Catatan Pengetahuan & Informasi | 2020

Rabu, 16 Desember 2020

Rabu, Desember 16, 2020 | , ,    Berkomentar
Mari Kenali Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anda

Uang adalah hal yang sangat riskan karena mudah dikeluarkan. Sayangnya, kondisi pendapatan yang tak sebanding dengan pengeluaran dapat membuat anda kebingungan dan stres. Oleh karena itu, anda sebaiknya perlu mengelola keuangan kembali untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Yuk simak cara mengatur keuangan pribadi disini.

Tips Jitu Mengelola Keuangan Dengan Baik

1. Evaluasi Jumlah Pemasukan

Jumlah pemasukan adalah pendapatan utama yang harus disesuaikan dengan pengeluaran uang. Dalam hal ini, anda perlu mengevaluasi jumlah pemasukan yang dimiliki apakah sudah sesuai dan bisa menutupi kebutuhan anda. Tentunya, kebutuhan pokok yang lebih besar dari pendapatan harus segera ditutup dengan pemasukan baru yang harus anda peroleh.

Penutupan kebutuhan tersebut tentu bisa dilakukan dengan mencari pendapatan tambahan. Anda bahkan bisa menjalankan usaha sampingan seperti bisnis online. Meski demikian, anda harus mengoptimalkan kebutuhan anda secara maksimal sebelum mengorbankan waktu istirahat dan kesehatan yang dimiliki.

2. Catat Kebutuhan Anggaran Anda

Mencatat kebutuhan anggaran juga penting untuk dilakukan. Tentunya, anda bisa membedakan kebutuhan pokok dan kebutuhan tersier yang tak selalu harus terpenuhi saat itu juga. Dengan mengetahui kondisi ini, anda dapat meminimalkan pengeluaran yang ada dengan memenuhi kebutuhan pokok yang mendesak terlebih dahulu.

Pemenuhan kebutuhan pokok seperti makan, tagihan listrik dan ongkos bekerja adalah cara mengatur keuangan pribadi dengan baik. Kemudian, anda bisa menggunakan sisa uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan tersier yang anda inginkan. Meski demikian, kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang tidak penting sehingga jangan selalu dituruti. 

3. Miliki Dana Darurat

Begitu pula, menyediakan dana darurat harus selalu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang bisa datang secara tiba-tiba. Dalam hal ini, anda bisa menyisihkan pendapatan utama sebanyak 10% untuk berjaga-jaga. Uang tersebut juga bisa anda gunakan kapanpun ketika membutuhkan. Oleh karena itu, anda tidak akan merasa kekurangan uang.

4. Hindari Kebiasaan Utang

Utang memang selalu menjanjikan kebahagiaan dan kemewahan untuk mendapatkan berbagai hal maupun memenuhi kebutuhan yang ada. Namun sayangnya, utang yang bertumpuk hingga banyak dapat menguras uang yang anda miliki. Selain itu, kebiasaan utang juga dapat menghancurkan strategi pengelolaan yang anda miliki.

Untuk itu, menghindari kebiasaan utang adalah cara mengatur keuangan pribadi yang baik. Anda bahkan bisa mengevaluasi utang yang pernah anda miliki untuk menyiapkan perencanaan keuangan. Tentunya, anda bisa melihat catatan kebutuhan anggaran sebelum melakukan utang. Bahkan, kebiasaan utang untuk memenuhi kebutuhan tersier sebaiknya ditinggalkan.

5. Bijak Berinvestasi

Investasi adalah kebiasaan baik yang bisa anda lakukan. Kegiatan investasi tak hanya bisa menjamin kebutuhan anda. Bahkan, kegiatan investasi yang telah direncanakan dan dilakukan dengan bijak dapat dijadikan sebagai jaminan hari tua. Oleh karena itu, anda bisa menyisihkan uang pendapatan yang telah dikurangi dengan kebutuhan pokok maupun kebutuhan tersier untuk berinvestasi.
Tahap awal yang dapat dilakukan dalam memulai kegiatan ini adalah menyisihkan sedikit pendapatan anda. Tentunya, anda juga bisa menyisihkan 10% dari pendapatan untuk berinvestasi setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Kemudian, anda bisa memilih jenis investasi seperti asuransi, deposito maupun emas. Hal ini tentu menjadi cara mengatur keuangan pribadi yang baik.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mengelola keuangan pribadi. Bahkan, kondisi pandemi yang terjadi mengharuskan anda untuk mengatur keuangan pribadi dengan lebih baik. Anda bahkan bisa membuka investasi seperti produk asuransi jiwa dari Zurich Indonesia agar keuangan anda bisa selalu stabil. Tentunya, asuransi jiwa juga dapat memberikan perlindungan kesehatan dengan baik.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar