Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Selasa, 07 September 2021

Selasa, September 07, 2021 | ,    Berkomentar
Menguak Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Sakit Telinga

Selama ini, Anda mungkin mengenal bawang putih sebagai bumbu yang memberikan cita rasa gurih dan sedap pada masakan. Tak hanya itu, bawang putih juga telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu untuk mengatasi infeksi. Nah, salah satu jenis infeksi yang konon dapat ditangani dengan bawang putih adalah gangguan telinga atau infeksi telinga. Apa saja manfaat yang terkandung dalam bawang putih untuk telinga dan apa yang perlu diperhatikan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat bawang putih untuk infeksi telinga

Bawang putih yang memiliki nama latin Allium sativum adalah tanaman yang mudah ditemukan di hampir seluruh jenis masakan sebagai bumbu.

Selain untuk menyedapkan rasa makanan, bawang putih telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional.

Hal ini berkat kandungan antivirus, antibakteri, serta antijamur yang terkandung di dalam bawang putih. Ditambah lagi, bawang putih juga dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi sehingga bisa membantu mengurangi peradangan serta rasa sakit.

Beberapa orang meyakini bahwa pemakaian bawang putih juga dapat mengatasi berbagai jenis infeksi, salah satunya adalah infeksi telinga. Apakah hal ini benar adanya? Manfaat bawang putih untuk telinga sudah dikaji dalam beberapa penelitian.

Salah satunya adalah sebuah studi dari jurnal Turkish Archives of Otorhinolaryngology. Studi tersebut bertujuan untuk membuktikan efek bawang putih terhadap mikroorganisme yang menjadi penyebab infeksi telinga tengah atau otitis media, seperti:

Hasilnya, kandungan allicin dan s-allyl cysteine (SAC) di dalam bawang putih mampu melawan mikroorganisme penyebab otitis media, bahkan dalam kadar rendah sekalipun.

Selain otitis media, bawang putih juga dipercaya ampuh mengatasi gejala masalah telinga lainnya, seperti tinnitus (telinga berdering).

Terlepas dari efeknya terhadap infeksi telinga, memakan bawang putih juga dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh Anda dalam melawan penyakit, termasuk infeksi.

Oleh karena itu, manfaat bawang putih tak hanya baik untuk mengatasi infeksi telinga, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan agar lebih efektif dalam melawan penyakit.

Untuk memperoleh bawang putih, caranya sangat mudah, Anda bisa pesan bawang putih secara online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet. Selain bawang putih ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya.

Menarik bukan? Yuk belanja di TaniHub

0 komentar:

Posting Komentar