Catatan Pengetahuan & Informasi Terbaru

Rabu, 03 November 2021

Rabu, November 03, 2021 | ,    Berkomentar
https://www.cleanipedia.com/id/mencuci/cara-menghilangkan-noda-cat-pada-pakaian.html
 
Aktivitas mengecat dinding kamar bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang pun. Namun, ada kasus cat yang mengenai baju sehingga butuh proses pembersihan yang lebih baik. Tidak hanya noda cat dinding saja, noda cat yang berbahan dasar air untuk melukis atau aktivitas menggambar bersama si kecil juga susah dihilangkan. Bila Anda mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya ketahui cara cepat menghilangkan noda cat di baju menggunakan bahan alami saja. 

Menghilangkan Noda Cat di Baju 

Bila Anda memiliki noda cat di baju, maka segera bersihkan noda agar tidak menempel semakin membandel. Berikut 4 cara cepat menghilangkan noda cat di baju yang bisa Anda coba sendiri di rumah yaitu :

1. Segera mencuci pakaian yang terkena noda

Baik atasan atau bawahan yang terkena percikan cat bisa Anda cuci sesegera mungkin. Jangan menunggu noda cat yang mengotori pakaian menjadi kering dan membandel sehingga susah untuk dibersihkan, ya! Sebaiknya segera cuci pakaian saat noda dalam kondisi masih basah menggunakan kain atau tisu guna menekan risiko pelebaran noda cat.
 
Siapkan air hangat untuk mencuci pakaian yang sudah Anda bersihkan dengan tisu untuk menyerap noda cat tersebut. Kemudian rendam pakaian yang terkena noda cat dengan air yang sudah mendapatkan taburan deterjen atau pembersih khusus yang banyak dijual di pasaran. Sikat bagian yang terkena cat dengan hati-hati agar tidak merusak serat pakaian, lalu bilas sampai bersih sebelum dijemur di bawah sinar matahari ya!

2. Mengenali noda cat 

Ada baiknya Anda mengenali bahan cat yang menodai pakaian lebih dulu agar proses pembersihan bisa lebih optimal. Misalnya pakaian yang terkena noda cat dari bahan dasar air atau alat lukis biasanya, maka Anda bisa membersihkan dengan air panas yang lebih mudah. 

Bila cat dari bahan minyak, maka air panas saja tidak cukup tetapi Anda bisa membersihkan pakaian yang terkena noda dengan bensin, baru direndam dengan air deterjen semalaman. Namun, pastikan bahan pakaian aman terkena bensin bukan sejenis nilon dan lain-lain.

3. Menggunakan alkohol

Anda juga bisa membersihkan noda cat pada pakaian dengan cairan alkohol, lalu diamkan sejenak sebelum digosok sampai bersih. Hilangkan aroma alkohol yang masih tersisa dengan merendam pakaian dengan air dingin yang sudah bercampur deterjen. Hal yang perlu Anda pahami bahwa pemakaian alkohol hanya diperbolehkan intensitas ringan agar tidak membuat kulit Anda sakit. Selain itu, perhatikan bahan pakaian aman dari penggunaan alkohol.

4. Menggunakan larutan cuka

Jika Anda punya cuka di rumah, maka bias membersihkan noda cat pada pakaian dengan bahan cuka dan garam. Gunakan spon lembut untuk membantu menggosokkan cuka dan garam pada pakaian yang terkena noda. Sebaiknya hindari mengenai kulit, apalagi kulit Anda tipe sensitif yang gampang iritasi.

Anda bisa menggosok pakaian yang terkena noda cat dengan larutan cuka dan garam berkali-kali agar hasil lebih maksimal, lalu bilas dengan air bersih. Dijamin noda cat basah yang berbahan air akan mudah menghilang pakai cara sederhana ini.

Yuk, Anda bisa mencoba cara cepat menghilangkan noda cat di baju agar bisa terlihat bersih kembali! Jangan tunggu noda kering, baru Anda mulai mencuci pakaian sebab noda cat akan lebih sulit dibersihkan. Pasalnya, noda cat yang sudah kering perlu dikikis lebih dahulu yang rentan membuat serat pakaian Anda menjadi lebih cepat rusak.

0 comments:

Posting Komentar