Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Jumat, 11 September 2020

Jumat, September 11, 2020 | ,    Berkomentar
7 Hal yang Harus Segera Dilakukan Ketika Tahu Anda Sedang Hamil

Kehamilan adalah sebuah anugerah terindah bagi wanita. Apalagi setelah mencoba berbagai cara agar cepat hamil dan akhirnya berhasil mendapatkan kehamilan yang ditunggu- tunggu, pasti rasa bahagia Anda tak mampu dilukiskan dengan kata-kata. 

Untuk Anda yang baru saja mengetahui bahwa tanda di test pack menunjukkan 2 garis biru, jangan panik atau malah sembrono karena terlalu girang. Berikut hal yang harus Anda lakukan ketika tahu bahwa Anda sedang hamil.

1. Beritahu Kepada Keluarga Terdekat

Berita membahagiakan ini harus segera Anda beritahu kepada suami, ayah, ibu dan mertua. Berita ini juga dapat membuat bahagia orang disekitar Anda. Mendapatkan ucapan selamat dan semangat dan sekitar juga bagus bagi kesehatan mental sang ibu. 

2. Datang ke Dokter

Bagi Anda yang mengetahui kehamilan dari alat test pack, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan. Sudah berapa minggu/hari Anda mengandung sang buah hati. Bagaimana pula kondisi ibu dan janin, jika Anda mempunya beberapa gejala seperti sakit punggung ringan hingga parah (lebih parah daripada saat PMS), lendir merah muda, kontraksi nyeri yang terjadi setiap 5 hingga 20 menit, pendarahan berwarna coklat atau merah cerah baik disertai atau tidak disertai dengan kram perut, lendir seperti tisu yang keluar dari vagina, atau penurunan pada tanda-tanda kehamilan. Sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk menentukan apakah Anda mungkin mengalami keguguran. 

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Vitamin kehamilan

Mengkonsumsi makanan sehat sangat wajib terlebih lagi ketika sedang mengandung, karena asupan yang ibu makan juga akan menjadi asupan gizi yang diterima oleh bayi. Namun tidak hanya itu saja, Anda juga membutuhkan vitamin prenatal untuk melengkapi asupan makanan Anda ketika Anda susah makan karena morning sick atau bawaan dari sang bayi yang tidak bisa makan makanan tertentu. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup.

4. Berolahraga

Berolahraga saat hamil memiliki banyak manfaat, terutama untuk persiapan melahirkan dan membiasakan bada membawa perut yang semakin berat setiap harinya. Jangan melakukan olahraga berat, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, pilates, atau yoga untuk ibu hamil. Berolahraga juga bisa memperbaiki mood ibu hamil yang suka berubah-ubah.

5. Istirahat Cukup 

Ini sudah merupakan sebuah keharusan jika ibu hamil tidak boleh bekerja berat dan terlalu lelah. Cobalah mulai sekarang belajar mendengarkan tubuh, ketahui kapan tubuh ingin istirahat dan kapan tubuh bisa beraktivitas. Jika sudah menunjukkan tanda lelah, sebaiknya berhenti dari aktivitas yang dilakukan kemudian istirahat.

6. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Menurut Dr Mary Jane Minkin, profesor klinis ilmu kebidanan dan ginekologi dan reproduksi di Yale University Medical School. Mengatakan jika beberapa wanita yang memiliki masalah medis dan sedang dalam masa mengkonsumsi obat-obatan harus segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. 

“Jika seorang wanita memang memiliki masalah medis, dan sedang mengkonsumsi beberapa obat, dia harus memeriksa tentang obat-obatan ini - misalnya, obat kejang tertentu dan obat tekanan darah tinggi tidak bagus selama kehamilan, dan lebih baik diganti sebelum satu bulan kehamilan. 

Selain obat-obatan medis, Anda yang merokok atau kerap kali minum alkohol juga harus menghentikan kebiasaan ini karena berbahaya untuk janin. 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar