Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Batu Ruby Sebagai Hiasan Gelang Berlian Berkualitas


Batu ruby merupakan salah satu dari big four batu permata paling populer di dunia selain berlian, safir, dan zamrud. Sudah sejak lama batu yang termasuk mineral korundum ini menjadi salah satu batu permata untuk keluarga kerajaan. Warnanya yang merah sangat menonjol, apalagi ketika dipadukan dengan berlian putih. Itulah sebabnya batu ruby sering dijadikan penghias gelang berlian berkualitas.


Ruby cocok dijadikan sebagai perhiasan gelang karena memiliki tingkat kekerasan tinggi yaitu 9 Mohs. Biasanya ruby akan dipadukan dengan logam atau jenis setting tertentu. Berikut ini merupakan informasi mengenai jenis setting dan logam yang cocok untuk ruby:


Jenis Setting

Saat membeli perhiasan berlian Anda akan menemukan istilah setting atau pengaturan berlian. Setting berlian merujuk pada teknik yang dipakai untuk memasang berlian pada perhiasan. Bukan hanya penampilan saja, setting juga penting untuk menjaga berlian aman di rangkanya. Ada beberapa jenis setting yang cocok untuk ruby yaitu:

● Pave

Pave setting merupakan salah satu jenis setting yang cukup populer dipakai perhiasan bertahtakan ruby. Tampilannya yang elegan dan sederhana menjadi kelebihannya. Ciri khasnya yaitu ada beberapa batu permata kecil yang disusun berdekatan. Kemudian batu tersebut ditahan oleh manik-manik yang dibuat dari logam.

● Prong

Prong setting merupakan jenis setting paling populer untuk cincin, kalung, anting, maupun gelang berlian berkualitas. Ciri khasnya yaitu ruby dilindungi oleh logam yang dibentuk seperti cakar. Biasanya prong yang dipakai untuk membuat ruby aman sebanyak empat sampai enam prong. Semakin banyak akan semakin aman karena mencengkeram dengan baik.

● Bezel

Jenis pengaturan terakhir adalah yang paling aman yaitu bezel setting. Jika memakai pengaturan ini, batu ruby akan dikelilingi oleh pita logam. Biasanya pita logam tersebut tipis sehingga berlian tetap terlihat menonjol dan bersinar dengan indahnya.

Jenis Logam

Selain setting, ada juga logam yang cocok dipadukan dengan ruby seperti:

● Emas putih

Emas putih atau white gold merupakan logam yang paling sering dipakai untuk gelang berlian dan ruby. Pasalnya warnanya yang putih membuat ruby merah tampak lebih menonjol. Biasanya emas putih dijadikan alternatif pilihan selain platinum karena harganya lebih terjangkau. Meskipun begitu, emas putih tetap reflektif dan cantik dipadukan dengan ruby.

● Emas kuning

Jika menginginkan gelang yang memiliki nuansa vintage, Anda bisa memilih logam emas kuning atau yellow gold. Emas kuning memiliki kesan vintage karena emas murni juga berwarna kuning. Selain itu, emas kuning juga bisa menonjolkan kecemerlangan ruby.

● Rose gold

Jenis logam terakhir yang cocok dipadukan dengan ruby dan berlian adalah rose gold. Warnanya sedikit kemerahan karena campuran antara emas murni dan tembaga. Perpaduan antara ruby, white diamond, dan rose gold membuat gelang terlihat lebih feminin. 

Rekomendasi Gelang Berlian Berhiaskan Ruby yang Berkualitas

Tertarik memiliki gelang berlian berkualitas berhiaskan batu ruby? The Palace Jeweler menawarkan beberapa koleksinya. Salah satu rekomendasinya yaitu gelang Imperial. Gelang satu ini mengusung tema kekaisaran sehingga terlihat mewah, megah, sekaligus indah.

Batu ruby yang disematkan berbentuk oval dengan berat 1 carat. Karena menjadi center stone, ruby kemudian dikelilingi oleh berlian-berlian lain yang lebih kecil. Setidaknya ada 58 butir berlian yang dipakai dengan berat 0,877 carat. Sementara logamnya adalah emas putih ukuran 10,593 gram sehingga cukup besar.

Itulah pembahasan mengenai keindahan batu ruby yang ada pada gelang berlian berkualitas. Tertarik untuk meminangnya? Dapatkan gelang impian Anda di gerai The Palace Jeweler terdekat.

Posting Komentar untuk "Indahnya Batu Ruby Sebagai Hiasan Gelang Berlian Berkualitas"

banner
banner