Kurangnya kesadaraan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan membuat pola hidup sehat sering terabaikan. Kurang gerak, lebih sering mengkonsumsi makanan instan, hingga asupan air minum yang rendah merupakan kebiasaan-kebiasaan buruk yang masih sering kita temukan. Atau bahkan masih kamu lakukan?

Mulai saat ini, STOP! Kebiasaan buruk tersebut. Karena, bisa menyebabkan tingkat pH dalam tubuh nggak seimbang dan berpotensi membahayakan imunitas.

Apa sih pH cairan itu?

pH atau Potensial Hidrogen merupakan derajat yang menentukan tingkat keasaman atau kebasaan dari larutan atau cairan. Dengan menggunakan pH, kita dapat mengetahui apakah suatu cairan cenderung asam atau basa dengan menggunakan satuan dalam bentuk angka [1].

Rentang satuan pH antara 1-14 dengan pH netral yakni pH 7. Semakin rendah angka pHnya, maka akan semakin asam pula larutan atau cairan tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi angka pHnya maka akan semakin basa larutan atau cairan tersebut.

Air minum pH tinggi yang baik dan direkomendasikan oleh BPOM adalah yang memiliki pH di atas 8.6. Air minum pH tinggi ini memiliki kandungan yang cenderung basa dan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia [1].

Apa saja manfaat dari air minum pH tinggi?

1. Membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh

Air merupakan elemen penting dalam tubuh, maka level pH cairan tubuh manusia pun harus terjaga. Sebab pH yang nggak seimbang dapat mengganggu sistem kerja tubuh manusia. Oleh karena itu, air minum pH tinggi berbeda dengan air biasa karena dapat membantu menyeimbangkan pH agar sistem kerja tubuh berjalan normal dan imunitas pun terjaga [1].

2. Menurunkan asam lambung, meningkatkan kekuatan tulang

Sementara menurut beberapa studi, air minum pH tinggi dengan pH 8-9 mampu menurunkan asam lambung karena sifatnya basa, dan meningkatkan kekuatan tulang melalui kandungan bikarbonat dan kalsium tinggi di dalamnya [1].

3. Menjaga sistem peredaran kelenjar getah bening

Air dengan pH tinggi juga mampu menjaga agar sistem peredaran kelenjar getah bening dapat bekerja dengan baik. Sehingga dapat menghasilkan zat antibodi, mengembalikan cairan, serta protein dari jaringan ke sirkulasi darah [1].

4. Bermanfaat bagi kecantikan

Air pH tinggi pun lebih baik bagi kecantikan karena bisa mencegah penuaan dini. Ini dikarenakan saat mengkonsumsi air minum pH tinggi, proses pengeluaran racun yang dilakukan lebih cepat dan mempermudah peremajaan kulit [1].

5. Membantu menurunkan berat badan

Air minum pH tinggi, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan, lho! Yap, air minum pH tinggi dapat membersihkan usus besar sehingga akan membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan demikian, berat badan akan turun secara perlahan [1].

Secara tidak langsung air minum dengan pH tinggi juga bermanfaat bagi pencernaan kamu. Hal ini sangat penting mengingat Kesehatan saluran pencernaan sangat berkaitan erat dengan daya tahan tubuh, lho. Jika sistem pencernaan terjaga kesehatannya, daya tahan tubuh pun akan menjadi lebih kuat, begitu pun sebaliknya.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, pencernaan yang sehat dapat membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Saluran cerna yang sehat adalah cerminan daya tahan tubuh yang baik. Mengapa demikian? Karena hampir 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat pada jaringan usus [2].

Ditambah lagi, jika saluran cerna dalam keadaan sehat, penyerapan nutrisi akan lebih maksimal, sehingga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kerja sistem kekebalan tubuh juga tercukupi dan daya tahan tubuh pun menjadi lebih kuat.

Lalu air minum pH tinggi apa yang aman dan cocok dikonsumsi setiap hari dan sudah terjamin manfaatnya?

Sudah pasti VIT 8+! Karena, telah dipercaya di Indonesia selama lebih dari 30 tahun, VIT meluncurkan produk terbarunya dalam kategori air mineral alkali yang dinamakan VIT 8+ (VIT Eight Plus). Produk ini kembali menguatkan komitmen VIT dalam menghadirkan air berkualitas tinggi kepada masyarakat. VIT 8+ diciptakan dari air mineral VIT yang kualitasnya terpercaya, dan diproses melalui sistem filtrasi tiga tahap. Proses tersebut diakhiri dengan ionisasi khusus yang menghilangkan ion asam dari air melalui elektrolisis.

Bagi kamu yang memiliki gaya hidup aktif, saatnya menambahkan VIT 8+ sebagai air yang kamu konsumsi setiap hari. Adapun waktu terbaik untuk minum VIT8+ adalah pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum beristirahat untuk menyeimbangi harimu. Alasannya, di pagi hari tubuh membutuhkan hidrasi yang efisien untuk memulai kesibukan dan menyegarkan diri sebelum beraktivitas. Sedangkan malam hari adalah waktu yang tepat untuk rehidrasi setelah semua cairan yang terbuang akibat aktivitas yang dijalankan. 

Tertarik mencoba manfaat air alkali VIT 8+? Dapatkan di Indomaret, Alfamart, Alfamidi atau e-commerce seperti Tokopedia, Klikindomaret atau Alfagift!