Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Rabu, 09 September 2020

Rabu, September 09, 2020 | ,    Berkomentar
5 Keunggulan Penilaian Kinerja dengan Software Performance Management


Performa kinerja karyawan adalah hal penting yang dikontrol oleh perusahaan.  Saat performa karyawan menurun akan mempengaruhi kualitas produksi. Itulah sebabnya mengapa penilaian kinerja tak bisa dipisahkan dari perkembangan kinerja karyawan. HRD adalah divisi yang langsung berhubungan untuk menangani penilaian kinerja. Kemudian, perusahaan akan melakukan keputusan berdasarkan hasil penilaian tersebut. Software Performance Management pun mulai sering digunakan oleh perusahaan untuk melakukan penilaian semakin akurat.

5 Keunggulan Software Performance Management Karyawan

Dulu, penilaian kinerja karyawan memerlukan berlembar-lembar kertas. Dimana tumpukan kertas tersebut akan menjadi dokumentasi internal perusahaan, Semakin lama tumpukan kertas akan menggunung dan sangat merepotkan. Penyimpanan dokumen kertas juga berisiko terjadinya kerusakan dokumen akibat tumpahan cairan atau berjamur karena suhu yang lembab. Akhirnya, banyak perusahaan sudah beralih ke Software Performance Management.  

Software Performance Management berisi otomatisasi sistem yang sanggup menyimpan dan memproses data penilaian kinerja karyawan. Sistem yang terkoneksi dengan internet dinilai jauh lebih efektif dan cepat dibandingkan dengan penilaian cara manual karena fleksibilitas akses. Walau akses fleksibel, Software Performance Management karyawan memiliki keamanan yang tinggi dengan sistem keamanan dan verifikasi berlapis. Apa saja keunggulan yang lainnya? Di bawah ini adalah penjelasannya! 

Penilaian Kinerja Menyeluruh

Aplikasi membuat HRD lebih mudah untuk menilai kinerja secara menyeluruh dengan tinjauan "360 derajat". Jenis tinjauan ini memungkinkan umpan balik mengenai kinerja karyawan diperoleh dari rekan kerja dan manajer. Tinjauan dari umpan balik tersebut dapat memberi insight kepada manajer dan HRD mengenai gambaran yang lebih lengkap tentang kekuatan dan kelemahan karyawan.

Tingkatkan Frekuensi Umpan Balik

Tingkat mobilitas dan perkembangan industri yang dinamis menuntut fleksibilitas dari perusahaan. Karena fleksibel, penilaian kinerja dapat dilakukan dari lokasi yang jauh. Fleksibilitas dalam perusahaan memungkinkan HRD melakukan penilaian saat berada di luar kantor di bawah batasan waktu.

Mengurangi Stigma Penilaian

Proses penilaian atau evaluasi sering kali dianggap menakutkan bagi karyawan. Hal ini dikarenakan adanya pada parameter yang bias dan relatif pada penilaian manual, seperti kepribadian dan sikap. Ketika parameter penilaian dibuat lebih akurat dan diberitahu kepada karyawan mengenai aspek kinerja apa yang lemah dan aspek mana yang dapat ditingkatkan, penilaian kinerja dapat dilihat secara lebih positif oleh semua yang terlibat.

Memudahkan Pelacakan Kinerja

Ketika tinjauan kinerja karyawan, manajer mungkin memiliki bias berdasarkan kejadian terkini dan gagal mempertimbangkan parameter yang telah ditetapkan. Penggunaan aplikasi memungkinkan manajer untuk melacak kinerja dan kemajuan karyawan dari waktu ke waktu. Dengan begitu manajer dapat menentukan apakah program penilaian kinerja berjalan sukses atau tidak.

Membuat Kebutuhan Pelatihan dan Pengembangan Kinerja Lebih Rinci

Dengan pandangan yang menyeluruh tentang kekuatan dan kelemahan karyawan, HRD menilai kebutuhan pelatihan dan pengembangan kinerja karyawan dengan lebih baik. HRD bahkan mungkin dapat melihat potensi karyawan untuk bekerja lebih baik di departemen atau area lain di perusahaan setelah meninjau umpan balik dari berbagai sumber. 

LinovHR merupakan penyedia Software Performance Management berbasis web yang membantu perusahaan dalam melakukan proses secara otomatis. HRD bisa menentukan kriteria apa saja yang digunakan untuk melakukan penilaian kinerja seperti kualitas kerja, team work dan lain-lain. Karyawan sebagai user juga dapat dilibatkan di dalam proses penilaian kinerja yang dilakukan manajemen dengan cara memasukkan daftar pencapaian hasil kerja yang telah diraih ke dalam sistem yang juga kemudian akan di-review oleh manajemen. Hubungi LinovHR sekarang juga! 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar