Cara Tepat Memilih Tempat Kos atau Kontrakan Sesuai Keinginan

Cara Tepat Memilih Tempat Kos atau Kontrakan Sesuai Keinginan

Merantau adalah salah satu fase yang dilewati sebagian orang saat ia mulai beranjak dewasa. Umumnya selepas SMA, sebagian besar dari mereka memutuskan untuk mengadu nasib ke kota orang, entah untuk kuliah atau bekerja. 

Pergi merantau untuk menimba ilmu atau untuk bekerja seorang diri memang bukan perkara mudah bagi kamu, remaja yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas. Terlebih bagi kamu yang baru pertama kali hidup jauh dari rumah dan terpisah dari orang tua.

Bicara soal merantau tentu tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan masalah sewa kost ataupun kontrakan. Sebab bagaimanapun juga sebagian besar kehidupan rantau dihabiskan di lingkungan tersebut. Akan hidup di luar kota, tempat tinggal jadi satu hal dasar yang wajib kamu temukan.

Namun menemukan kos-kosan atupun kontrak rumah yang ideal juga bukan perkara mudah, Banyak mahasiswa yang harus pindah kos berkali-kali hingga menemukan rumah kos yang dirasa nyaman dan tepat.

Agar tak repot harus berpindah-pindah kosan dengan membawa banyak barang, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa calon tempat tinggal kamu tersebut sudah pas di hati atau belum. 

Berikut ini beberapa cara tepat memilih kos kosan atau kontrakan sesuai keinginan.

Tentukan Lokasi

Sangat disarankan untuk memilih kosan yang dekat dari kampus. Jika bisa, pilih kos yang jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Biasanya kos yang dekat dari kampus akan memiliki harga lebih mahal. 

Namun kamu bisa jadi lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan ongkos tambahan setiap harinya. Jika kelas mendadak dibatalkan atau ada kelas pengganti yang jamnya tanggung, kamu bisa dengan mudah pulang ke kos kapanpun kamu mau. 

Penting juga memperhatikan lingkungan sekitar rumah kos. Ramai atau tidak? Jika di dekat kos terdapat banyak warung, restoran, dan supermarket akan lebih baik lagi untuk kamu. Selain itu lihatlah lingkungan sekitar, apakah sesuai dengan harapan atau tidak, jika tidak jangan paksakan buat menempati di lokasi tersebut. Karena ini akan berpengaruh besar untuk jangka panjang selama menempati di lokasi tersebut.

Cari Jauh-jauh Hari

Sebaiknya kamu tak buang-buang waktu dan langsung pergi untuk mencari kos. Karena semua kos yang lokasinya strategis dan berfasilitas lengkap selalu jadi incaran banyak orang.

Cek Fasilitas

Untuk kos kosan fasilitas yang lengkap dan memadai jadi faktor kunci yang menentukan apakah kamu akan betah tinggal di sana atau tidak. Tanyakan sejelas-jelasnya. Misalnya Wifi, laundry, air minum, dapur, dan kamar mandi bersama yang bersih jadi persyaratan mutlak yang wajib dimiliki sebuah rumah kos yang baik. Ada beberapa kos yang menawarkan fasilitas kamar mandi pribadi di dalam kamar dan jaringan tv kabel.

Membandingkan Harga

Sebelum memutuskan untuk menyewa rumah kos atau kontrakan, wajib hukumnya bagi kamu berkeliling melakukan survei terlebih dahulu. Bandingkan soal harga dan fasilitas yang ditawarkan. Nilai apakah harga yang ditawarkan sesuai atau tidak dengan fasilitas yang ada. Ada juga beberapa rumah kos atau kontrakan yang menerapkan sistem sewa berbeda, yaitu per-bulan, per-tiga bulan, bahkan per-tahun sekaligus.

Namun sebaiknya kamu tak terburu-buru dan membayar harga untuk satu bulan sewa terlebih dahulu. Ini penting jika untuk melihat apakah kamu betah atau tidak tinggal di sana. Biasanya semakin mewah, besar, dan lengkap fasilitas rumah kos yang ditawarkan, semakin mahal pula harganya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar