6 Tips Merawat Jam Tangan Rolex

pixabay.com

Mempunyai koleksi jam tangan mewah? Kamu harus merawatnya dengan baik agar tetap terlihat estetik. Arloji seperti Rolex perlu dibersihkan secara rutin. Caranya pun harus tepat sehingga tidak mengganggu keindahannya.

Harga jam tangan mewah tentu tidak murah, bahkan bisa mencapai ratusan ribu. Jika salah dalam perawatan, bisa menyebabkan keindahannya berkurang dan harga jualnya jatuh. Kolektor bisa mengalami kerugian.

Cara Merawat Jam Tangan Rolex

Merawat jam tangan mewah sebenarnya hampir sama dengan arloji pada umumnya, Namun perlu ekstra hati-hati untuk mempertahankan kualitasnya. Sebaiknya mempunyai tempat khusus untuk menyimpan seperti lemari atau laci sehingga tetap terjaga. Apa saja yang perlu diperhatikan agar jam tangan mewah tidak mudah rusak?

1. Simpan dalam box penyimpanan

Salah satu jenis jam tangan mewah adalah Rolex Watch yang sering mengeluarkan produk limited edition dengan hiasan mahal. Tidak sedikit yang menambahkan emas atau berlian untuk menambah keindahannya. 

Penyimpanan jam tangan jenis ini harus teliti. Setiap pembelian produk terbungkus dengan box yang tidak kalah eksklusif. Fungsinya bukan hanya sebagai pembungkus ketika membelinya, tetapi juga tempat penyimpanan yang aman. Pastikan memasang penutupnya dengan benar sehingga kotoran tidak mudah masuk. 

2. Letakkan mendatar

Salah satu kesalahan ketika menyimpan jam tangan mewah adalah meletakkan secara miring. Hal ini justru membuatnya cepat rusak. Setial jam tangan mempunyai sistem magnet pada bagian dalamnya.

Meletakkannya secara miring akan menyebabkan daya tariknya tidak seimbang sehingga koleksi jam tangan mewah mudah rusak. Cara menyimpan jam yang tepat adalah dengan meletakkannya dalam box secara mendatar.

3. Beri alas tisu

Bagian bawah dan strap jam tangan mudah lembab karena bersentuhan dengan kulit yang mengeluarkan keringat. Sebaiknya segera mengelapnya setelah menggunakan. Lembab tersebut dapat mengurangi kecerahannya bahan yang terbuat dari stainless steel. Bahkan bisa menjadikannya berkarat. 

Jangan lupa memberi alas box penyimpanan dengan tisu atau kain lembut. Gunanya adalah untuk menyerap lembab selama dalam penyimpanan. Sebaiknya secara berkala mengeluarkannya dari dalam penyimpanan dan mengangin-anginkan sebentar agar tidak berjamur, terutama bagian bawah jam. 

4. Bersihkan dari debu

Debu merupakan salah satu yang menyebabkan jam tangan mudah rusak. Jika masuk ke bagian mesin atau tombol pemutar dapat menyebabkannya tidak berfungsi. Bersihkan koleksi jam tangan secara berkala dengan menggunakan kuas lembut.

Lakukan secara perlahan pada semua bagian. Perhatikan juga setiap celah. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan. Membersihkannya dengan hati-hati dan teratur adalah cara merawat jam tangan dengan tepat.

5. Perhatikan strap

Strap jam tangan terbuat dari berbagai macam bahan. Ada yang menyukai jenis stainless karena terlihat elegan. Bahan ini juga cukup mudah dibersihkan, namun jangan sampai menggunakan cairan kimia yang salah karena dapat merubah warnanya. 

Pastikan mengikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan Rolex Watch ketika membelinya. Biasanya terdapat penjelasan bahan apa saja yang sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan strap. 

6. Rawat secara rutin ke service center

Untuk mengecek bagian dalam jam tangan, sebaiknya percayakan kepada ahlinya karena kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan kerusakan. Rolex mempunyai service center yang tersebar di berbagai kota. Begitu juga merek lain. Mengunjungi tenaga profesional dapat menjaga kualitas jam tersebut.

Merawat jam tangan Rolex cukup mudah. Hanya perlu ketelitian dan kesabaran. Meski dapat melakukannya sendiri, namun untuk bagian dalam sebaiknya diserahkan kepada ahli agar tetap awet.

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak itu sebuah pilihan yang baik :)

Lebih baru Lebih lama