Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Menjaga Kebersihan Rumah modern minimalis Anda

Rumah modern minimalis

Siapa yang tidak mau rumah idamannya tidak selalu tampak bersih dan rapi? Apalagi, untuk para ibu rumah tangga yang punya anak lebih dari satu, merapikan rumah bakal menjadi kegiatan yang dapat dilakukan lebih dari tiga kali dalam sehari. Lantas, bagaimana menjaga rumah modern minimalis anda untuk selalu cantik tanpa mesti merepotkan diri bersih-bersih tiap saat? Berikut sejumlah tips simpel untuk menciptakan rumah minimalis kita tampak selalu bersih dan rapi.

1. Pisahkan Ruang Pribadi dan Ruang Umum di Rumah

Ruangan yang berada dekat dengan pintu masuk seringkali adalah sebuah ruang publik alias ruang tamu. Ruangan lain layaknya ruang makan dan ruang keluarga pun kerap menjadi lokasi berkumpul orang-orang. Usahakan seluruh tempat-tempat tersebut bebas dari baju yang bergantung, kertas berantakan, dan barang-barang yang menyebabkan kesan tidak apik pada rumah modern minimalis Anda. Bagian depan yang pertama kali disaksikan tamu saat datang ialah bagian yang sangat harus kita awasi kebersihannya. Jika memang terburu-buru harus membereskan sesuatu, sediakan satu ruang eksklusif (gudang) untuk menyembunyikan barang-barang tersebutsebelum dibereskan ke tempatnya.

2. Lakukan Hal Simpel Ini Sesering Mungkin

Mencuci piring, menempatkan baju kotor ke keranjang cuci atau sekadar mengembalikan buku ke rak ialah hal-hal yang sederhana yang kadang terabaikan. Akibatnya, barang ini menumpuk di tempat yang tidak seharusnya dan menciptakan ruangan terlihat tidak rapi. Lakukan hal-hal kecil ini sesering mungkin. Bukan hanya untuk menjaga kerapihan dan kebersihan, namun juga supaya Anda tidak terlalu lelah ketika mengerjakannya sekaligus saat membersihkan rumah modern minimalis anda.

3. Buang Barang-barang yang Tidak kita Butuhkan Segera

“Saya barangkali akan perlu baju ini” atau “Buku ini barangkali akan saya perlukan nanti” ialah hal-hal yang tidak jarang terbersit saat sedang beres-beres. Kebiasaan menumpuk barang yang belum pasti akan dipakai membuat tempat tinggal Anda penuh. Jika ada barang yang jarang kita gunakan, simpan saja di gudang alih-alih menumpuknya di antara sudut rumah. Lebih bagus bila Anda ingin memberikannya pada yang lebih membutuhkan.

4. Libatkan Orang-orang di Rumah Untuk Aktivitas Bersih-bersih

Punya atau tidak punya pembantu, usahakanlah sesekali ajak anak-anak atau pasangan melakukan bersih-bersih. Misalnya, pisahkan waktu 10 menit setelah santap malam. Ini sekaligus akan mengajarkan seluruh anggota keluarga bakal tanggungjawab terhadap kebersihan rumah modern minimalis.

5. Hanya Perabotan yang Boleh Berada di Atas Lantai

Meletakkan tumpukan majalah, mainan, atau buku di lantai jelas akan menciptakan rumah Anda terlihat berserakan. Pastikan lemari, rak buku, dan perabotan yang menempel langsung dengan lantai rumah modern minimalis.

6. Letakkan Peralatan Masak yang Benar-benar kita Butuhkan

Beberapa ibu rumah tangga suka mengumpulkan peralatan dapur seperti ragam jenis mangkuk hingga toples yang tak terhitung jumlahnya walau sebenarnya jarang digunakan. Meletakkan koleksi kita di rak dapur bukanlah opsi yang tepat. Selain menciptakan dapur terasa penuh, koleksi Anda pun akan berdebu dan mudah rusak. Isi rak Anda dengan perlengkapan yang benar-benar Anda pakai setiap hari. Sisanya? Simpan di lemari penyimpanan atau kemas apik dan taruh di gudang.

Posting Komentar untuk "6 Tips Menjaga Kebersihan Rumah modern minimalis Anda"

banner
banner