Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Jumat, 24 September 2021

Jumat, September 24, 2021 | ,    Berkomentar
Kenali Fungsi dan Cara Kerja Thermostat Mobil

Bagi orang awam tentu saja pasti sangat asing ketika mendengar istilah-istilah yang ada pada komponen mesin mobil. Salah satu komponen mesin mobil yang memiliki kegunaan penting pada mesin mobil yaitu thermostat, yaitu komponen pendingin mesin mobil. Fungsi utama dari komponen pendingin mesin mobil yaitu membantu radiator menurunkan suhu mesin. Kenapa penurunan suhu mesin mobil begitu penting? Sebab apabila mobil sedang beroperasi, maka tingkat perputaran pada mesin akan memicu suhu mesin semakin tinggi. Apabila suhu mesin tidak diturunkan, maka mobil rentan mengalami overheat. 

Fungsi Komponen Pendingin Mobil

Seperti yang sudah diuraikan di atas, fungsi utama komponen pendingin mobil yaitu untuk mengatur jalannya sirkulasi air atau cairan pendingin mesin yang bersumber dari radiator, sebagai alat preventif overheat pada mobil. Sistem komponen pendingin mobil memiliki fungsi menjaga suhu mesin agar tetap ideal. Komponen pendingin mobil terletak pada saluran cairan pendingin dari mesin yang mengarah ke radiator. Komponen pendingin mobil juga memiliki peran sebagai saklar pada bagian sistem pendingin mobil.

Cara Kerja Pendingin Mobil

Cara kerja thermostat saling berhubungan satu sama lain. Berikut cara kerja pendingin mobil:

  1. Air dipompa oleh water pump untuk menuju mesin
  2. Air mengalir melalui water jacket, water jacket yaitu saluran air yang memutari mesin. Ketika air ini mengalir, air akan menangkap suhu panas yang bersumber pada mesin. Lalu air ini akan keluar melalui selang dan masuk ke radiator bagian atas.
  3. Disinilah pengurangan suhu terjadi, suhu panas yang telah ditangkap oleh air pendingin akan dibuang melewati kisi-kisi kecil. Proses pendinginan ini terjadi di dalam radiator.
  4. Suhu panas pada kisi-kisi berpindah ke udara dengan dibantu dengan kipas yang dipasang di balik radiator. Guna dari kipas ini yaitu untuk mendinginkan mesin mobil.
  5. Suhu air pendingin akan turun, kemudian dikeluarkan melalui selang pada bagian bawah radiator lalu dipompa kembali ke mesin mobil.
Apabila thermostat mobil Anda sedang mengalami kerusakan, segara klik website Seva.id untuk menikmati fitur booking service. 

0 comments:

Posting Komentar