Sekarang, cek tensi atau tekanan darah bisa Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan alat tensi darah Omron. Jadi, Anda bisa cek sendiri tekanan darah di rumah tanpa harus menunggu ke klinik atau dokter terlebih dahulu.

Seberapa Penting Cek Tekanan Darah?

Tahukah Anda kalau hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi juga disebut sebagai silent killer? Soalnya, penderita penyakit ini sering kali tidak menunjukkan gejala, tapi ia kemudian baru tahu bahwa ia mengidap penyakit ini ketika kondisinya sudah kronis.

Berdasarkan data dari World Hypertension League (WHL) dan dilansir dari Hellosehat, tercatat ada lebih dari 50% penduduk di dunia yang tidak sadar kalau sebenarnya dirinya mengidap hipertensi. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka jarang mengecek tekanan darah mereka, dan Anda barangkali salah satu di antaranya.

Padahal, dengan rutin mengecek tekanan darah, Anda pun bisa dengan lebih cepat melakukan tindakan tepat agar kondisi Anda selalu terjaga. Apalagi jika Anda ternyata punya risiko hipertensi.

Makin tinggi tekanan darah, makin tinggi pula peluang Anda terserang beragam masalah kesehatan dan penyakit. Soalnya, tekanan darah tinggi berarti pembuluh arteri dan jantung yang menegang. Jika tidak diatasi, ketegangan tersebut bisa menyebabkan penebalan dan pelemahan pembuluh darah. Kalau begini, ukuran pembuluh darah jadi menyempit, dan darah jadi lebih gampang menggumpal.

Lantas, apa masalahnya jika terjadi penggumpalan darah? Ternyata banyak dan serius, lho! Karena penggumpalan darah bisa menyebabkan beragam penyakit komplikasi hipertensi, seperti stroke, serangan jantung, demensia, penyakit ginjal, dan beragam gangguan kesehatan lainnya. 

Dan dalam kasus-kasus tertentu, pelemahan dan penegangan pembuluh darah bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Kalau sudah begini, risiko kematian jadi jauh lebih tinggi.

Hindari Hipertensi dengan Rajin Cek Tekanan Darah

Dengan demikian, Anda barangkali sudah bisa menyimpulkan bahwa mengecek tekanan darah secara rutin dapat mencegah dan menghindari risiko hipertensi. Soalnya, Anda pun jadi bisa memastikan bahwa tekanan darah Anda selalu terjaga dalam angka normal. Dan jika terdapat risiko hipertensi, Anda bisa melakukan tindakan lanjut untuk menghindari risiko yang lebih serius.

Oleh karena itu, memiliki alat ukur tekanan darah di rumah sendiri sangat dianjurkan. Dengan begitu, Anda bisa cek tekanan darah kapan saja bahkan saat di rumah. 

Hanya saja, Anda tidak perlu mengukur tekanan darah di pagi hari karena mekanisme tubuh akan membuat tekanan darah lebih tinggi setiap pagi, dan hal ini sangat wajar. Tapi, Anda bebas mengecek kapan saja waktunya sesuai kebutuhan. Dan, jika Anda tiba-tiba mengalami sakit kepala atau baru saja mengonsumsi makanan pemicu tekanan darah tinggi, Anda juga bisa langsung ukur tekanan darah Anda.