Bahas Ragam Ide Usaha Online di Era Digital

pikiran-rakyat.com

Di era digital saat ini, ada banyak kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas hanya dengan menjadi seorang karyawan, Anda dapat memperoleh penghasilan yang cukup fantastis hanya dengan memulai bisnis secara online. 

Bisnis secara online sebenarnya memiliki sangat banyak kelebihan, selain memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan, tak sedikit bisnis online yang dapat dijalankan tanpa memerlukan banyak modal bahkan ada beberapa bisnis online yang tidak memerlukan modal sama sekali, cukup dengan memiliki Hp android dan koneksi internet yang baik, Anda dapat memulai menjalankan bisnis secara online.

Sejarah Bisnis Online

Walaupun baru populer beberapa tahun belakangan ini, ternyata bisnis online sudah dimulai sekitar dekade tahun 1980-an. Pada awal mulanya bisnis online masih menggunakan email di mana terjadi pertukaran data elektronik yang membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi dalam perdagangan internasional terutama impor dan ekspor dari suatu negara ke negara lainnya.

Media Bisnis Online Berdasarkan Platformnya

Berikut ini kami rangkum beberapa uraian tentang bisnis online berdasarkan platformnya yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk mulai membangun bisnis Anda secara online.

1. Marketplace

Platform ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga, Marketplace merupakan suatu platform untuk menjalankan bisnis secara mudah dan gratis. Layaknya pasar online, Marketplace akan mempertemukan Anda dengan para pembeli.

Ada banyak kategori produk yang yang tersedia di Marketplace sehingga memudahkan Anda untuk menawarkan berbagai produk yang ingin dijual. Ada banyak kategori produk yang bisa Anda jual di marketplace seperti pakaian, makanan, dan barang lainnya, Bukan hanya itu Anda juga dapat menawarkan jasa seperti jasa Make Up Artist, Wedding Organizer dan lain sebagainya.

Di Marketplace, Anda hanya perlu membuat akun, upload produk berupa barang atau jasa, kemudian Anda sisa menunggu pembeli datang, cukup mudah bukan.

2. E-Commerce

Merupakan sebutan untuk Toko Online yang merujuk ke platform penjualan online non pihak ketiga, di mana jual beli berlangsung tanpa perantara marketplace. Saat ini ada banyak E-Commerce yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun bisnis secara online, sebut saja Lazada, Shopee, Tokopedia, TokoBagus, Bukalapak dan lain sebagainya. Hampir sama seperti Marketplace, Untuk dapat berjualan di E-Commerce cukup membuat akun, mengupload foto produk yang akan dijual beserta deskripsinya dan pastikan semenarik mungkin untuk menarik minat pembeli.

3. Website

Website merupakan salah satu platform yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis secara online. Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan website seperti jaringan penjualan yang lebih luas, teknik membuat desain yang dapat disesuaikan dengan selera Anda, membangun branding, dan masih banyak keuntungan lainnya.

4. Media Sosial

Platform selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun bisnis secara online adalah Media Sosial. Hampir setiap orang saat ini memiliki media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok hingga WhatsApp. Media sosial yang Anda miliki bisa menjadi salah satu alat untuk melakukan promosi produk, dan salah satu keuntungannya adalah melalui media sosial Anda sendiri, Anda dapat melakukan promosi kapan pun dan di mana pun di saat itu di perlukan.

Ragam Ide Usaha Online

Berikut ini ragam ide usaha online yang dapat menjadi referensi bagi Anda jika ingin memulai bisnis online.

1. Kuliner

Tidak dapat dipungkiri usaha kuliner adalah salah satu usaha klasik yang tidak lekang oleh waktu dan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Banyak pilihan jenis makanan yang dapat Anda kembangkan bahkan jika Anda adalah pemula. Anda dapat memperoleh keuntungan yang banyak dengan memulai usaha kuliner, Apalagi jika Anda adalah seseorang yang hobi memasak dan suka membuat kreasi-kreasi yang unik tentang makanan yang lezat. Sangat menarik bukan menjalankan hobi sekaligus bisa menambah sumber pemasukan dari bisnis kuliner yang dipasarkan secara online.

2. Pakaian

Menjual pakaian juga tidak kalah menguntungkannya dengan usaha kuliner, tetapi pertama-tama yang harus Anda lakukan mengatur target pasar. Misalnya, Anda akan menjual pakaian bayi atau anak-anak, berarti sebaiknya Anda menampilkan foto produk dengan model anak-anak yang lucu sehingga pakaian anak yang Anda tawarkan tampak lebih menarik perhatian konsumen.

3. Dropshipper

Dropshipping sendiri hampir mirip dengan reselling, yaitu memasarkan atau mempromosikan produk dari sumber bisnis lain. Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh adalah lebih hemat karena usaha ini adalah usaha tanpa modal, Bahkan Anda tidak perlu repot menyimpan stok barang yang akan dijual. Cara kerjanya cukup mudah, yaitu pembeli yang tertarik akan menghubungi dan mentransfer uang pembelian ke dropshipper kemudian Anda akan meneruskan uang pembeli yang tertunda dipotong keuntungan dropshipper ke penjual beserta informasi kontak pembeli dan penjual utamalah yang akan mengirimkan barang ke alamat pembeli tersebut, sehingga Anda tidak terlalu repot.

4. Jastip

Jastip adalah jasa titip. Untuk membangun usaha jastip, Anda perlu mencatat pesanan customer yang akan menitip barang belian, Yang kemudian Anda harus membeli barang yang mereka perlukan. Anda dapat menentukan apakah pembayaran dilakukan di awal atau di akhir. Jika Anda memilih pembayaran di awal, berarti Anda harus memiliki reputasi yang cukup baik terlebih dahulu sehingga dipercaya oleh customer, sebaliknya jika pembayaran di akhir Anda perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk memastikan apakah customer tersebut layak dipercaya.

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak itu sebuah pilihan yang baik :)

Lebih baru Lebih lama