Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Renovasi Apartemen, Wajib Perhatikan Hal Ini

Renovasi apartemen

Kini banyak anak muda maupun berkeluarga yang memilih tinggal di apartemen karena dinilai lebih praktis dan efisien untuk dijadikan hunian. Meski tersedia fasilitas yang memadai, namun bentuk hunian apartemen yang monoton seringkali membuat penghuni merasa bosan. Banyak penghuni apartemen yang ingin merenovasi apartemennya untuk menciptakan suasana yang baru dan sesuai impian. 

Dengan merenovasi apartemen, penghuni akan lebih nyaman menempatinya dan memenuhi berbagai kebutuhan. Namun seringkali keinginan tersebut harus tertunda karena modal untuk renovasi apartemen terbilang besar atau mahal. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau KTA dari perbankan bisa menjadi solusinya. 

Melalui pinjaman KTA, Anda bisa mendapat tambahan modal untuk renovasi apartemen. Namun renovasi apartemen tidak sebebas merenovasi rumah tapak, sebab ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Oleh karena itu Anda perlu tahu tips renovasi apartemen dan cara mengatur budget-nya. 

Tips Renovasi Apartemen

Sebagai hunian yang berada dalam satu unit gedung, renovasi apartemen tidak boleh dilakukan secara asal-asalan atau sebebasnya. Agar tidak salah langkah saat renovasi apartemen, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini.

1. Meminta Izin Manajemen Apartemen

Langkah awal yang harus Anda lakukan ketika ingin renovasi apartemen adalah memberitahukannya kepada pihak manajemen apartemen terlebih dahulu. Tindakan ini menjadi suatu keharusan, karena proses renovasi tidak dapat dilaksanakan tanpa adanya izin dari manajemen.

Renovasi biasanya melibatkan pekerja konstruksi yang memerlukan akses ke dalam unit apartemen, sementara akses ini hanya dapat diberikan oleh manajemen. Selain itu, renovasi sering kali membuat kebisingan yang bisa mengganggu penghuni lainnya. Itulah mengapa pihak manajemen perlu diberitahu terlebih dahulu. 

Biasanya manajemen akan memberikan formulir renovasi kepada pemilik unit yang akan melakukan perbaikan. Formulir ini berisi informasi terkait skala pekerjaan, durasi pengerjaan, dan waktu harian yang diizinkan untuk kegiatan konstruksi. 

2. Perhatikan Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Direnovasi

Berbeda dengan rumah tapak yang dapat direnovasi sesuai keinginan pemiliknya, renovasi apartemen harus sesuai dengan aturan gedung. Sebagai contoh, Anda tidak dapat memperluas unit apartemen di luar batas area yang sudah ditentukan. Beberapa gedung apartemen juga mungkin melarang penghuni untuk mengubah tata letak ruanganya. 

Untuk menghindari masalah dengan manajemen gedung yang dapat mengakibatkan denda atau sanksi, Anda perlu mengetahui batasan-batasan yang boleh dilakukan dalam renovasi apartemen. Pastikan bahwa proyek renovasi yang Anda rencanakan masih sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh manajemen apartemen.

3. Menentukan Area Renovasi dan Desainnya

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah menentukan area renovasi dan desainnya. Apartemen berada dalam satu gedung dan unit-unitnya berdekatan, sehingga Anda perlu memastikan bahwa renovasi berjalan dengan efisien dan secepat mungkin. Jangan sampai perubahan atau perbaikan ruangan Anda mengganggu tetangga apartemen Anda. 
image 2

Renovasi apartemen

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menentukan area yang akan direnovasi dan merencanakan desainnya dengan baik sebelum memulai pekerjaan. Dengan cara ini maka waktu pengerjaan dapat efektif dan terhindar dari keluhan tetangga serta manajemen apartemen.

4. Pastikan Proses Renovasi Berjalan Sesuai Waktu yang Ditentukan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manajemen apartemen biasanya menetapkan jadwal khusus untuk pelaksanaan renovasi. Misalnya pekerjaan konstruksi hanya boleh dilakukan dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Renovasi yang dilakukan di luar jadwal yang telah ditentukan dapat mengakibatkan penghentian paksa atau dikenakan denda. 

