Sabtu, 16 Maret 2019

7 Kriteria Desain kalender yang Menarik

7 Kriteria Desain kalender yang Menarik

Desain kalender yang bagus tentu akan membuatnya semakin menarik dilihat. Desain itu sendiri merupakan rancangan visual yang memiliki daya tarik tersendiri terhadap objek yang kita pilih. Dan kalender adalah salah satu objek yang dapat didesain. Banyak sekali kalender yang dikeluarkan oleh suatu instansi maupun organisasi dengan desain yang berbeda-beda sesuai dengan tujuannya masing-masing. 

Bukankah jika Anda mendapatkan kalender maka hal pertama yang dilihat adalah gambar dan tampilan yang ada dalam kalender? Nah, gambar dan tampilan tersebut menjadi daya tarik dari kalender itu sendiri. Jika gambar dan tampilannya kurang menarik, maka kita akan bosan melihat kalender tersebut.

Oleh karena itu, kita sangat perlu mengetahui kriteria desain kalender yang menarik agar memiliki visual yang membuat siapa pun betah melihatnya. Kriteria tersebut di antaranya:

1. Tema yang Dipilih
Sebelum membuat desain pada kalender, langkah awal yang perlu ditentukan adalah tema. Pemilihan tema yang menarik dapat memberikan nilai visual yang tinggi terhadap penilaian orang yang melihatnya nanti. Tema sangat mempengaruhi bentuk desain yang dihasilkan. 

Tanpa adanya tema tidak akan ada konsistensi terhadap pembuatan desain. Tema yang menarik akan dapat memberikan kesan tersendiri terhadap orang yang melihatnya, sehingga orang merasa tidak bosan dengan desain kalender yang dibuat.

2. Pemilihan Gambar yang Menarik
Selain tema yang dipilih, pemilihan gambar yang menarik juga dapat mempengaruhi daya tarik pada kalender itu. Mengapa demikian? Karena gambar memiliki kekuatan visual yang tinggi. 

Namun, gambar yang dipilih tidak boleh sembarangan. Gambar harus sejalan dengan tema yang dipilih sebelumnya dan harus memiliki konsistensi di dalamnya. Ini bertujuan supaya pesan visual yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh orang yang melihatnya. 

3. Pemilihan Warna yang Tepat
Warna merupakan unsur utama yang memiliki peran penting dalam banyak aspek, salah satunya aspek gambar pada kalender. Warna yang digunakan juga harus menyesuaikan tema dan gambar yang dibuat. Warna yang dipilih disesuaikan berdasarkan suasana pada bagian-bagian kalender. Misalnya, suasana ceria dapat disesuaikan dengan warna colorful. 

4. Tata Letak yang Sesuai
Tata letak yang sesuai memiliki peran penting dalam tampilan desain. Tata letak yang dibuat harus rapi karena pastinya Anda akan merasa kurang minat melihatnya jika tata letak yang dibuat berantakan. 

5. Tampilan Desain 
Tampilan desain mencakup keseluruhan komponen pembuatan kalender, yaitu tema, gambar, warna, dan tata letak. Komponen yang unik dan menarik akan menghasilkan tampilan desain kalender yang menarik minat banyak orang untuk melihatnya.

6. Tujuan yang Dimiliki
Setiap instansi maupun organisasi tentunya memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing dalam pembuatan kalender. Misalnya, kalender yang dibuat sebagai ajang promosi, nilai estetis, dan lainnya. Fungsi dan tujuan tersebut dapat membuat orang yang melihatnya memahami maksud kalender yang dibuat.

7. Bentuk yang Unik dan Kreatif
Bentuk yang unik dan kreatif dapat membuat orang tertarik untuk memiliki kalender tersebut. Bentuk yang unik ini pastinya sesuai dengan tema yang dipilih. Bentuk yang tidak biasa dapat menjadi ciri khas suatu kalender dan pastinya akan selalu diingat oleh banyak orang. Misalnya, bentuk kalender yang dibuat dengan bentuk hewan, buah, wayang, dan lain-lain. 

Demikianlah 7 kriteria desain kalender yang menarik dan perlu Anda ketahui. Desain yang menarik dapat menentukan keberhasilan dari tujuan awal pembuatan kalender. Oleh karena itu apabila Anda ingin membuat kalender, pastikan Anda mengandalkan jasa desain yang sudah profesional.

0 komentar:

Posting Komentar