Kamis, 20 Desember 2018

Dampak Kekurangan Vitamin B kompleks Bagi Tubuh

Dampak Kekurangan Vitamin B kompleks Bagi Tubuh

Untuk mekanisme kekebalan di dalam tubuh kita selalu terjaga, tubuh kita membutuhkan asupan banyak vitamin. Semua vitamin sangat bagus sekali untuk kesehatan seluruh anggota tubuh kita. Seperti vitamin A, vitamn B, Vitamin C, Vitamin D, dan vitamin vitamin lainnya. Tubuh kita sendiri memang sudah sangat sedeemikian sempurnanya telah dirancang oleh tuhan sang maha pencipta. Bersyukurlah kita selagi diberi fisik tubuh yang sempurna. Namun tubuh yang sempurna ini pun tidak bisa menghasilkan vitamin sendiri. Tubuh memerlukan asupan-asupan makanan. Makanlah makanan-makanan yang mengandung vitamin agar tubuh kita dirawat dan diberikan nutrisi agar selalu sehat, agar selalu bugar, dan agar selalu fit. Tentunya juga agar bisa menjaga anugrah tubuh dari tuhan yang maha esa.

Semua makanan yang mengandung vitamin baik vitamin A, vitamin B, vitamin B kompleks, vitamin C dan seterusnya. Sangat diperlukan sekali untuk tubuh. Vitamin-vitamin berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari hari vitamin bisa berasal dari makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, telur, daging, kacang-kacanga, susu, keju, dan makanan-makanan masih banyak lainnya. Tentunya makanan yang sehat. mudah sekali kita menemukan banyak makanan yang mengandung banyak vitamin. Makanan-makanan itupun juga tersedia ada di sekitar kita dan juga disediakan oleh tuhan yang maha esa. Tuhan menciptakan sayur-sayuran, buah-buahan, daging-daging, kacang-kacangan tak lain dan tak bukan adalah antara lain untuk member kita agar dimakan dan agar memenuhi kebutuhan dasar kita, selain mengenyangkan perut. Juga tentunya sebagai vitamin penunjang untuk kesehatan, metabolisme, dan juga system-system saraf dalam tubuh.

Dari sekian banyak vitamin yang harus dikonsumsi setiap hari. salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks yaitu adalah  itu adalah vitamin yang terdiri beberapa jenis vitamin. Vitamin-vitamin itu antara lain adalah, vitamin B 1 atau dengan sebutan thiamin. Vitamin B 2 atau juga disebut dengan riboflavin. Vitamin B 3 atau juga disebut dengan niacin. Vitamin B 5 atau biasa disebut dengan asam pantotenant. Vitamin B 6 atau biasa disebut dengan istilah pridoksial. Vitamin B 7 atau biasa disebut dengan biotin. Vitamin B 9 atau biasa disebut dengan asal folat.

Dari semua beberapa vitamin B di atas, vitamin ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks adalah vitamin gabungan dari semua vitamin B. vitamin B di atas memiliki kesamaan yang sama yaitu dalam sifat. Semua vitamin B di atas adalah vitamin yang mudah larut dalam air kecuali vitamin B 12. Karena tubuh kita adalah sebagian besar dari air, jika tubuh kita mengalami kelebihan vitamin B 12, maka otomatis tubuh akan mengeluarkan langsung vitamin ini. tubuh kita sendiri tidak bisa memproduksi vitamin. Vitamin bisa didapatkan dari makanan-makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Vitamin B ini biasanya bisa kita temukan di berbagai makanan baik dari hewani ataupun nabati. Namun yang terbaik adalah yang berasal dari produk hewani. Vitamin B ini biasanya akan kurang banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet vegetarian atau diet tidak makan daging. Sebenarnya memang bagus juga untuk orang-orang yang berdiet vegetarian. Namun alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi secara imbang baik vegetarian dan hewaninya. Karena biasanya, para pelaku diet vegetarian ini akan mengalami kekurangan vitamin B. Pertanyaan yang bagus adalah bagaimana jika tubuh kita mengalami kekurangan vitamin B. apa dampak nya, dan apa saja resiko nya.

