Tips Menjaga Kesehatan Gusi Sering Berdarah

Tips Menjaga Kesehatan Gusi Sering Berdarah

Kesehatan gusi sama pentingnya dengan kesehatan gigi, untuk mendapatakan kesehatan gusi yang baik maka jagalah kesehatan gigi. Namun tak jarang orang yang mengalami gusi sering berdarah saat menyikat gigi. Untuk itu, maka kamu perlu menjaga kesehatan gigi setiap harinya dengan menggosok gigi yang benar. 

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menjaga kesehatan gusi. Namun sebelumnya perlu kamu ketahui beberapa penyebab gusi sering berdarak dan bengkak.

Penyeb Gisi Berdarah dan Bengkak

Gusi bengkak merupakan hal yang umum ditemui. Biasa ditkamui dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Ada sebagian kasus gusi bengkak yang terjadi bisa menjadi besar hingga menutupi gigi secara keseluruhan. Berikut beberapa penyebab gusi sering berdarak dan bengkak :

Iritasi
Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung oleh pasta gigi, makanan, obat-obatan, atau bahkan perbaikan kawat gigi dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau pembengkakan pada jaringan gusi. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gusi bengkak setelah mengganti pasta gigi.

Plak dan Tartar
Plak merupakan salah satu penyebab gusi bengkak. Plak merupakan lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri yang ada di mulut. Plak akan terlihat saat gigi tidak dibersihkan secara rutin yang menimbulkan zat berwarna keputihan atau kekuningan pada permukaan gigi.

Plak bisa dihilangkan dengan menyikat gigi secara konsisten. Plak bukan hanya menyebabkan gigi berlubang saja,  namun juga menyebabkan infeksi. Plak yang menumpuk dapat masuk ke dalam gusi dan menyebabkan peradangan dari dalam ke luar.

Tartar terbentuk dari plak yang mengeras dan juga dikenal dengan sebutan dental kalkulus atau karang gigi. Plak bisa berubah menjadi tartar pada waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari. 

Sisa Makanan
Makanan yang masuk ke gusi dan melekat di sela-sela gigi menjadi sulit untuk dibersihkan jika hal tersebut sering terjadi sepanjang hari. 

Hormon
Beberapa wanita menemukan bahwa perubahan kadar hormon bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara, dengan kasus terpanjang biasanya dikaitkan dengan kehamilan.

Obat
Jika kamu sudah sangat baik dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, maka saatnya untuk memeriksa obat apa yang kamu konsumsi.

Tips Menjaga Kesehatan Gusi yang Sering Berdarah

Tidak Merokok dan Pola Makan sehat. Kalau ingin gusi kamu sehat kamu harus menjauhi rokok, merokok bisa menyebabkan penyakit gigi, dan tembakau dalam rokok bisa menyebabkan penyakit gusi, disamping ini kamu harus tetap mempertahankan pola makan sehat, konsumsi banyak vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dan E mampu meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Jangan Menggeretakkan gigi waktu tidur
Kalau kamu bermasalah dengan gigi, atau sering menggeretakkan gigi waktu tidur segera hubungi dokter gigi agar kamu mendapat solusi. Menggeretakkan gigi bisa menyebabkan infeksi gusi.

Gosok gigi minimal 2 kali sehari
Jangan lupa selalu membersihkan gigi kamu, gosok gigi dengan benar, gosok dengan lembut setiap gigi kamu baik secara vertikal atau horizontal, kemudian sapukan bagian langit mulut dan bagian atas lidah kamu.

Bersihkan sela-sela gigi
Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan diantara sela gigi kamu. Pegang benang diantara bagian depan dan belakang gigi sehingga membentuk huruf C.

Bilas mulut dengan antiseptik
Selanjutnya setelah proses pembersihan gigi selesai bilaslah mulut kamu dengan anti septik selama 30 detik untuk menghilangkan bakteri dan pluk gigi.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar