Jumat, 01 Maret 2019

4 Keuntungan Mudik Menggunakan Kereta Api

4 Keuntungan Mudik Menggunakan Kereta Api

Tiket kereta api lebaran sudah bisa Anda pesan sejak sekarang. Ya, memesan tiket kereta tidak harus menunggu tanggal keberangkatan tiba. Bahkan bisa jadi Anda justru tidak akan kebagian tiket jika tidak membelinya jauh-jauh hari. Memang hingga hari ini kereta api masih menjadi andalan bagi para pemudik karena kemudahan dan kepraktisannya.

Memilih kereta api sebagai moda transportasi mudik bukanlah tanpa alasan. Sebab umumnya ketika arus mudik lalu lintas semakin padat merayat, itu artinya Anda harus rela waktu dan tenaga habis untuk menembus kemacetan lalu lintas. Apa lagi jika jadwal mudik Anda benar-benar mepet dengan hari lebaran, bukan tidak mungkin Anda akan terlambat sampai ke kampung halaman. Hal-hal demikian akan Anda rasakan ketika mudik menggunakan mobil pribadi atau bus umum.

Lalu bagaimana dengan kereta api? Mengapa alat transportasi satu ini lebih disarankan dibandingkan mudik menggunakan bus atau mobil pribadi? Simak uraiannya di bawah ini.

1.Tiket Mudah Dipesan

Tidak seperti dulu dimana Anda harus pergi ke stasiun untuk membeli tiket. Saat ini tiket kereta api sudah bisa dipesan secara online. Tiket bisa dipesan melalui situs resmi PT KAI maupun dari aplikasi-aplikasi online. Dengan begitu Anda tidak perlu antre dan berdesak-desakan dengan calon penumpang lainnya. 

Itu artinya waktu dan tenaga Anda tidak akan terbuang sia-sia. Belum lagi jika pekerjaan Anda tidak bisa ditinggal, maka memesan tiket via online tentu jauh lebih mudah dilakukan.

2.Hemat

Apabila dibandingkan dengan pesawat terbang, mudik dengan memanfaatkan kereta api jauh lebih hemat. Meski dengan menggunakan pesawat akan membuat Anda segera sampai ke kota tujuan, namun menggunakan kereta api juga tidak kalah cepat dengan ketika Anda naik pesawat. Jadi jika dari segi waktu selisihnya memang tidak banyak. Lebih dari itu harga tiket kereta api jauh lebih terjangkau dibandingkan harga tiket pesawat. 

3.Lebih Ramah Lingkungan

Tentu Anda sudah tahu bagaimana pemanasan global yang sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi PR tambahan bagi Indonesia. Nah, dengan bepergian menggunakan kereta api ini secara tidak langsung Anda telah mendukung program yang dicanangkan pemerintah untuk menyelamatkan Indonesia dari pemanasan global.

Hal ini karena kereta api masih menjadi moda transportasi yang emisi dan energinya lebih hemat. Lebih dari itu setiap gerbongnya bisa memuat puluhan hingga ratusan orang. Lain halnya jika puluhan dan ratusan orang tersebut naik kendaraan pribadi, dimana polusi akan meningkat dan tentu saja angka kemacetan semakin parah.

4.Fleksibel

Apabila kampung halaman Anda cukup jauh, maka akan lebih baik jika tiket kereta api lebaran dipesan jauh-jauh hari. Paling tidak Anda disarankan memesan tiket 3 bulan sebelum tanggal mudik. Untuk naik kereta api pun Anda tidak diharuskan datang 2 jam sebelum kereta berangkat. Lain halnya ketika naik pesawat, yang mana Anda harus tiba minimal 2 jam sebelum keberangkatan karena harus mengurus boarding pass terlebih dulu.

Demikianlah beberapa kemudahan yang akan Anda dapatkan jika melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kereta api. Mudik menjadi momen yang dinantikan oleh semua orang, tidak terkecuali Anda. 

Oleh karena itu agar perjalanan mudik nyaman dan lancar, usahakan untuk mempersiapkan kebutuhan mudik sedari awal. Termasuk memesan tiket kereta api lebaran jauh-jauh hari. Dengan begitu risiko kehabisan tiket bisa Anda hindari dan Anda bisa fokus menyiapkan keperluan mudik lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar