Pengalaman Donasi Online di Ayobantu dengan Blockchain


Sobat amal, kamu pernah berpikir untuk melakukan donasi online? Sekarang, donasi tidak lagi hanya secara offline atau langsung, melainkan juga hadir secara online. Dulu, donasi secara langsung cukup mudah. Namun, beberapa orang kerap menyalahgunakan donasi tersebut.

Untuk itu, aku biasanya cukup berhati-hati untuk berdonasi, dan kamu perlu untuk melakukan hal yang sama. Tapi, sebelum berdonasi, kamu perlu tahu esensi dari berdonasi yang sebenarnya. 

Saat berdonasi, kamu tidak hanya menyumbang barang atau jasa, tapi kamu juga dapat menebar kebaikan kepada semua orang yang membutuhkan. Kamu dapat berbagi dan tetap menjaga kedekatan dengan orang lain. Omong-omong soal donasi online, sekarang kamu dapat melakukan donasi menggunakan blockchain, lho. 

Caranya cukup mudah dan tentunya aman, aku sudah membuktikannya sendiri. Belakangan ini, aku menggunakan blockchain untuk donasi online di salah satu platform bernama Ayobantu. 

Sebab, selain mudah, donasi di Ayobantu sangat transparan dan efisien. Sangat berbeda dengan platform donasi lainnya yang masih kurang transparan soal dana. Nah, berikut ini cara berdonasi online dengan Blockchain di Ayobantu.

Keuntungan Menggunakan Blockchain

Sebelum masuk ke cara-cara berdonasi online dengan Blockchain, kamu perlu mengetahui apa itu blockchain dan apa yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan Blockchain. 

Blockchain merupakan teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau merupakan bank digital yang terhubung langsung dengan kriptografi. Tentunya, sistem ini perlu menggunakan bitcoin, cryptocurrency, dan sebagainya.

Lalu apa sih kelebihan blockchain ini? Paling sedikit, aku mendapatkan keuntungan ini setelah berdonasi:

Punya banyak peluang

Untuk berdonasi, aku dan kamu akan mendapatkan banyak peluang untuk memanfaatkan akses digital. Seperti pada sektor pendanaan, blockchain dapat difungsikan sebagai buku kas digital yang bisa kita akses kapan pun dan dimanapun. Transaksi yang kita lakukan pun aman dan terjamin.

Efisien dan cepat

Selain itu, menggunakan blockchain untuk berdonasi cukup efisien dan cepat. Sebab, kita tidak akan direpotkan dengan proses transaksi mata uang konvensional yang terkadang butuh banyak waktu hingga 5 hari kerja. Terlebih, kita dapat terhindar dari kesalahan karena human error.

Sistem audit yang baik

Saat menggunakan blockchain, aku bisa melihat dan mengecek data transaksi setelah berdonasi. Jadi, dengan sistem ini kamu nantinya dapat mengetahui jejak audit atas aset yang kamu lelang dan donasikan. Ini juga akan mencegah kasus penggelapan dana atau korupsi. 

Cara Berdonasi Online dengan NFT

Nah, semakin tertarik, kan? Setelah mengetahui kelebihan dan keuntungan menggunakan blockchain, aku akan memberi tahu dan berbagi tentang bagaimana cara melakukan donasi di Indonesia secara online menggunakan blockchain, terutama di platform donasi yang pernah aku gunakan, yaitu Ayobantu dengan basis NFT. 

Ayobantu merupakan sebuah platform yang menyediakan jasa sebagai media untuk melakukan pengelolaan hasil donasi dari dalam bentuk aset digital yaitu NFT. Beberapa kegiatan yang dikelola Ayobantu yang hasil donasinya berasal dari penjualan aset digital NFT yaitu campaign Indodax bersama Wahid Foundation. 

Pada campaign ini, Ayobantu bekerjasama dengan Indodax bersama Wahid Foundation untuk melakukan pelelangan aset digital dalam bentuk NFT. Aset digital ini merupakan lukisan profil dari CEO Indodax yaitu Oscar Darmawan, yang dilukis oleh Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid. 

Hasil lelang yang dikelola Ayobantu ini setelah terkumpul, kemudian disumbangkan pada para santri di Pondok Pesantren Qoryatussalam.

Lebih Dekat dengan Ayobantu
Nah, buat kamu yang penasaran dengan Ayobantu, di sini kamu akan mengetahui informasi yang akan aku bagikan pada kamu.

Aku mengenal Ayobantu pada awal 2021 dan mulai berdonasi di sana sejak saat itu. Ayobantu merupakan salah satu platform donasi yang melakukan penggalangan dana secara online. Dan ternyata, platform ini mulai ada pada tahun 2020.

Meskipun begitu, Ayobantu telah memiliki lebih dari 22 ribu Teman Peduli yang merupakan masyarakat yang menjadi donatur. Dari sanalah yang membuat aku yakin dan percaya donasi online di Ayobantu.

Oh iya, Ayobantu hingga sekarang telah berhasil mengumpulkan dana hingga lebih dari 3 miliar rupiah dan berhasil didonasikan dengan sangat transparan.

Tidak perlu khawatir, Ayobantu benar-benar melakukan seleksi terhadap campaign yang memang bertujuan untuk amal dan secara jujur membutuhkan dana serta termasuk dalam masyarakat yang membutuhkan. Kamu juga akan mendapatkan transparansi atas donasi yang telah kamu lakukan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk berdonasi.

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak itu sebuah pilihan yang baik :)

Lebih baru Lebih lama