Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Musik Keroncong Plesiran Di Bukit Nglanggeran


Mengadakan konser di alam terbuka sepertinya sudah menjadi trend yang berkembang di dunia musikalisasi tanah air. Diawali dengan Jazz Gunung Bromo,  Ngayogjazz dan beberapa event lainnya, kali ini Yogyakarta juga akan ikut meramaikan kembali dengan event musik Keroncong Plesiran yang akan digelar di puncak gunung api purba Nglanggeran.

Event  musik keroncong alam terbuka ini bukan yang pertama kali di Jogja, ini adalah event ke enam yang akan diselenggarakan. Tentunya, event keenam ini akan selalu mendapat penambahan dan penyempurnaan dari event-event sebelumnya.

Apa saja yang seru di event musik Keroncong Plesiran 2022 kali ini? bagaimana event ini akan digelar? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Tempat Event Keroncong Plesiran Digelar

Keroncong Plesiran kali ini bertempat di gunung api Purba Nglanggeran. Gunung api purba yang  hanya memiliki ketinggian sekitar 700mdpl saja. Meski bisa dibilang hanya bukit, namun gunung ini memiliki sejarah dan karakteristik yang sangat unik, sehingga banyak yang sangat tertarik untuk mengunjunginya.

Berapa Harga Tiket Keroncong Plesiran?

Sumber: Pixabay

Harga tiket untuk menonton keroncong plesiran dibagi dalam lima kategori. Kategori pertama adalah Diamond kemudian disusul dengan Platinum, VIP,  festival A, dan Festival B. Masing-masing kategori memiliki harga yang berbeda.

Dimulai dari harga tiket kelas festival B  Rp 130.000

Festival A Rp 200.00

VIP Rp 250.000

Platinum Rp 300.000

Diamond 450.000

Jika kamu membelinya lebih awal secara early bird, kamu mendapat potongan harga cukup lumayan. Namun sayangnya tiket early bird sudah SOLD OUT alias habis terjual. Untuk saat ini kamu hanya bisa menunggu tiket pre Sale. Jangan lupa untuk segera mengamankan tiketmu. Hanya bisa dibeli secara online yha.

Dapat Apa Saja Kalau Menghadiri Keroncong Plesiran?

Banyak ya, ada jas hujan, stiker keren  logo keroncong plesiran, masker dan hand sanitizer untuk menjaga protokol kesehatan selama acara berlangsung. Dan sebagai tambahan kamu juga dapat stick glow in the dark yang bisa kamu gunakan untuk penerangan saat acara berlangsung di malam hari. Tidak lupa, chocolate welcome drink khas Nglanggeran juga menjadi free starter kit yang dibagikan oleh panitia untuk kamu.

Akomodasi Selama di Gunung Api Purba Nglanggeran

Sumber: Pixabay (gambar hanya ilustrasi)

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, pastinya tidak ada penginapan yang berada tepat di dekat lokasi pertunjukan. Namun jangan khawatir, pada jarak 1 KM dari tempat acara, ada beberapa homestay dan penginapan yang bisa kamu sewa. Tentunya dengan jumlah yang agak terbatas.

Jika kamu menginginkan tempat bermalam yang tidak jauh dari tempat konser, kamu bisa melakukan pemesanan sekarang juga. Namun jika ternyata kamu masih kurang beruntung untuk mendapatkan tempat  menginap yang dekat, kamu juga bisa memesan di tempat lainnya. Jangan khawatir, kamu juga bisa meminta fasilitas antar jemput ke tempat  event Keroncong Plesiran berlangsung.

Siapa Saja Pengisi Acara Keroncong Plesiran?

Kamu pasti penasaran kan, siapa saja yang jadi pengisi acara  Musik Keroncong Plesiran 2022? Jangan khawatir ada beberapa artis terkenal yang ikut meramaikannya. Ada Tompi yang akan tampil bersama Symphony Kerontjong Moeda.  David Naif , Okky Kumala dan Tyok Satrio akan mengajakmu masuk dalam nuansa mellow nan syahdu dalam setiap lagu-lagunya.

Tidak ketinggalan, Boris Sirait yang selalu menjadi conductor pemandu orchestra pada event keroncong sebelumnya. Kali ini juga akan memimpin  sebagai conductor di acara Keroncong Plesiran 2022.

Yang Bisa Dikunjungi Ketika di Gunung Api Purba Nglanggeran

Sumber: Pixabay

Kalau kamu berkesempatan hadir di acara Keroncong Plesiran, tentunya destinasi wisata yang bisa kamu tuju bukan hanya  puncak Nglanggeran saja, masih ada destinasi wisata menarik lainnya di sana.

Salah satunya adalah desa wisata Nglanggeran. Seperti yang kita tahu, desa wisata Nglanggeran telah memenangkan penghargaan sebagai desa wisata terbaik versi UNWTO 2021. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Embung Nglanggeran yang sudah sangat terkenal. Alternative wisata lain adalah mengunjungi air terjun Kedung Kandang, hingga agrowisata rumah produksi coklat Ngelanggeran. Yang jelas, selain menonton konser keroncong, kamu bisa berwisata asik di sekitar venue acara sehingga tidak akan bosan sebelum acara dimulai.

Syarat  Wajib Ketika Menghadiri Event Keroncong Plesiran

Bagi kamu yang hendak ke Gunung Api Purba Nglanggeran untuk menghadiri konser, kamu harus memenuhi beberapa syarat. Yang pertama pastikan kamu sehat saat menghadiri acara. Kemudian siapkan aplikasi peduli lindungi sebagai bukti kamu sudah menjalani vaksin lengkap dan booster. Dan siapkan juga kartu identitas sebagai alat verifikasi tiket sesampainya di sana.

Jika kamu masih belum menemukan event wisata yang pas, atau kamu kehabisan tiket untuk event yang satu ini. Jangan khawatir, masih ada agenda event wisata lainnya yang tidak kalah serunya. Kamu tinggal mengunjungi website Kharisma Event Nusantara untuk mengetahui jadwalnya. Bahkan, kamu juga bisa memilih jenis event apa yang membuatmu tertarik mengunjunginya. Jangan sampai ketinggalan, catat jadwalnya, dan rencanakan liburanmu lebih indah bersama Kharisma Event Nusantara.

Posting Komentar untuk "Indahnya Musik Keroncong Plesiran Di Bukit Nglanggeran"

banner
banner