Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Rabu, 16 Desember 2020

Rabu, Desember 16, 2020 | ,    Berkomentar
Wajib Tahu! Berikut Ciri Sakit Kanker Serviks Yang Harus Diwaspadai

Kanker serviks adalah salah satu penyakit berbahaya yang cukup banyak dialami oleh kaum wanita. Penyakit berbahaya ini paling banyak diderita oleh wanita yang memiliki kebiasaan buruk merokok.  Selain itu, penyakit ini juga bisa dialami oleh wanita yang sedang hamil pada usia muda. Yuk kenali ciri sakit kanker serviks disini.

Gejala Kanker Serviks Yang Harus Diwaspadai

1. Nyeri Perut Dan Pinggang

Penyakit yang dapat berkembang pada daerah rahim ini bisa datang sewaktu-waktu. Hal ini bahkan bisa memicu rasa nyeri pada perut dan pinggang. Begitu pula, sel kanker yang tumbuh pada dinding rahim ini juga bisa menekan pembuluh darah dan mengakibatkan rasa sakit di panggul. Akibatnya, kondisi ini juga bisa menghambat sirkulasi darah yang menuju ke kaki.

Rasa sakit pada perut dan pinggang ini sering tidak disadari. Tentunya, kejadian rasa sakit yang terjadi saat menstruasi adalah hal yang biasa dialami oleh sebagian besar wanita. Meski demikian, rasa sakit yang hebat dan kuat saat menstruasi sebaiknya perlu diwaspadai. Terlebih lagi jika sakit ini dapat bertaut dari perut, pinggang dan juga punggung secara berulang.

2. Pendarahan Abnormal

Ciri sakit kanker serviks juga bisa ditandai dengan pendarahan yang tidak wajar. Salah satu hal yang bisa diwaspadai dalam hal ini, adalah perdarahan yang dapat terjadi meski hari menstruasi telah selesai. Begitu pula, kejadian perdarahan ini juga dapat mengakibatkan siklus haid menjadi tidak teratur dan berbeda dari biasanya.

Selain itu, pendarahan yang mengacu pada gejala kanker ini juga bisa terjadi pada seorang wanita yang telah menopause. Pendarahan yang terjadi dan mengeluarkan sel darah merah ini bahkan bisa mengakibatkan penyakit anemia. Tentunya, seseorang yang mengalami kejadian ini dapat mudah merasakan lelah dan pusing secara berulang.

3. Keputihan Berlebih

Keputihan yang sering dialami oleh wanita adalah hal yang wajar. Namun, keputihan yang berlebihan bisa diidentifikasi sebagai ciri sakit kanker serviks Kondisi yang dapat membedakan keputihan biasa dan gejala penyakit ini adalah warna dan bau yang ditimbulkan. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya mengeluarkan keputihan dengan warna pucat dan bau yang tidak sedap.

Hal lain yang perlu diwaspadai dari gejala ini adalah waktu kejadian keputihan. Seseorang yang menderita penyakit kanker serviks biasanya dapat terjadi diantara masa menstruasi maupun setelah menopause. Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter jika anda mengalami gejala ini. bahkan, anda juga perlu memperhatikan cairan keputihan untuk membedakan adanya cairan tumor serviks.

4. Kehilangan Nafsu Makan Dan Berat Badan

Selain itu, penyakit yang satu ini juga bisa ditandai dengan nafsu makan yang berkurang. Dalam hal ini, seseorang penderita kanker serviks biasanya mudah merasakan mual dan tak nyaman pada perut. Bahkan, gejala ini juga bisa ditandai dengan kondisi tubuh yang kesulitan untuk menerima berbagai asupan makanan ke dalam tubuh.

5. Rasa Sakit Saat Berhubungan Intim

Rasa sakit yang dirasakan saat berhubungan intim memang terkadang bisa dialami oleh siapa saja. Sayangnya, kondisi ini merupakan bagian dari ciri sakit kanker serviks yang harus diwaspadai. Terlebih lagi jika rasa ini dibarengi dengan berbagai gejala serviks yang lain. Selain itu, rasa sakit yang hebat pada saat berhubungan dapat terjadi karena gesekan pada jaringan reproduksi dan sel kanker.

Gejala tumbuhnya sel kanker yang berada di dinding rahim sering tidak disadari oleh kebanyakan orang. Meski demikian, beberapa ulasan di atas adalah gejala penyakit kanker serviks yang harus anda ketahui. Tentunya, anda juga harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mendapati beberapa gejala tersebut pada diri.

0 comments:

Posting Komentar