Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Senin, 01 November 2021

Senin, November 01, 2021 | ,    Berkomentar

Allah telah menciptakan makhluknya berpasang – pasangan. Namun, jika hingga saat ini Anda tidak kunjung juga memiliki belahan jiwa, mungkin sudah saatnya Anda memanjatkan doa meminta jodoh lebih sering lagi di sepertiga malam atau pada waktu – waktu dijabah doa lainnya.

Sebab, sejatinya Allah telah menjanjikan pasangan bagi seluruh makhluk-Nya. Allah berfirman dalam Al-Quran surat Adz-Dzariyaat ayat 49, yang artinya : “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang – pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

Bisa menemukan pasangan yang sesuai dengan keinginan tentunya akan menjadi kebahagiaan tersendiri yang luar biasa. Namun, seperti apapun jodoh yang datang nanti, itu adalah pilihan terbaik dari Allah. Sebab, Allah akan memberikan yang dibutuhkan, tidak hanya sekedar yang diinginkan. 

Sebenarnya, tidak ada doa khusus untuk meminta jodoh yang baik. Meski begitu, Allah sangat menyukai orang – orang yang berdoa, termasuk doa seseorang yang ingin diberikan yang terbaik dalam urusan pasangan hidupnya. 

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut dibawah ini ada 5 doa meminta jodoh terbaik yang bisa dipanjatkan, diantaranya yaitu :

1. Surat Al-Anbiya

“Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta Khairul waaritsiin.”

Artinya : “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (QS. Al-Anbiya : 89)

Doa diatas diangkat dari kisah Nabi Zakaria yang mengalami cobaan karena belum diberi keturunan setelah puluhan tahun. Meski begitu, doa ini juga bisa digunakan sebagai doa meminta jodoh bagi seseorang yang belum memiliki pasangan hidup. 

2. Surat Al-Furqan

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun.”

Artinya :
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS Al-Furqan: 74). 

Doa diatas bisa dilantunkan setelah salat wirid setiap selesai shalat agar Allah bisa mengabulkan keinginan untuk mendapatkan pasangan ideal yang sehidup se-surga. 

3. Surat Al-Qashash

“Rabbi innii ilmaa anzaita ilayya min khoirin faqiirun.”

Artinya :
“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS. Al-Qashash: 24).

Selain untuk mendapatkan kebaikan, ayat diatas juga bisa dipanjatkan sebagai doa meminta jodoh terbaik. Sebab, kebaikan yang dimaksud dalam ayat diatas sifatnya universal. Sehingga bisa diartikan bahwa kebaikan yang dimaksud tersebut berupa pasangan yang shalih atau shalihah. 

4. Doa Minta Jodoh Untuk Laki – Laki

“Robbi hablii milladunka zaujatah thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya :
“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Doa diatas bisa dipanjatkan oleh kaum pria setelah selesai shalat dan mengaji. Arti dari doa diatas juga sangat mulia, karena isinya berkaitan dengan keinginan seorang pria untuk memiliki pasangan yang cocok dalam hal dunia maupun akhirat. 

5. Doa Minta Jodoh Untuk Perempuan

“Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal aakhiroh.”

Artinya :
“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Sama seperti versi laki – laki, doa meminta jodoh untuk perempuan diatas juga dimaksudkan agar pasangan yang nanti datang sesuai dengan harapan. Namun, tetap berserah dengan pilihan Allah karena pilihan-Nya akan menjadi yang terbaik untuk urusan agama dan dunia. 

0 comments:

Posting Komentar