Out of home advertising merupakan cara iklan yang sudah lama. Bahkan bisa dikatakan ini merupakan pioner dalam bidang periklanan. Apa saja keunggulannya? Kamu wajib tahu.

Model iklan yang lebih juga terkenal dengan istilah OOH ini memfokuskan cara menyampaikan pesan melalui media cetak berukuran besar. Kamu pasti sering melihat baliho, billboard atau poster di pinggir jalan. Itu merupakan beberapa jenis dari model iklan lama ini.

Keunggulan out of home advertising

Di zaman digitalisasi ini, banyak yang menggunakan media online sebagai sarana untuk mengenalkan produknya. Namun jangan sampai mengecilkan peran media cetak yang biasa terpasang pada tempat publik ini.

Baliho di pinggir jalan, sarana umum seperti terminal, bandara dan stasiun, gampar pada bodi kendaraan mempunyai peran penting dalam menggaet konsumen. Apa saja kelebihannya?

1. Menjangkau lebih banyak target

Saat ini memang hampir semua orang menggunakan internet sehingga beriklan melalui media online dianggap paling efektif. Namun tahukah kamu, ketika melihat iklan, tidak sedikit yang langsung skip? Tentu pesannya tidak akan sampai.

Berbeda dengan baliho atau billboard. Ukurannya besar, bahkan dengan warna mencolok, menarik mata untuk melihatnya. Pesan singkatnya pun lebih mudah sampai ke semua kalangan. Bukan hanya orang tua, tetapi juga yang muda dan anak-anak. 

2. Iklan visual lebih mudah diingat

Mata merupakan indera yang paling mudah menangkap pesan. Visualisasi gampang masuk dalam ingatan sehingga ketika memerlukan suatu produk, memori akan terbuka dan tertuju pada informasi pada iklan tersebut. 

Desainer iklan memanfaatkan hal tersebut dengan membuat tampilan menarik, singkat namun dapat menyampaikan pesan. Manfaatnya, calon pembeli lebih mudah untuk tertarik menggunakan produk tersebut. 

3. Efektif menarik konsumen

Beriklan dengan gambar yang ada pada luar ruangan sudah ada sejak lama. Jenis ini terbukti sangat efektif untuk menarik minat konsumen. Meski jangkauannya tidak seluas media online, namun mudah menarik konsumen yang melihatnya langsung. 

Banyak pemilik usaha skala besar yang konsisten menggunakannya bersama media lain. Meski dari biaya cukup besar untuk membuat, memasang dan membayar pajak namun hasilnya signifikan sehingga tetap layak menjadi pilihan.

4. Lokasi pemasangan fleksibel

Kamu bisa memasang jenis iklan ini pada banyak tempat tanpa batas selama bukan wilayah terlarang. Tempat yang paling umum adalah pinggir jalan dan pada pelayanan publik sehingga lebih banyak orang melihatnya. 

Iklan jenis ini terbukti masih sangat layak menjadi alternatif selain media online dan lainnya. Dengan pemilihan visualisasi dan lokasi tepat, pesan dari pemasang dapat sampai ke calon konsumen tertarget sehingga meningkatkan pendapatan.

5. Jangkauan lebih luas

Jangkauan advertising jenis gambar sangat berpotensi untuk dilihat oleh banyak orang. Jika pada media online, iklan biasanya baru muncul pada beranda pencari informasi, jenis ini bisa menjangkau semua orang, termasuk yang tidak sedang membutuhkan produk. Dengan demikian saat perlu bisa menjadikannya referensi.

6. Menyampaikan Brand Awareness

Impression dari iklan jenis ini sangat besar dan cocok untuk produk yang baru launching serta perlu pengenalan pada public. Selain mengenalkan produk juga presentasi tentang perusahaan yang mengeluarkannya. Bisa jadi bukan hanya satu item yang kemudian menarik konsumen bahkan jenis lain bisa secara tidak langsung terjual. 

Out of home advertising merupakan cara beriklan yang sudah lama namun masih efektif sampai sekarang. Untuk mendapatkan berbagai keuntungan, kamu bisa menggunakannya sebagai cara yang efektif menjangkau konsumen.