobil lalu keluarkan filternya. Semprot filter AC mobil dengan AC cleaner dan sikat bagian permukaannya.

Kalau filter AC sudah terasa sangat kotor, lebih baik diganti dengan yang baru. Harga filter AC mobil cukup terjangkau yakni tersedia mulai dari Rp50 ribu.

Bersihkan evaporator AC mobil

Setelah membersihkan bagian kisi-kisi dan filter Ac mobil, cara membersihkan mobil selanjutnya adalah membersihkan bagian evaporator AC mobil. Evaporator ini merupakan bagian akhir sistem pendingin sebelum udara segar keluar di ruang kabin mobil.

Bagian ini harus rutin dibersihkan karena kotoran juga menempel di komponen tersebut jika tidak tersaring dengan baik di bagian filter AC mobil. Cara membersihkan komponen ini yang paling mudah yakni dengan melepaskannya lebih dulu.

Selain itu, membersihkan evaporator AC mobil bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan AC Cleaner ke permukaan yang kotor dan menyekanya dengan brush atau sikat gigi di sela-selanya agar kotorannya terlepas.

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak itu sebuah pilihan yang baik :)

Lebih baru Lebih lama