Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Jumat, 30 Oktober 2020

Jumat, Oktober 30, 2020 | ,    Berkomentar

Struktur organisasi Mayora dibuat untuk memperlihatkan bahwa perusahaan yang berdiri dan berjalan merupakan sebuah kesatuan yang terorganisir. Setiap bagian memiliki tugas dan fungsi sesuai dengan tanggung jawab dan kewajiban pada jabatan masing-masing.

Struktur yang jelas mampu memisahkan wewenang dan tanggung jawab anggotanya. Apabila ada bagian yang tidak menjalankan tugasnya dengan benar, maka akan memengaruhi bukan hanya lini yang dipimpin melainkan bagian lain juga. Oleh sebab itu, struktur organisasi dikatakan sebagai satu kesatuan.

4 Alasan Pentingnya Struktur Organisasi

Struktur organisasi suatu perusahaan tidak hanya sebagai simbol, tapi setiap bagian memegang peran penting dalam jalannya perusahaan. Tanpa adanya struktur organisasi dengan pembagian wewenang sebuah usaha tidak dapat berdiri. Oleh sebab itu, semua perusahaan memerlukan struktur organisasi dengan alasan berikut ini:

1. Kejelasan Kedudukan dan Koordinasi

Dalam struktur organisasi terdapat kejelasan mengenai siapa yang berada di tampuk kepemimpinan suatu lini manajerial dan siapa saja yang menjadi anggotanya. Baik pimpinan maupun anggota memiliki peranan tersendiri. Kejelasan posisi dan kedudukan akan menjaga komunikasi antar anggota tim jelas dan baik.

Koordinasi sangat diperlukan untuk mencegah adanya miscommunication yang apabila terjadi dapat menyebabkan dampak negatif bagi bisnis yang dijalankan. Apalagi untuk usaha yang sedang berkembang.

2. Kejelasan Jalur Hubungan

Fungsi struktur organisasi Mayora adalah kejelasan jalur dalam hubungan antar jabatan yang ada di dalamnya. Dengan adanya kejelasan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota organisasi akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan seberapa besar tanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota organisasi harus terlihat jelas sehingga pekerjaan yang dilakukan menghasilkan keuntungan karena dikerjakan secara efisien oleh semua orang yang bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

3. Kejelasan Tanggung Jawab

Adanya kejelasan dalam struktur organisasi akan memberikan kejelasan tanggung jawab pada masing-masing bagian. Ketiadaan kejelasan tanggung jawab akan membuat wewenang anggota menjadi tumpang tindih sehingga membuat pekerjaan tidak dapat diselesaikan.

Ambil contoh, apabila ada 2 pemimpin dalam perusahaan tanpa ada kejelasan pembagian tanggung jawab, maka akan membuat kebingungan ketika menghadapi keharusan mengambil keputusan besar yang perlu dilakukan dalam waktu singkat.

4. Pengendalian dan Pengawasan

Alasan lain pentingnya keberadaan struktur organisasi adalah untuk pengawasan dan pengendalian dari pimpinan terhadap bawahannya. Pengawasan dan pengendalian memang sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis. Contohnya sebagai acuan evaluasi kinerja setiap bagian apakah sudah sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Sebuah bisnis yang dijalankan oleh tim terkoordinasi dengan baik akan menjadi bisnis ideal yang menghasilkan keuntungan. Sebab tujuan bisnis tercapai karena adanya kerjasama tim yang sesuai tugas dan fungsinya berdasarkan struktur organisasi.

Sebuah struktur organisasi dibuat untuk memperjelas tugas dan tanggung jawab, baik pimpinan atau bawahan. Seperti struktur organisasi Mayora yang memperlihatkan setiap bagian perusahaan yang padu sehingga menghasilkan produk-produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar