Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Senin, 08 November 2021

Senin, November 08, 2021 | ,    Berkomentar

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang kuat, sehat dan jauh dari penyakit, namun hal ini tidak dibarengi dengan cara hidup sehat. Masih banyak kebiasaan sepele yang tanpa disadari merusak kesehatan tubuh, seperti begadang, kerja terlalu keras, jarang minum air putih, dan lainnya. Oleh sebab itu, kesadaran untuk hidup sehat harus ditumbuhkan mulai saat ini.

Dengan melakukan cara hidup sehat, maka membantu tubuh mencegah gangguan kesehatan tertentu, seperti penyakit stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan lainnya. Pasalnya menerapkan hidup sehat tidak begitu sulit, yang terpenting ada kemauan untuk mengubah kebiasaan buruk jadi lebih baik dan konsisten melakukannya.

Langkah Menuju Hidup Sehat 

Jika saat ini Anda masih terbiasa tidur larut malam, tidak menjaga pola makan, jarang berolahraga dan lainnya yang bisa merusak kesehatan tubuh, Anda harus berubah. Berikut ini merupakan beberapa cara hidup sehat dengan mudah dan sederhana, yaitu:

1. Menjaga Kebersihan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk cara hidup sehat dan lebih baik yaitu dengan menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Pastikan Anda membersihkan setiap ruangan dalam rumah dengan baik dari debu-debu ataupun kuman yang menempel. Ini membantu Anda dan keluarga agar tetap terjaga.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan diri seperti mandi dua kali sehari dengan bersih, menyikat gigi, dan tak lupa rajin mencuci tangan. Pasalnya menjaga kebersihan bukan hanya membuat suasana jadi lebih nyaman, tetapi menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan siap memulai aktivitas.

2. Menjaga Pola Makan

Cara hidup sehat dan tetap berenergi selanjutnya yakni Anda harus menjaga pola makan dengan baik. Pastikan kebutuhan nutrisi harian tubuh terpenuhi, hal ini membantu Anda terkena risiko penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes serta kanker [3]. Bukan hanya itu, ini juga membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal.

Pastikan Anda makan 3 kali sehari, dan dalam setiap asupan Anda terdapat protein yang cukup dari hewani dan nabati, serat, karbohidrat lemak baik, kalsium. Perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan hindari makanan instan yang mengandung gula berlebih.

3. Istirahat yang Cukup

Di tengah kesibukan yang padat, banyak orang mengesampingkan waktu istirahat mereka, apakah Anda termasuk? Tentunya kebiasaan ini tidak boleh dibiarkan.

Istirahat yang cukup membuat tubuh lebih sehat dan pikiran rileks. Para ahli menyarankan untuk tidur atau istirahat setidaknya 7-8 jam [1]. Membaca buku, mandi air hangat atau mendengarkan lagu menjadi salah satu aktivitas sebelum tidur yang membantu tubuh lebih rileks.

4. Lakukan Aktivitas Fisik

Cara hidup sehat agar tubuh tetap kuat dan bugar selanjutnya yakni dengan rajin berolahraga atau setidaknya melakukan aktivitas fisik harian. Coba amati kembali rutinitas harian Anda selama ini, apakah hanya duduk seharian di depan komputer? Jika iya, tandanya Anda harus lebih aktif bergerak.

Pasalnya para ahli menyarankan setiap orang untuk rajin berolahraga minimal 150 menit setiap minggu untuk menjaga kebugaran tubuh adalah mengencangkan otot [1]. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menyisihkan waktu berolahraga. Tak perlu olahraga berat, Anda cukup berjalan kaki, naik turun tangga di rumah, ataupun bersepeda ketika hari libur.

5. Jangan Lupa Minum Air Putih

Minum air putih mungkin kelihatannya sepele, namun memiliki peran sangat penting bagi tubuh Anda. Pasalnya dengan minum air putih yang cukup, maka proses detox tubuh dapat berjalan dengan baik. Bukan hanya itu, tubuh juga membutuhkan cairan yang banyak untuk dapat beraktivitas setiap hari. Manusia disarankan minum minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter [1].

Anda juga tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi air minum. Pastikan air putih yang akan diminum sudah terjamin kualitas dan kebersihannya agar tidak membawa dampak buruk bagi tubuh. Ciri-ciri air yang aman untuk dikonsumsi yaitu tidak berwarna, tidak bau dan tidak mengandung zat kimia.

Air mineral AQUA menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. Selama 48 tahun, AQUA sudah dipercaya banyak masyarakat Indonesia dalam memproduksi air mineral berkualitas untuk masyarakat Indonesia. Air AQUA berasal dari pegunungan vulkanik, sehingga mineral yang ada pada AQUA sangat terjaga dan alami.

Dalam menjaga kualitas air AQUA hingga ke tangan konsumen, AQUA melakukan proses produksi dengan sangat baik yakni mengambil air dari sumber air pegunungan yang sudah terbukti kualitasnya dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum diproduksi. 

Itulah 5 langkah untuk memulai cara hidup sehat yang mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan. Mari pilih AQUA untuk hidup sehat Anda dengan keluarga!

0 comments:

Posting Komentar