Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Selasa, 02 November 2021

Selasa, November 02, 2021 | , ,    Berkomentar

Jika Anda selalu merasa haus, bahkan setelah minum dan minum lagi, bisa jadi Anda sedang dehidrasi. hal ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan, sehingga tubuh memberi sinyal untuk minum yang banyak. 

Kemudian tanda yang lain adalah urin berwarna kuning pekat dan sangat gelap. Hal ini terjadi karena kadar air yang jauh lebih sedikit dibanding zat yang dikeluarkan tubuh. 

Ada dua tingkat dehidrasi yang bisa terjadi, ada dehidrasi ringan dan berat. Berikut gejala dehidrasi yang bisa Anda kenali [1]:

1. Dehidrasi Berat

Dehidrasi berat cukup berbahaya bagi tubuh jika tidak ditanggulangi dengan segera. Dehidrasi berat harus ditangani oleh pihak medis secepatnya supaya tidak semakin parah. 

Beberapa gejala dehidrasi berat pada tubuh yaitu:
  • denyut jantung berdetak sangat cepat
  • merasa sangat kelelahan dan sesak nafas
  • mata cekung, 
  • demam, 
  • tekanan darah cukup rendah, 
  • Merasa pusing dan sangat mengantuk. kadang terjadi kejang-kejang, 
  • Terjadi penurunan kesadaran
Gejala dehidrasi berat ini membutuhkan perawatan yang intensif oleh pihak medis. Gejala-gejala tersebut bisa terjadi bersamaan sehingga bisa disebut dengan dehidrasi berat. Anda akan diberikan pengganti cairan yang hilang dalam tubuh Anda supaya tidak terjadi komplikasi. 

2. Dehidrasi Ringan

Dehidrasi ringan ini umumnya masih bisa ditangani sendiri. Namun Anda juga perlu hati-hati jika mengalami gejala yang menjurus ke dehidrasi ringan. Karena jika dehidrasi ringan tidak diatasi, maka bisa menjadi berbahaya dan bisa menjadi dehidrasi berat. 

Berikut ini gejala dehidrasi ringan yang umum terjadi yaitu, selalu merasa haus, urin berwarna pekat, frekuensi buang air semakin berkurang, pusing, sembelit atau diare, sakit kepala, mudah mengantuk, cepat lelah, dan mulut kering.

Untuk mengatasi dehidrasi ringan ini, Anda bisa meminum air lebih banyak. Usahakan untuk tetap minum air putih sesuai dengan ketentuan. Supaya dehidrasi tidak terjadi. 

Dehidrasi ringan bisa diatasi sendiri di rumah tanpa perlu ke rumah sakit. Namun bagi Anda yang merasa tidak mampu untuk menahan rasa sakit Anda bisa menghubungi pihak medis. 

Jika dehidrasi dibiarkan tanpa memberikan penanganan yang cepat dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan otot. Sehingga Anda perlu tetap menjaga tubuh Anda dengan rutin minum air putih setiap hari. 

Cara Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi terjadi karena kurangnya kadar cairan dalam tubuh. cairan di dalam tubuh sangat penting untuk tetap dipertahankan. Berikut cara mengatasi dehidrasi dengan mudah [2]:

● Makan Makanan yang Banyak Mengandung Air

Ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung air. Ada sayur dan buah. Sayur-sayuran mengandung cairan yang cukup bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Buah-buahan juga memiliki kadar air yang melimpah dan sangat baik untuk menghidrasi tubuh.

Jika tidak suka dikonsumsi secara langsung, Anda bisa menjadikannya sebagai jus dengan campuran madu. Selain dapat dengan mudah di hidrasi oleh tubuh, jus dengan campuran madu bisa menambah tenaga Anda.

● Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup dapat membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh. Air putih sangat bagus untuk tubuh, secara umum setiap orang harus minum 8 gelas perhari atau setara dengan 2 liter untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Bagi Anda yang tidak suka air putih, Anda bisa menambahkan potongan buah ke dalam botol minuman Anda. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi gejala dehidrasi yang Anda alami. Selain itu rasa manis yang diberikan oleh potongan buah tersebut dapat menjadi penambah energi untuk Anda. 

Setelah mengatasi gejala dehidrasi dan keadaan sudah membaik, tetap minum air putih dengan rutin setiap hari. Untuk memenuhi cairan dalam tubuh, pastikan minum air yang sudah terjamin dan terjaga kualitasnya. AQUA, menjadi salah satu air mineral yang telah terbukti dapat menjaga hidrasi tubuh supaya tetap seimbang. Air mineral dari Danone ini juga menyediakan air minum yang selalu menyebarkan kebaikan untuk negeri ini.

Perusahaan air minum ini tetap memberikan perlindungan terbaik untuk air mineral yang diproses. Setiap kemasan selalu dipastikan kandungan mineral dan kualitasnya. Dilakukan uji laboratorium untuk setiap produk. Dimana setiap proses dilakukan dengan sangat teliti, hati-hati dan steril. 

AQUA menjadi air mineral yang kemurniannya terjaga. Telah menemani ribuan keluarga dan terpercaya lebih dari 45 tahun. AQUA berasal dari sumber air pegunungan yang murni dengan kandungan mineral yang cukup dan dapat menyehatkan tubuh. AQUA dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi AQUA setiap hari, dijamin tidak akan ada gejala dehidrasi yang akan Anda rasakan selama beraktivitas di luar ruangan [3]. 

AQUA tidak hanya memberikan kebaikan untuk tubuh, namun AQUA juga tetap membantu kelestarian lingkungan dengan tetap merawat dan menjaga ekosistem pegunungan dan hutan. 

Prinsip yang telah berjalan sejak lama yaitu melindungi masyarakat tanpa mengabaikan alam. Hal ini dapat berdampak baik untuk kesehatan alam dan kesehatan manusia.

0 comments:

Posting Komentar