Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Selasa, 07 September 2021

Selasa, September 07, 2021 | , , ,    Berkomentar
Mengenal  Jenis-jenis Asuransi yang Wajib Diketahui, Yuk Simak Disini!

Pada jaman sekarang, asuransi mulai banyak digemari dan digunakan seseorang untuk memperoleh perlindungan, ketenangan, dan juga sebagai investasi tabungan. Namun sudahkah Anda tau apa saja jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia? Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang wajib diketahui oleh Anda supaya mendapat manfaat dan keuntungan yang Anda inginkan.

Berikut Jenis-jenis Asuransinya

1. Asuransi Jiwa 

Jenis yang pertama yakni asuransi jiwa. Asuransi jiwa  dikenal karena memberikan keuntungan finansial pada pemegang polis setelah kematiannya. Sistem pembayarannya juga bermacam-macam. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian. Bisa juga memungkinkan pemegang polis untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. 

Asuransi ini bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, atau sengaja dibeli dan diperuntukkan bagi  kepentingan pihak orang ketiga. Seperti misalnya, seorang suami bisa mengasuransikan istri dan juga anaknya. Gunanya yaitu sebagai perlindungan terhadap keluarganya yang disebabkan kerugian finansial atau hilangnya pendapatan akibat kematian keluarganya. 

2. Asuransi Kesehatan

Berikutnya jenis-jenis asuransi yang wajib diketahui yakni asuransi kesehatan.  Asuransi ini ditawarkan untuk Anda sebagai solusi menangani masalah kesehatan.  Karena suatu penyakit serius atau kecelakaan dan menanggung seluruh beban biaya proses perawatannya. Biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi juga menyesuaikan klaster yang dimiliki oleh pemegang polis. 

3. Asuransi Kendaraan 

Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asuransi umum. Dimana jenis yang paling diminati di Indonesia saat ini adalah jenis asuransi mobil. Asuransi ini menanggung biaya cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang diakibatkan oleh si pemegang polis ketika berkendara. Asuransi ini cukup penting untuk dimiliki. Karena asuransi ini bisa digunakan untuk membayar kehilangan atau kerusakan pada kendaraan.

4. Asuransi Pendidikan

Inilah asuransi yang menjadi favorit para pemegang polis. Jenis-jenis asuransi yang wajib diketahui berikutnya yakni asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan menjadi solusi para orang tua untuk menjamin aset pendidikan anak di masa mendatang. Biaya premi yang dibayarkan oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi juga berbeda-beda. Sesuai tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan pada masa mendatang. 

5. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Terlebih jika perusahaan Anda yang besar dan memiliki banyak karyawan yang bekerja. Asuransi ini penting untuk melindungi usaha dan karyawan Anda dari kecelakaan kerja ataupun kerusakan alat yang digunakan dalam bekerja. Bisa juga diakibatkan karena adanya bencana alam seperti banjir, kebakaran, gempa bumi atau juga kerusakan akibat terjadi kerusuhan.  

Ada berbagai macam manfaat dari asuransi bisnis. Seperti memberikan perlindungan untuk karyawan dan perlindungan untuk investasi dan bisnis. Ada pula asuransi jiwa dan kesehatan untuk seluruh karyawannya. Dari jenis-jenis asuransi yang wajib diketahui ini, asuransi bisnis sangat berguna sebagai strategi antisipasi agar bisnis Anda bisa tetap bertahan di kondisi apapun.

Dari gambaran penjelasan diatas, bahwa asuransi memang sangat diperlukan bagi setiap orang. Bukan hanya asuransi jiwa, kesehatan, dan pendidikan. Namun asuransi berupa benda yang berharga juga bisa diasuransikan demi keamanan dan kenyamanan pengguna. Semakin besar resiko yang diambil oleh pemegang polis, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan didapatkan.

Sekilas beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Dari berbagai jenis-jenis asuransi yang telah disebutkan di atas, setiap perusahaan asuransi juga memiliki kualifikasi dan persyaratan khusus untuk para calon pemegang polis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  

0 komentar:

Posting Komentar