Jangan Salah Pilih Saat Beli Ruko Untuk Usaha

Jangan Salah Pilih Saat Beli Ruko Untuk Usaha

Memiliki sebuah usaha tentu saja menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Memiliki usaha tentu saja membuat kebebasan finansial akan terwujud. Terlebih untuk anda yang ingin bebas dalam mengatur keuangan dengan baik. Akan tetapi kebanyakan dari para pemilik usaha yang menjadi masalah adalah masalah tempat usaha. Biasanya jika untuk kalangan orang tertentu akan memilih berbisnis di dalam ruko.

Memutuskan untuk beli ruko memang menjadi sebuah keputusan yang tepat bagi para pemilik usaha yang memiliki modal cukup besar. Namun bagi yang belum memiliki pengalaman dalam memilih sebuah ruko, akan melakukan kesalahan-kesalahan yang cukup fatal yang membuat pembelian ruko menjadi sia-sia.

Apabila ingin membeli dan memiliki sebuah ruko, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Jangan sampai anda melakukan kesalahan ketika ingin memiliki sebuah ruko untuk usaha. Berikut ini beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum membeli ruko yang dirangkum dari Kompas.com property:

  • Memiliki sebuah ruko untuk usaha memang menjadi salah satu pertimbangan sekaligus motivasi untuk menjalankan usaha. Setidaknya ketika sudah memiliki tempat tertentu membuat para pemilik usaha tidak akan bingung lagi mencari lokasi. Akan tetapi kesalahan dari pemilik usaha adalah membeli sebuah ruko ketika belum memiliki usaha. Dampaknya adalah ketika memiliki sebuah ruko namun baru memulai sebuah usaha adalah belum tentu lokasi tersebut cocok untuk usaha yang sedang dijalani. Memang lokasi usaha menjadi salah satu kunci utama untuk usaha yang sukses. Namun membeli ruko tanpa melihat potensi lokasinya itu  merupakan tindakan yang kurang bijaksana.

  • Memilih sebuah ruko memiliki prinsip yang tidak sama dengan membeli rumah yakni lokasi nyaman. Akan tetapi untuk membeli sebuah ruko yang paling strategis untuk perkembangan usaha. Ruko yang digunakan untuk usaha tentu saja harus benar-benar mempertimbangkan lokasi usaha juga. Jangan sampai memilih ruko namun tidak mempertimbangkan prospek untuk usaha yang anda jalankan. Sebab jika demikian, maka ruko yang anda beli dan anda pilih sama sekali tidak akan membantu untuk perkembangan usaha yang anda jalankan. Sehingga pemilihan lokasi ruko yang mendukung prospek bisnis adalah yang paling penting.

  • Faktor penting lainnya dalam memilih sebuah ruko adalah mempertimbangkan akses jalan. Jangan sampai memilih ruko yang memiliki akses jalan yang cukup sulit. Apabila ruko yang anda beli memiliki akses jalan yang sulit untuk ditempuh maka bisa menjadi bencana untuk bisnis. Bisnis yang akan berkembang jika memilih untuk berlokasi di sebuah ruko yang mempunyai akses jalan yang mudah. Seperti akses ke jalan protokol yang mudah sekali tentu akan membuat perkembangan bisnis menjadi lebih baik. Misalnya pilih ruko yang berdekatan dengan area ruang publik seperti jalan umum maupun area permukiman penduduk.

  • Periksa ijin dari pembanguna ruko tersebut. Apabila ingin memiliki sebuah ruko untuk bisnis yang akan anda jalani selamanya, maka sebelum anda memilih untuk memiliki sebuah ruko maka cukup periksa dengan detail perijinannya. Jika perijinan yang dimiliki oleh bangunan ruko yang anda akan beli tidak sesuai maka membuat anda dalam masalah besar. Sebab perijinan bangunan memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk yang akan dipakai bisnis dalam jangka waktu yang cukup lama. Masalah perijinan ini merupakan masalah yang sangat penting. Terutama untuk pemilik usaha. Sehingga jika tidak memiliki perijinan, maka usaha tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk masa berlaku perijinan dari bangunan ruko yang anda miliki.

  • Periksa kondisi bangunan ruko. Ketika ingin membeli sebuah ruko, maka hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah masalah kondisi bangunannya. Kondisi bangunan dari ruko merupakan yang paling utama.  Jangan sampai ketika anda membelinya bangunan ruko sudah rusak parah yang berakibat anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk melakukan perbaikan sebelum akhirnya anda menempatinya untuk memulai usaha. Jika memang demikian maka bisnis akan menjadi lebih berat. Oleh karenanya, jangan sampai anda memilih sebuah ruko yang kondisinya rusak parah. Apalagi jika kondisi ruko tidak memiliki jaringan listrik dan air bersih untuk beroperasinya bisnis anda. Sebab jika ruko yang anda beli belum memiliki itu semua maka investasi yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar dari yang seharusnya.

Memiliki sebuah ruko untuk peruntungan usaha memang menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan. Terutama untuk pebisnis baru. Seorang bisnisman yang baru memulai sebuah usaha, tentu masih memerlukan banyak pertimbangan sebelum pada akhirnya memutuskan untuk memiliki sebuah ruko. Terlebih ruko tersebut akan digunakan untuk usaha yang akan dijalankan selamanya. Oleh karenanya, bagi anda yang ingin membeli sebuah ruko pertimbangan-pertimbangan di atas merupakan yang harus dimiliki sebelum pada akhirnya memilikiya.

Ruko yang strategis dan mendukung perkembangan usaha tentu saja akan membuat usaha menjadi tidak terbebani. Sebab jika memilih lokasi ruko yang tidak sesuai dengan harapan, maka akan mengancam keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar