Memahami Perbedaan Luno vs Indodax Untuk Investor Pemula

Luno vs Indodax

Mengetahui apa perbedaan Luno vs Indodax penting diketahui terutama para investor pemula yang ingin mulai berinvestasi di aset kripto. Seperti yang diketahui, ketertarikan berinvestasi di aset kripto ini memang semakin meningkat.  Ini dikarenakan pasarnya lebih mudah diakses dan dipahami daripada investasi di pasar modal. Hal tersebut juga didukung dengan semakin tumbuhnya platform jual beli aset kripto.

Akan tetapi sebelum itu, sama-sama harus diketahui bahwa jumlah investor kreditor di Indonesia terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.  Hal ini menjadi bukti bahwa aset kripto memang telah menjadi pilihan investasi yang semakin digandrungi oleh masyarakat.

Platform Jual Beli Crypto

Semakin meningkatnya minat investor di aset kripto ini tidak terlepas juga dari promosi dan informasi yang diberikan oleh penyedia jual beli aset kripto.  Dua nama yang  memiliki banyak peminatnya sebagai pancakeswap, yaitu Indodax dan Luno.

Sebagai investor pemula, Anda perlu mengetahui keunggulan dan perbedaan diantara keduanya. Tujuannya, supaya bisa memilih dan menentukan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Keunggulan Luno Vs Indodax Sebagai Tempat Jual Beli Aset Kripto

Luno vs Indodax memang menjadi dua tempat jual beli aset kripto ternama di Indonesia. Masing-masing memang mempunyai keunggulan dan akan dijelaskan berikut ini.

  • User Interface

Dari segi tampilan atau user interface, Luno vs Indodax memang punya perbedaan signifikan. Indodax memakai tema putih biru sedangkan Luno  memakai warna biru gelap. Anda tentu akan nyaman dengan tampilan sederhana karena tidak membuat mata silau.

  • Legalitas Perusahaan

Di Indonesia, aset kripto aturannya telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan dan Bappebti.  Keduanya memang sudah terdaftar di sana dan artinya legal. Tidak seperti platform lainnya, misal Binance yang memang belum mempunyai izin legalitas.

  • Biaya Transaksi

Biaya transaksi antara Luno vs Indodax memang berbeda dan mungkin Anda ingin mengetahui manakah yang lebih murah? Jika dilihat dari situs resminya, biaya dengan menggunakan Luno / beli instan dikenakan 1,10%.  Sementara itu, pada platform Indodax dimulai dari Rp0 untuk maker dan selanjutnya 0,5% untuk taker.

  • Jumlah Anggota

Jumlah member Luno vs Indodax juga punya perbedaan signifikan. Di bulan Mei 2022, Indodax sudah memiliki 5,3 juta member yang diinformasikan pada situs resmnya.  Sementara itu pada platform Luno,  memang tidak diinformasikan berapa jumlah membernya. 

Namun, dari sejumlah sumber setidaknya ada 700.000 nasabah atau sekitar 10% dari total investor crypto.  Hal ini dapat dilihat bahwa jumlah member di Indodax lebih banyak dibandingkan Luno.

  • Keamanan Aplikasi

Sebagai sarana pancakeswap, kedua aplikasi ini memang memiliki keamanan kuat.  Tidak hanya menerapkan sistem email dan password,  autentikasi dua faktor juga diperlukan untuk masuk ke akun.  Ini merupakan sistem keamanan ekstra yang merupakan alat  validasi untuk memastikan yang mengakses adalah benar-benar pemilik akunnya.


cnbcindonesia.com

Platform Mana Yang Direkomendasikan ?

Jika dilihat secara sekilas, memang Luno vs Indodax ini punya kelebihan dan layanan yang hampir serupa. Akan tetapi, jika ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata ada keunggulan Indodax  sebagai tempat berinvestasi crypto yang bagus.

Alasannya, ada sejumlah layanan Indodax yang  sangat membantu terutama para  investor pemula seperti berikut:
  1. Anda bisa membeli aset crypto lewat deposit via semua bank di Indonesia atau bisa menjual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi mata uang Rupiah secara cepat.
  2. Biaya trading yang terjangkau serta persentase penarikan mulai dari 0%.
  3. Transaksi dapat dilakukan 24 jam,  dan dilakukan secara instan tanpa harus memakan waktu lama.

Dengan berbagai keunggulan Indodax tersebut, rasanya akan menjadi pilihan yang tepat jika mulai menggunakan platform ini untuk berinvestasi crypto. Anda dapat melakukannya melalui platform smartphone baik itu Android maupun ios.

Perbandingan  yang telah dijelaskan tentunya semakin memberikan Anda gambaran jelas tentang kedua platform ini. Untuk mulai berinvestasi dan meraih keuntungan, bisa memilih Indodax karena memiliki banyak keunggulan seperti yang telah dijelaskan.

Luno vs Indodax memang dapat menjadi tempat terbaik untuk investasi berbagai mata uang kripto. Khusus di Indodax, ada channel edukasi bernama Indodax Academy. Di sana, bisa Anda manfaatkan sebagai sarana belajar bitcoin. Setelah cukup paham, mulailah jual beli mata uang kripto baik itu melalui website resmi maupun mobile apps yang menjadi Indonesia crypto exchange terbesar dan terpercaya.

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak itu sebuah pilihan yang baik :)

Lebih baru Lebih lama