Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Jumat, 02 Oktober 2020

Jumat, Oktober 02, 2020 | , ,    Berkomentar
Simak 6 Tips Memilih Bengkel Toyota Yang Aman Untuk Servis Mobil

Kesalahan dalam memilih bengkel bisa menimbulkan akibat yang buruk untuk mobil yang anda miliki. Alih alih menghemat uang, memilih tempat servis mobil yang menawarkan harga murah bisa saja membuat mobil anda tambah rusak sehabis diservis. Akibatnya, mobil anda akan semakin mengalami kerusakan parah dan butuh pengeluaran dana yang besar. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips memilih bengkel service Toyota yang aman.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Bengkel Untuk Servis Mobil

1. Memilih Bengkel Dengan Suku Cadang Yang Lengkap

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum memilih bengkel servis mobil adalah memastikan bengkel tersebut memiliki suku cadang mobil yang lengkap dan beragam. Bengkel yang menawarkan pilihan suku cadang lengkap dapat dipastikan bahwa pelayanan servisnya tidak akan mengecewakan. Dengan berbagai tawaran suku cadang yang lengkap, anda bisa memilih beragam onderdil yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2. Memilih Bengkel Dengan Teknisi Profesional Dan Tersertifikasi

Poin yang tak kalah penting dalam memilih bengkel terbaik adalah memperhatikan tenaga kerjanya. Jika tenaga kerja tersebut dibekali dengan pengetahuan otomotif yang mendalam, dapat dipastikan merawat mobil anda dengan tepat. Bengkel yang sudah profesional juga bisa dilihat dari adanya sertifikasi keamanan dan profesionalitas. Umumnya, sertifikasi tersebut diberikan oleh perusahaan otomotif terbesar di daerahnya.

3. Bengkel Memiliki SOP Dan QC Yang Memadai

Selain tenaga kerja yang ahli, tempat service Toyota dapat dikatakan baik dan profesional jika tempat tersebut memiliki kinerja yang berlandaskan SOP (Standard Operating procedure), dan QC (Quality Control). Dengan kinerja tersebut, seluruh tenaga kerja akan memiliki kemampuan mendeteksi dan mendiagnosis permasalahan mobil. Melalui diagnosa yang akurat, mereka akan langsung tahu mengenai apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Poin penting ini juga berlaku bagi manajemen bengkel itu sendiri. Kepatuhan kebijakan SOP yang didukung dengan penerapan QC akan memastikan kinerja mekanik pegawai bengkel. Jika peraturan tersebut ditaati akan menghasilkan kualitas tempat servis yang aman dan terpercaya. Jika anda menemukan bengkel mobil dengan penerapan sistem kinerja tersebut, maka anda bisa mempercayakan pembenahan mobil yang bermasalah dengan aman. 

4. Keaslian Suku Cadang

Perlu diingat, bengkel yang bagus tak hanya menawarkan beragam onderdil yang lengkap. Namun juga memastikan semua suku cadang orisinal. Umumnya, bengkel resmi selalu menyediakan dan menawarkan suku asli saat kendaraan pelanggan membutuhkan pergantian onderdil yang asli. Penawaran part mobil yang asli kebanyakan memang ada di Toyota home servis saja. Beberapa tempat servis mobil mungkin hanya memiliki onderdil tiruan.

Terlepas dari perawatan mobil dilakukan di bengkel resmi maupun umum, anda harus tetap memastikan bahwa part atau suku cadang yang dibeli sudah terjamin keasliannya. Memang jika berbicara mengenai harga, suku cadang KW akan lebih murah jika dibandingkan dengan onderdil yang asli. Dengan harga yang murah, tentu akan menimbulkan potensi risiko kinerja mobil yang tidak maksimal. Bahkan dalam jangka waktu lama, mobil tersebut bisa rusak.

5. Memilih Bengkel Yang Bisa Didatangi Kapanpun Anda Mau

Agar lebih mempermudah anda untuk mengurus perawatan kendaraan, pilih tempat servis mobil yang memiliki jam operasional cukup panjang. Beberapa bengkel mungkin akan tutup di hari minggu atau tanggal merah. Namun jika ditelaah, beberapa bengkel resmi memiliki jam operasional luas yang dapat menyesuaikan waktu pelanggannya. Anda hanya perlu memilih bengkel Toyota dengan jam buka yang sesuai dengan waktu senggang yang anda miliki.

6. Meskipun Bukan Penentu, Pilih Bengkel Yang Ramai Pelanggan

Beberapa tempat service Toyota dikunjungi oleh banyak pelanggan. Meskipun bengkel didatangi banyak pelanggan, hal tersebut bisa dikatakan sebagai hal yang tidak menentukan kualitas kinerja servisnya. Setidaknya, bengkel yang ramai dan sering dikunjungi tandanya sudah mendapatkan kepercayaan banyak orang. Satu satu cara untuk mengetahui kualitas bengkel tersebut adalah menanyakan kualitas kepada orang yang sudah mengunjunginya.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bengkel yang aman terpercaya. Bisa dikatakan, perawatan kendaraan di bengkel resmi akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan bengkel umum. Namun, hal yang bisa anda rasakan adalah kualitas dan kinerja yang sangat berbeda. Untuk menghindari risiko, pilih saja bengkel resmi dengan perawatan terbaik.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar