Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menangani Demam pada Anak Dari SehatQ


Cuaca yang cenderung cepat berubah-ubah dari panas terik menjadi hujan deras membuat kita semua harus bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit, termasuk kesehatan anak juga tetap harus terjaga.

Demam merupakan hal lumrah yang terjadi pada semua orang. Namun, anak-anak yang mengalami demam acap membuat orangtua khawatir. Penggunaan obat-obatan diberikan pada anak yang mengalami demam dengan suhu tinggi. Jika anak mengalami demam biasa, Anda tidak perlu cemas berlebihan. Anda bisa mengatasi demam si kecil di rumah saja tanpa harus pergi ke klinik terdekat. Simak 5 tips mengatasi demam pada anak ala SehatQ berikut!

Menangani demam si kecil tanpa obat

Penggunaan obat berbahan kimia tidak dianjurkan kurun waktu lama sebab bisa menimbulkan efek samping. Ada baiknya Anda menerapkan cara sederhana dalam mengatasi demam si kecil yaitu:

1. Mengompres dengan air hangat 

Langkah sederhana yang sering dilakukan orangtua saat anak mengalami demam adalah mengompres dahi anak dengan handuk hangat. Pastikan Anda menggunakan handuk yang terbuat dari material katun yang lembut dan basahi dengan air hangat.

2. Memandikan anak dengan air hangat 

Bukan berarti anak tidak perlu mandi saat mengalami demam, ya! Anak bisa merasa lebih nyaman setelah mandi dengan air hangat. Anda bisa menyiapkan air hangat-hangat kuku untuk memandikan atau membasahi tubuh dengan lap basah. Jangan gunakan air dingin yang bisa menyebabkan tubuh si kecil semakin menggigil. Segera keringkan badan anak setelah mandi, jangan sampai malah demam menjadi lebih parah karena masuk angin.

3. Melakukan pijatan dengan minyak esensial 

Anda hanya perlu bahan sederhana yang mudah didapatkan di toko terdekat seperti minyak kayu putih. Siapkan saja beberapa tetes minyak kayu putih, parutan 2-3 bawang merah dan perasan jeruk nipis atau asam jawa. Balurkan ramuan herbal pada punggung, dada dan perut si kecil sembari dipijat dengan lembut.

Jika aroma minyak kayu putih terasa kuat dan menyengat, Anda bisa mengganti minyak kayu putih dengan minyak kelapa. Namun, pastikan kulit anak tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan ini, ya!

4. Memperbanyak asupan cairan 

Anak butuh asupan cairan lebih banyak saat mengalami demam sehingga Anda wajib memperhatikan hal ini. Dehidrasi bisa berdampak buruk pada kesehatan si kecil sehingga memperparah kondisi demam. Selain air putih, Anda perlu memberikan asupan makanan yang bergizi demi menunjang kesembuhan anak lebih cepat. 

5. Istirahat yang cukup 

Pastikan anak memiliki jam istirahat yang cukup selama demam di rumah saja. Apabila anak lebih aktif bergerak, maka temperatur tubuh akan naik sehingga demam tak kunjung reda. Agar si kecil mau berbaring dan istirahat, Anda bisa memutarkan acara televisi favorit mereka. 

Beli obat penurun demam yang tepat di Toko SehatQ

Penggunaan obat terus menerus bisa membuat anak mengalami efek samping seperti ibuprofen yang bisa sebabkan masalah maag dan ginjal. Jika demam dalam tahap wajar alias tidak terlalu tinggi, Anda bisa menerapkan cara yang direkomendasikan SehatQ di atas. Namun, anak yang mengalami demam tinggi butuh obat sesuai dengan resep dokter. Jangan sampai demam tidak tertangani dan berdampak pada kejang.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya via chat biasa di SehatQ.com, lho! Dokter akan memberikan pengarahan termasuk rekomendasi obat yang aman untuk buah hati tercinta. Pada masa pandemi seperti sekarang, Anda tidak perlu keluar beli obat ke apotek. Cukup pesan obat yang Anda butuhkan sesuai resep dokter di aplikasi toko SehatQ yang mudah dan terpercaya.

Pesanan obat Anda akan dikirim ke rumah oleh kurir yang profesional. Lebih aman dan tanpa risiko penularan COVID-19 yang menjadi momok menakutkan dewasa ini. Saat anak demam atau mengalami masalah kesehatan lain, Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru pergi ke klinik, kok. 

Jika diperlukan tindakan medis lebih lanjut sebaiknya segera konsultasi dengan tenaga kesehatan yang ada di SehatQ dan bawa buah hati ke klinik atau rumah sakit terdekat ya.

Posting Komentar untuk "Tips Menangani Demam pada Anak Dari SehatQ"

banner
banner