Jadi pastikan proses renovasi berlangsung sesuai dengan jadwal, sehingga tidak mengganggu aktivitas tetangga maupun kenyamanan Anda. Selain itu, Anda juga punya cukup waktu untuk membersihkan apartemen setiap setelah pekerjaan selesai.

5. Memperhatikan Kebersihan Apartemen

Selain suara yang bising, renovasi hunian selalu menghasilkan debu dan kotoran. Hal ini bisa menjadi masalah dalam renovasi apartemen karena ruangannya lebih kecil dibandingkan rumah tapak. Oleh karena itu, Anda juga perlu memikirkan langkah-langkah untuk mengatasi debu dan kotoran yang ditimbulkan. 

Anda bisa melindungi semua perabotan di dalam ruangan Anda menggunakan kain atau terpal agar tidak terpapar debu. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan atau memindahkan semua perabotan di ruangan yang tidak terkena dampak renovasi.

6. Memilih Kontraktor yang Sudah Berpengalaman

Pemilihan kontraktor atau jasa renovasi apartemen juga harus dipertimbangkan secara matang. Sebaiknya pilih kontraktor yang telah berpengalaman dalam merenovasi unit apartemen. Kontraktor tersebut dijamin sudah paham prosedur dan aturan dalam renovasi apartemen. 

Struktur dan tata letak ruangan apartemen juga berbeda dengan rumah tapak, sehingga pengerjaan harus dilakukan oleh kontraktor yang sudah berpengalaman. Tujuannya agar menghindari potensi kesalahan teknis, seperti memutuskan jaringan listrik atau merusak saluran air tanpa sengaja.

Cara Mengatur Budget Renovasi Apartemen

Berikut ini beberapa tips atau cara mengatur budget renovasi apartemen yang bisa Anda terapkan: 

1. Memilih Vendor yang Sesuai

Memilih vendor merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses renovasi apartemen. Pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor yang tepat demi kesuksesan dan kelancaran renovasi. Sebaiknya pilih vendor yang sudah berpengalaman merenovasi apartemen dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Setelah memilih vendor atau kontraktor, selanjutnya Anda perlu memperhitungkan biaya untuk membayar jasanya. Diskusikan secara terperinci mengenai total biaya renovasi dengan vendor. 

2. Membuat List Kebutuhan Renovasi

Renovasi apartemen akan melibatkan banyak aspek yang semuanya memerlukan pengeluaran dana. Untuk memudahkan pengaturan anggaran renovasi, Anda harus menyusun daftar kebutuhan secara terperinci. Catatlah semua barang atau item yang harus dibeli dalam proyek renovasi ini. 

Selain itu, pastikan Anda juga mencantumkan jumlah uang yang diperlukan untuk setiap kebutuhan tersebut. Dalam hal ini, Anda juga dapat berdiskusi dengan vendor untuk mengetahui barang-barang dan kebutuhan renovasi apa yang diperlukan. 

3. Menentukan Batasan Renovasi

Tips lain yang tak boleh Anda lewatkan adalah menentukan batasan renovasi. Cara ini dapat mencegah pembengkakan anggaran renovasi. Mulailah dengan menentukan batasan renovasi yang ingin dilakukan pada apartemen. Tentukan area mana yang akan direnovasi dan apa yang akan diubah. Tanpa batasan, biaya renovasi rawan meningkat atau melampaui anggaran. 

4. Memilih Furniture Sesuai Budget

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempertimbangkan jenis furnitur yang akan dipilih. Segera alokasikan dana untuk memilih furnitur yang sesuai kebutuhan Anda. Anggaran untuk furnitur juga dapat lebih besar dibanding pengeluaran renovasi. Oleh karena itu, penting untuk berpikir matang dalam memilih furnitur yang sesuai kebutuhan dan anggaran yang telah ditetapkan. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Renovasi Apartemen

Setelah membaca tips di atas pastinya Anda sudah punya gambaran untuk renovasi apartemen. Merenovasi apartemen menjadi hunian impian memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli material, perlengkapan, hingga membayar jasa kontraktor. Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau KTA dari perbankan untuk mendapat tambahan modal renovasi. 

Salah satu pinjaman uang tanpa jaminan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan untuk renovasi apartemen sesuai keinginan Anda dan keluarga. Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai pinjaman tanpa jaminan PermataKTA, Anda bisa cek di sini.

Posting Komentar untuk "Tips Renovasi Apartemen, Wajib Perhatikan Hal Ini"

banner
banner