Rabu, 30 Januari 2019

4 Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang Efektif

4 Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang Efektif

Cara mengatasi gusi berdarah yang bisa diterapkan cukup banyak. Namun biasanya radang pada gusi akan kambuh karena penderita tidak bisa mengubah kebiasaan buruknya. Kebiasaan buruk itu seperti merokok, karena merokok ini bisa menyebabkan gusi lebih rawan tergores dan kandungan pada rokok bisa menyebabkan proses penyembuhan luka tersebut menjadi lama. Lalu kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang juga bisa menyebabkan gigi rusak dan gusi tergores.

Belum lagi jika sikat gigi yang digunakan memiliki bulu sikat yang keras dan jarang diganti, tentu ini bisa merusak gusi dan membuat gusi berdarah. Namun pada dasarnya gusi berdarah disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga. Karena kebersihan mulut yang buruk akan meninggalkan plak di gigi dan menjadi sarang bakteri. Plak ini kemudian menjadi karang gigi dan bisa merusak gusi.

Berbagai Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Ada berbagai cara sebenarnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gusi yang berdarah. Caranya tidaklah sulit, Anda bisa melakukanya tanpa pergi ke dokter, fokus utama di sini adalah menjaga kebersihan mulut, apa sajakah itu?

1. Berkumur Dengan Air Dingin
Ketika gusi berdarah, hal pertama yang bisa menghentikan pendarahan adalah penyempitan pembuluh darah. Dengan berkumur menggunakan air dingin, ini akan merangsang penyempitan pembuluh darah dan memperlambat laju darah ke area yang terluka. Hal ini juga berguna untuk mencegah zat penyebab radang ke permukaan agar tidak terlalu nyeri.

Jika darahnya takut tertelan, Anda bisa menggunakan kantong isi es batu dan aplikasikan kompre es batu ini ke gusi yang berdarah. Angkat kompresnya setelah 15 menitan, berikan jeda sepuluh menit sebelum dikompres lagi.

2. Sikat Gigi Lebih Rajin
Terkadang bila gusi sudah terasa sakit, nyeri dan berdarah, rasanya malas sekali bila harus sikat gigi. Tapi sikat gigi tidak boleh ditinggalkan. Kebersihan mulut dan gigi merupakan kunci dari gusi yang sehat. Karena kebersihan mulut yang buruk bisa membuat radang gusi jadi semakin parah, sehingga gusi jadi mudah berdarah.

Gosoklah gigi secara perlahan, jangan terlalu keras dan gunakan bulu sikat yang ujungnya lembut. Jika diperlukan, gunakan pasta gigi mengandung fluoride.

3. Makan Makanan yang Mengandung Vitamin C dan K
Jika gusi akhir-akhir ini sering berdarah, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi banyak buah buahan yang mengandung vitamin C. Seperti buah mangga, jeruk, jambu, tomat, dan lainnya. Hal ini karena vitamin C sangat berguna untuk menjaga sistem imun. Apabila imunitas tubuh meningkat, nantinya gusi juga akan kebal terhadap bakteri yang masuk dari luka. Ini adalah cara mengatasi gusi berdarah yang efektif.

Makan juga makanan yang mengandung vitamin K, karena Vitamin K ini berperan aktif dalam memproduksi trombosit dan mampu membantu pembekuan darah, sehingga dengan kadar vitamin K dalam tubuh yang cukup, darah tidak akan terlalu lama mengalir.

4. Berkumur Dengan Hidrogen Peroksida dan Air Garam
Jika dirasa berkumur dengan air dingin kurang efektif, cobalah berkumur dengan hydrogen peroksida yang bisa Anda dapatkan di apotek. Hydrogen peroksida ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, meluruhkan plak dan menghentikan pendarahan. Caranya cukup sederhana, larutkan saja hydrogen peroksida dengan air lalu kumur 30 detik, lalu buang airnya.

Itulah 4 cara mengatasi gusi berdarah yang bisa Anda terapkan d irumah ketika terjadi peradangan di gusi. Jangan lupa senantiasa berupaya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut ya!

0 komentar:

Posting Komentar