Yup, anda sangat cocok sekali membaca artikel ini, semoga sangat membantu dan bisa bermanfaat setelah anda membaca artikel ini. berikut adalah beberapa dampak atau akibat  jika kekurangan vitamin B Kompleks.  Simak baik baik ya. Salah satu dampak atau akibat yang pertama jika kekurangan vitamin B kompleks ini adalah masalah kulit. Karena vitamin ini adalah sangat bermanfaat untuk kulit. Jika tubuh anda mengalami kekurangan vitamin ini, maka akan terlihat kulit anda kering, pecah-pecah juga kulit yang sangat mudah memar dan tergores padahal hanya digaruk hanya sekali. Kulitpun juga akan Nampak pucat, kering, dan juga terlihat tidak segar dan tidak enak dipandang. Lalu wajah otomatis akan terlihat sayu dan tampak tidak bergairah.

Jika kekurangan vitamin B pada tubuh anda, biasanya juga akan berdampak pada masalah stamina dan performa tubuh anda. akibatnya menjadi mudah lelah, dan mudah capek. Tidak fit dan kurang bertenaga. Selain karena penyakit anemia, ternyata kekurangan vitamin B juga akan mengalami penderitaan tubuh yang mudah lelah dan gampang capek. Yang sering dirasakan biasanya yaitu adalah otot yang terasa mudah lemah, sering kedutan, dan lebih bahayanya kekurangan vitamin B ini juga berdampak pada nyeri di bagian sendi-sendi, mudah kesemutan  dan mati rasa pada bagian-bagian tubuh seperti tangan dan kaki. hal seperti ini tentunya akan mengganggu aktifitas dan rutinitas tubuh anda sehari-hari.

Lalu, dampak kekurangan vitamin B kompleks yang berbahaya adalah pada ibu yang sedang mengandung. Karena akan beresiko bayi lahir cacat. Sangat tidak disarankan kepada ibu yang sedang dan ingin berencana hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B, terlebih konsumsilah vitamin B 9 atau biasa disebut dengan nama asam folat. Asam folat ini berperan sekali dalam membantu perkembangan bayi agar lebih optimal dan sempurna. Perbanyaklah makan makanan yang banyak mengandung asam folat atau B 9 saat anda hamil agar menghindari resiko bayi lahir cacat.  

Lebih gampang bingung dan mudah sekali cemas juga bisa menjadi salah satu faktor akibat kurang konsumsi vitamin B kompleks ini. kemudian dampak lainnya jika kekurangan vitamin B kompleks ini adalah penyakit Beri-beri. Jika anda kekurangan vitamin ini, anda akan beresiko tinggi terkena penyakit beri-beri. Karena vitamin B 1 adalah memiliki peran yang bagus untuk mencegah penyakit beri-beri ini. manfaatnya antara lain adalah sebagai penyeimbang air dan juga berperan menyerap air dan lemak dari usus.

Katarak, Anemia, dan sembelit juga dampak yang berbahaya jika tubuh anda mengalami banyak kekurangan vitamin B kompleks ini. B kompleks juga sangat baik untuk kesehatan mata, kesehatan sel-sel saraf dalam tubuh, dan sebagai pembantu metabolisme dalam tubuh. Jadi sangat baik mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B ini agar menghindari segala penyakit di atas. Bahkan ada beberapa kasus kekurangan vitamin B kompleks yang menyebabkan anemia dan pada akhirnya berujung pada kematian karena tidak segera ditangani dan diobati. Gunakan dan manfaatkanlah kesehatan ini dengan baik. lebih baik mencegah daripada mengobati, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin agar sehat selalu. 

0 komentar:

Posting Komentar