Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Jumat, 11 September 2020

Jumat, September 11, 2020 |    Berkomentar

 

Yuk Simak 6 Rumus Dasar Matematika Untuk Siswa Kelas 6 SD

Mempelajari rumus pada kelas enam SD memang sangat penting bagi siswa yang akan melaksanakan ujian akhir. Terdapat beberapa rumus yang bisa dipelajari untuk membantu memudahkan siswa mengerjakan soal. Di dalam pembahasan ini, kamu akan diajak untuk memahami materi sekaligus penjelasannya mengenai rumus dasar matematika. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, berikut enam rumus yang wajib kamu pelajari. 

Enam Rumus Dasar Untuk Siswa Kelas 6 SD Yang Wajib Diketahui dan Dipelajari 

1. Menghitung Volume Bangun Ruang

Rumus pertama yang wajib kamu pelajari adalah rumus menghitung volume bangun ruang. Untuk dapat menggunakan rumus ini, sebaiknya kamu paham terlebih dahulu konsep dari istilah bangun ruang. Setelah itu, kamu baru bisa menghitung dengan mudah. Misalnya untuk menghitung volume tabung kamu harus menggunakan rumus volume dengan mengalikan π kuadrat dikalikan dengan tinggi dari tabung tersebut.

2. Rumus Untuk Menghitung Skala

Selanjutnya adalah rumus untuk menghitung skala. Rumus ini sangat mudah. Jika kamu ingin menghitung skala maka tinggal membagi jarak pada gambar atau peta dengan jarak sebenarnya. Selain itu, rumus matematika ini bisa menghitung jarak pada gambar dengan mengalikan jarak sebenarnya dan skala yang ada. Yang terakhir, jika menghitung jarak sebenarnya, kamu tinggal membagi jarak pada gambar atau peta dibagi dengan skala.

3. Menghitung Operasi Bilangan Campuran 

Selanjutnya adalah operasi hitung bilangan campuran. Operasi hitung ini memiliki dua ketentuan. Yang pertama, jika terdapat tanda kurung (), kamu bisa mengerjakan yang berada di dalam tanda kurung terlebih dahulu. Sedangkan ketentuan kedua jika tidak ada tanda kurung (), maka kamu bisa mengerjakan perkalian dan pembagian terlebih dahulu. Setelahnya baru kerjakan yang penjumlahan dan pengurangan.

4. Rumus Menghitung Luas Bangun Datar 

Rumus matematika selanjutnya adalah menghitung luas bangun datar. Sangat simpel sekali, hanya dengan mengalikan panjang dan tinggi dari bangun datar, kamu bisa mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut. Misalnya kamu ingin menghitung luas dari persegi, rumus yang harus digunakan adalah sisi dikali sisi (s x s). Karena persegi memiliki sisi yang sama panjang  Sedangkan persegi panjang bisa dihitung dengan rumus panjang kali lebar (p x l). 

5. Rumus FPB dan KPK Dua Bilangan

Rumus selanjutnya adalah rumus FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) Dua Bilangan. Yang pertama, untuk mencari FPB dua bilangan, cari faktor pada masing – masing bilangan tersebut, lalu tentukan faktor persekutuan dari kedua bilangan dan dikalikan dengan faktor persekutuan yang paling kecil. Sedangkan cara menentukan KPK dengan mengalikan semua faktor yang sama dan dipilih yang paling tinggi. 

6. Konsep Dasar Mengolah dan Menyajikan Data 

Rumus matematika dasar kelas enam SD yang terakhir adalah mengolah dan menyajikan data. secara sederhana data merupakan catatan sari sekumpulan fakta dari pengamatan atau perhitungan langsung. Untuk menghitung jenis data ini terdapat beberapa penyajian data diantaranya tabel, data acak, diagram. Sedangkan untuk pengolahan data terdapat nilai tertinggi, nilai terendah, nilai terbanyak, dan nilai yang paling sedikit. 

Itulah enam rumus dasar untuk kelas enam yang akan sering digunakan. Kamu bisa dengan mudah mengerjakan soal – soal harian bahkan ujian, jika kamu paham tentang konsep dari rumus tersebut. Dengan mengetahui dasar dari rumus volume, bangun datar, operasi bilangan campuran, perhitungan skala, rumus FPB dan KPK, akan mengantarkanmu kepada kesuksesan dalam pelajaran perhitungan. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar