Deretan Barang Persiapan Kelahiran yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Deretan Barang Persiapan Kelahiran yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Menyiapkan hal-hal yang harus dibawa ketika melahirkan adalah hal yang menyenangkan. Walaupun Anda dan pasangan antusias, usahakan untuk tidak berlebihan membawa barang-barang yang akan diboyong ke rumah sakit, karena barang-barang yang dibutuhkan pada minggu pertama masih sedikit. Anda hanya perlu membawa keperluan yang penting sehingga beban yang harus dibawa saat pergi ke rumah sakit tidak terlalu banyak.

Berikut tips menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibawa ke rumah sakit.

Catat Berbagai Macam Barang yang akan Dibawa

Sebelum menyiapkan barang yang harus dibawa, Anda bisa mencatat terlebih dahulu, apa saja barang-barang yang sangat penting dan yang kurang penting untuk dibawa. Ketika memiliki waktu luang, segera catat apa saja yang ingin dibawa. Biasanya, karena terlalu senang merapikan barang, barang-barang yang penting dan seharusnya dibawa malah tidak dimasukkan ke dalam tas.

Siapkan Barang Bersama dengan Suami

Meskipun Anda bisa menyiapkan seluruh barang sendiri, namun usahakan untuk menyiapkan barang-barang bersama dengan suami, hal ini dimaksudkan agar pasangan tahu betul tempat-tempat menaruh barang penting tersebut. Nikmati momen-momen ini bersama dengan suami, lebih-lebih untuk anak pertama. Karena nantinya hal ini akan menjadi kenangan yang tak akan Anda lupakan.

Deretan Barang yang Harus Dibawa

Barang-barang yang harus dibawa terdiri dari perlengkapan Anda, perlengkapan si kecil dan suami. Untuk perlengkapan Anda, berikut beberapa barang yang harus dibawa, antara lain:

1. Pakaian ganti. Pilih pakaian yang ramah menyusui seperti pakaian dengan kancing, daster hingga bra khusus menyusui.
2. Pembalut. Selain pakaian, jangan lupa memasukkan pembalut. Pembalut digunakan untuk nifas.
3. Gurita. Setelah melahirkan, biasanya para ibu akan mengenakan gurita. Pilih gurita yang berasal dari kain atau gurita yang berbentuk korset.
4. Breast pad. Breast pad dapat digunakan untuk menyerap tetesan ASI.
5. Jilbab panjang instant. Bagi Anda yang mengenakan hijab, jangan lupa menyiapkan jilbab yang panjang serta praktis.
6. Nipple cream dan nipple suction. Alat ini digunakan untuk mengeluarkan puting saat teksturnya sedikit masuk. Dengan menggunakan alat ini, proses menyusui bisa dilakukan dengan lebih mudah.
7. Kaus kaki. Kaus kaki digunakan untuk melindungi Anda dari terpaan dingin, apalagi bila Anda melahirkan dengan cara bedah caesar. Kaus kaki akan membantu Anda merasa nyaman dari efek dingin dan pegal setelah operasi.
8. Uang tunai. Usahakan selalu membawa uang tunai, baik pecahan besar atau pun pecahan kecil. Meskipun Anda melahirkan dengan menggunakan asuransi, namun tetap saja uang tunai tetap dibutuhkan. Ditakutkan, pembayaran tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kartu debit.
9. Barang pribadi. Barang pribadi yang harus disiapkan ini seperti barang-barang yang akan membuat Anda merasa nyaman seperti buku doa, tasbih, MP3 hingga buku bacaan yang Anda sukai.
10. Ponsel dan charger. Anda harus memastikan jika baterai ponsel sudah terisi penuh. Apalagi bila ingin mengabadikan momen kelahiran buah hati. Power bank juga harus dibawa untuk berjaga-jaga. Kadang tak semua ruangan di rumah sakit memiliki fasilitas mengisi baterai.

Selain kebutuhan ibu, jangan lupa menyiapkan kebutuhan si kecil, seperti:

1. Popok. Saat bayi baru lahir, popok yang dikenakan harus selalu diganti. Beli popok dalam jumlah yang banyak untuk beberapa hari pertama. Selain itu sediakan popok sekali pakai untuk cadangan.
2. Pakaian, selimut, topi dan sarung tangan bayi.
3. Bedong. Bedong memiliki tujuan agar bayi merasa hangat dan terasa seperti di dalam kandungan. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah perhatikan cara bedong bayi, hindari membedong terlalu ketat.

Setelah selesai menyiapkan keperluan si kecil, jangan lupa menyiapkan keperluan pasangan, seperti:

1. Baju ganti
2. Makanan dan minuman ringan
3. Tas kosong
4. Dokumen rumah sakit
5. Kartu asuransi
6. MP3
7. Berkas kehamilan, jangan lupa membawa buku catatan kehamilan
8. ATM dan uang tunai.

Proses persalinan bisa terjadi kapan saja, mungkin di waktu yang tidak kita duga. Oleh sebab itu, usahakan meletakkan tas di tempat yang mudah terlihat. Jadi, sudah mulai menyiapkan barang mulai dari sekarang? 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar