Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Sabtu, 05 Desember 2020

Sabtu, Desember 05, 2020 | ,    Berkomentar
Jenis-jenis Lensa Katarak dalam Prosedur Operasinya

Katarak merupakan penyakit mata yang menyerang bagian lensa. Lensa mata rusak akibat adanya gumpalan protein yang menghalangi cahaya masuk. Ketidakmampuan cahaya masuk ke dalam lensa mata inilah yang membuat pandangan penderita katarak kabur seperti berkabut, ganda, hingga tidak sedikit yang juga mengalami kebutaan.

Tindak operasi katarak bukan operasi kecil, namun terbilang operasi cepat. Semua bergantung pada jenis operasi yang dipilih pasien. Namun, melihat dari penyebab penyakit ini, kita tahu jika yang akan ditindak adalah lensa mata. Lensa akan diganti dengan lensa buatan.

Macam-Macam Lensa Katarak

Pasien pintar adalah pasien yang tidak ‘iya-iya’ saja pada semua yang dokter katakana padanya. Namun, pasien ini mencoba mencari tahu setiap hal yang dibutuhkannya. Menanyakan keseluruhan kesehatan matanya, tindakan paling tepat yang harus diambil, resiko atau efek samping tindakan, termasuk lensa apa yang sebaiknya dipilih sebagai lensa pengganti mata katarak tersebut.

Berikut beberapa nama lensa pada operasi katarak yang harus kamu ketahui:

Monofokal

Jenis lensa yang umum digunakan, bahkan terbilang tradisonal adalah lensa monofokal. Focus lensa ini hanya satu. Jadi, pasien dengan focus jarak dekat, jauh, maupun menengah bisa memilihnya.

Di antara jenis-jenis lensa katarak, monofokal merupakan yang paling direkomendasikan bagi pasien yang memiliki mobilitas tinggi harus sering berkendara terutama di malam hari. Efek silau pada monofocal sangat mendukung aktivitas ini karena intensitasnya lebih kecil.

Multifokal

Sesuai namanya, lenasa multifocal memiliki titik focus lebih dari satu. Artinya, bisa dipilih oleh pasien yang membutuhkan lensa dengan dua titik focus, seperti focus jarak jauh dan dekat. Desainnya disesuaikan dengan fungsinya agar otak dapat memilih focus sesuai kebutuhan focus mata pasien. Lebih banyak fungsi, jenis lensa ini memiliki harga yang lebih mahal dari lensa monofokal.

Akomodatif

Setiap pasien katarak memiliki kebutuhan lensa yang berbeda-beda. Ada pasien yang membutuhkan lensa pengganti dengan fungsi khusus untuk menghubungkan lensa dengan otot silaris agar dapat memipihkan dan mencembungkan lensa mata tersebut. Sehingga, lensa mata akan bergerak dan focus sesuai letak benda yang dilihat oleh lensa mata tersebut, baik ke depan maupun belakang. Bergeraknya lensa ke arah depan membantu melihat dalam jarak yang dekat. Sedangkan saat bergerak ke belakang, artinya sedang membantu focus dalam melihat jarak yang jauh. Lensa khusus inilah yang dinamakan lensa akomodatif.

Torik

Bagi penderita katarak yang sejak awal juga memiliki silinder dan membutuhkan lensa pengganti yang juga mendukung kebutuhan silinder tersebut, maka bisa memilih lensa implant torik untuk operasi kataraknya.

Pemilihan lensa ini lebih direkomendasikan agar pada operasi tidak perlu melakukan pengurangan luas area tindakan. 

Dengan pemeriksaan menyeluruh sejak awal, kamu akan tahu apakah mata kamu normal, minus, plus, atau silindris. Jadi, lensa pengganti pun tidak asal-asalan dipilih.

Lensa Katarak Modern

Perkembangan teknologi tidak hanya memberikan kecanggihan pada alat-alat operasi bedah katarak, tapi juga model lensa yang ditawarkan. Selain menunjang dengan berbagai jenis lensa yang dapat membantu penglihatan baik yang rabun jauh, dekat, atau silindris, saat ini lensa tersebut juga mampu menunjang penampilan. Apalagi jika pasien termasuk yang suka dengan kontak lensa.

Kini, banyak pilihan model lensa implant. Berbagai pilihan warna dan bentuk dapat disesuaikan dengan estetikan yang diinginkan dan dibutuhkan pasien. Seperti warna abu-abu, cokelat, biru, atau pun warna alami mata seperti sebelumnya. Dari segi model, diameternya juga lebih beragam dalam berbagai ukuran.

Namun sebagai pasien pintar, kelebihan dari segi warna dan model lensa ini jangan sampai diutamakan. Utamakanlah kelebihan lain dari lensa tersebut, di samping dapat membantu focus penglihatan yaitu dengan memastikan bahan lensa yang digunakan aman dan memastikan juga bahwa jenis lensa tersebut ketahanannya terhadap sinar-sinar tertentu yang mungkin jika tidak dipastikan dapat memicu efek samping.

Semakin kompleks jenis lensa yang kita inginkan, pasti harganya semakin tinggi. Jadi, lebih bijak jika keutamaan sesuai kebutuhan kita kedepankan.

Estetika Lensa Katarak

Keindahan lensa mata harus diakui. Tidak sedikit orang gonta ganti soft lens hanya karena ingin memiliki penampilan berbeda setiap saat. Menyesuaikan dengan gaya fashion, karakter, hingga harapan-harapan lain yang mungkin bisa diubah olen kontak lensa tersebut dari penampilannya.

Jangan heran, ketika seseorang menderita katarak dan harus ditindak juga menjadikan lensa pengganti tersebutb sebagai pertimbangannya. Apakah ia masih bisa memakan kontak lensa lagi setelahnya?

Ternyata, tanpa harus gonta-ganti melalui penyembuhan katarak tersebut nantinya kita akan mendapatkan pilihan untuk memiliki lensa mata baru yang sesuai keinginan. Tidak perlu lagi capek-capek gonta-ganti lensa.

Kalau kamu penasaran dan ingin mendapatkan penanganan katarak dengan pilihan lensa katarak masa kini, coba konsultasikan masalah katarak kamu di KMN EyeCare. Penanganan modern dan berteknologi untuk kesehatan mata masa kini. Kamu bisa cek daftar lokasi KMN Eye Care di berbagai wilayah, mulai dari Jakarta Selatan, Kemayoran, Kebon Jeruk, Pantai Indah Kapuk hingga Semarang.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar