Rabu, 30 Januari 2019

5 Tahap Tumbuh Kembang Bayi yang Penting untuk Diketahui Para Orang Tua

5 Tahap Tumbuh Kembang Bayi yang Penting untuk Diketahui Para Orang Tua

Tahap tumbuh kembang bayi terbagi ke dalam beberapa bagian. Setiap bagian atau tahap dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan bagian yang penting dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi juga berjalan sesuai dengan usia si bayi itu sendiri dan tidak dapat di pandang sama untuk setiap bayi.

Semua orang tua tentu berharap bayi mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Melihat bayi mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai tahap usia merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Karena itulah, apapun akan berusaha dilakukan demi mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan sang bayi.

Seperti kita tahu bahwa bayi akan mengalami banyak perubahan dalam dirinya sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan yang dilalui. Sebagai orang tua, tentu saja Anda harus paham apa saja proses atau tahap pertumbuhan yang harus dilalui oleh bayi Anda. Kali ini kita akan membahas mengenai tahap penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua proses yang berjalan berdampingan. Keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Dalam setiap tahap usia, setiap bayi akan mengalami perubahan-perubahan yang berhubungan dengan proses bertumbuh dan berkembang.

Berikut adalah 5 tahap penting yang seharusnya terjadi ketika bayi Anda sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan :

1. Tengkurap
Tengkurap menjadi salah satu tahap penting yang menAndai proses tumbuh kembang seorang bayi. Biasanya ketika bayi sudah bisa tengkurap maka proses pertumbuhan dan perkembangan lainnya akan segera menyusul dengan lancar. Proses tengkurap ini biasanya terjadi pada usia bayi 3 sampai 4 bulan, namun bisa bervariasi untuk setiap anak.

2. Duduk
Setelah tengkurap, maka tahap tumbuh kembang bayi lain yang biasanya dinantikan oleh orang tua adalah bayi mereka bisa duduk. Awalnya memang bayi akan duduk dengan disangga terlebih dahulu baru kemudian secara perlahan bayi bisa lebih kuat dan mampu duduk tanpa perlu disangga atau dibantu oleh kedua orang tuanya. Biasanya bayi bisa duduk pada usia 5 hingga 6 bulan.

3. Merangkak
Selanjutnya, merangkak menjadi salah satu proses penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Merangkak juga menjadi salah satu proses yang mendampingi anak untuk mengekplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya. Biasanya bayi bisa mulai merangkak pada usia 7 hingga 8 bulan atau bisa juga lebih awal dan lebih lambat.

4. Berdiri
Berdiri juga menjadi tahap penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Jika otot dan tulang anak sudah cukup kuat untuk duduk tanpa sAndaran maka orang tua berharap anak mereka bisa berdiri dengan tegap tanpa bantuan. Biasanya anak bisa berdiri dengan tegap pada usia 1 tahun namun ada juga yang kurang maupun lebih.

5. Melangkah
Setelah bisa berdiri tegap maka anak akan mulai belajar untuk melangkah. Jika anak bisa berdiri lebih awal, maka diharapkan ia juga bisa mulai melangkah sendiri lebih awal. Namun, jika terjadi keterlambatan pada bayi Anda untuk melangkah, jangan panik dulu karena setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda-beda.

Itulah tadi 5 tahap tumbuh kembang bayi yang akan dilalui oleh si kecil. Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk mendampingi dan membimbing bayi di setiap tahap penting tersebut. Jangan lepaskan tanggung jawab Anda dan jangan panik jika bayi mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Pastikan untuk tetap mendampingi anak Anda dengan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar