Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Sabtu, 28 Agustus 2021

Sabtu, Agustus 28, 2021 | , ,    Berkomentar
5 Tips Berkendara untuk Pengemudi Pemula

Keahlian mengemudi memang tidak bisa dimiliki dalam sekejap mata. Dibutuhkan proses belajar dan latihan yang terus-menerus. Pilihan mobil yang digunakan juga harus tepat agar pengemudi pemula bisa segera berkendara dengan lancar di jalanan. Salah satu tipe mobil yang dinilai tepat untuk pengemudi pemula adalah Toyota Agya dengan ukurannya yang compact dan terbilang praktis.

Tips Mengemudi

Penting sekali bagi para pengemudi pemula untuk benar-benar memperhatikan teknik berkendara yang tepat. Keamanan berkendara harus menjadi hal utama yang diperhatikan demi keselamatan diri sendiri juga pengguna jalan lainnya. Berikut ini adalah 5 tips berkendara yang bisa diikuti oleh para pengemudi pemula:

1. Selalu Fokus

Prinsip utama dalam berkendara adalah fokus. Anda harus bisa memusatkan perhatian pada kendaraan yang digunakan serta jalanan yang ditempuh. Pastikan untuk selalu berkonsentrasi penuh demi menjaga keselamatan dalam berkendara. Hilangkan semua distraksi yang bisa menyebabkan konsentrasi berkendara memudar.

Sebelum mulai menyetir, pastikan juga tubuh dalam kondisi prima. Jika tubuh sedang dalam kondisi lelah, mengantuk, bahkan sakit maka jangan berkendara terlebih dahulu. Prinsip ini tidak hanya berlaku bagi pengendara pemula tapi juga bagi pengendara lainnya. 

2. Gunakan Mobil yang Tepat

Bagi para pemula, sebaiknya pilih tipe mobil yang tepat dan mudah untuk dikendalikan. Mobil LCGC dengan ukuran yang compact dapat dijadikan pilihan terbaik bagi para pengendara pemula. Seperti Toyota Agya yang hadir dengan bentuk mungil dan praktis dikendalikan. Mobil ini juga sudah tersedia dalam tipe matic bagi pengendara pemula yang tak ingin memakai mobil bertransmisi manual.

3. Perhitungkan Jarak

Pengendara pemula harus benar-benar memperhitungkan jarak aman selama berkendara. Sangat disarankan untuk tidak memasang jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan lain di jalan raya. Paling tidak jarak aman yang disarankan kurang lebih adalah 10-20 meter. 

Mengapa jarak ini sangat penting untuk diperhitungkan? Pengendara pemula seringkali memiliki kesulitan dalam mengendalikan laju kendaraannya. Kontrol kendaraan yang masih belum terlalu bagus bisa membahayakan kendaraan lain di dekatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya jaga jarak aman agar tidak terjadi benturan maupun kecelakaan dengan kendaraan lain.

4. Jaga Kecepatan

Jangan sekali-kali berkendara dengan kecepatan maksimal jika Anda masih tergolong pemula. Pengendara pemula sebaiknya menjalankan mobilnya dengan laju yang rendah dan stabil terlebih dahulu. Penting sekali bagi pengendara pemula untuk memahami ritme kendaraan dulu agar semakin mahir melaju di jalan raya.

Jika memang butuh bepergian tepat waktu, maka usahakan untuk berangkat lebih awal. Cara ini akan membantu Anda untuk sampai tepat waktu tanpa harus mengebut. Kuasai dulu ritme menyetir dan kenali jalanan dengan baik baru nanti bisa mulai menambah laju kendaraan dalam batas aman.

5. Jangan Gugup

Sebenarnya semua orang bisa mengemudi dengan baik asalkan tetap tenang dan tidak merasa gugup. Biasanya kesalahan berkendara dilakukan oleh pengemudi pemula karena terlalu gugup. Padahal jika berkendara dengan tenang dan nyaman, mobil pasti bisa melaju lancar tanpa hambatan. 

Rasa gugup juga bisa menyebabkan Anda tidak fokus saat mengemudi. Kondisi ini jelas sangat berbahaya apalagi jika Anda tiba-tiba kehilangan kontrol mana gas dan mana pedal rem. Oleh sebab itu, tarik napas dalam-dalam dan kuasai mobil sebaik mungkin dengan tenang.

Itulah tadi 5 tips berkendara yang bisa diterapkan oleh para pengemudi pemula. Jika Anda memutuskan untuk memakai jenis mobil Toyota Agya maka akan jauh lebih mudah untuk mengendalikan gerak kendaraan. Setelah mahir baru bisa diganti ke tipe mobil yang spesifikasinya lebih tinggi. 

0 komentar:

Posting Komentar